LOGO BINTANG PELAJAR
Profil
Profil

SEJARAH

Bintang Pelajar (BP) didirikan pada 5 September 1995 di Ciherang, Bogor oleh Bapak Chairat yang dikukuhkan dengan SK Depdikbud No.3602/102.KEP/MS/1999.

Perkembangan BP terus meluas dan makin dipercaya oleh siswa serta orang tua. Sejak tahun 2001 BP telah mengembangkan cabang-cabang di Jakarta, Tangerang, Bekasi dan Bandung. Jumlah cabang BP sampai Januari 2013 adalah sebanyak 21 cabang. Semua cabang ini dikelola secara langsung oleh pegawai dan guru BP untuk menjaga mutu lulusan serta kinerja perusahaan. Kami belum melakukan kerjasama pengelolaan cabang dengan lembaga lain. Insya Alloh kedepan akan dikembangan kemitraan dengan konsep syirkah sesuai Al Qur’an dan As sunnah. Sementara itu, jumlah siswa yang telah dibimbing selama kurun waktu 15 tahun sejak tahun berdiri sampai Januari 2013 adalah 45.000. Siswa-siswi tersebut berasal dari berbagai sekolah favorit se-Jabotabek dan Bandung mulai tingkat TK, SD, SMP, sampai SMA.
Dalam perkembangannya, BP terus mengalami transformasi kelembagaan, mulai dari lembaga yang hanya berfokus pada aspek profesionalisme pengelolaan pendidikan menjadi lembaga pendidikan yang juga menekankan perbaikan akidah dan akhlak pada seluruh pegawai, termasuk para guru.

BP akan berupaya terus-menerus untuk menerapkan ajaran Islam secara utuh, menyeluruh, dan wajar sesuai Alquran dan sunnah Rosululloh B mulai dari pengelolaan lembaga, program-program layanan, sampai kepada mutu kelulusan siswa. Dengan pengelolaan yang profesional dan islami ini, pegawai dan siswa BP diharapkan menjadi pribadi yang beriman dan berilmu pengetahuan.

VISI & MISI

Visi dan Misi BP dilandasi oleh prinsip-prinsip yang terdapat di dalam Alquran dan sunah yang sahih atau sesuai tuntunan Rasululloh B. Khususnya firman-firman Allah yang artinya secara berturut-turut sebagai berikut:

“Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku” (TQS. Adz-Dzariyat: 56)

“…Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti …” (TQS. Al-Hujurat: 13)

“…Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat…” (TQS. Al-Mujadilah: 11)

“…Siapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah niscaya Allah mencukupkan (keperluan) nya…” (TQS. Ath-Thalaaq: 2-3)

“ Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan bersabarlah terhadap yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting” (TQS. Luqman: 17)

“Wahai orang-orang yang beriman! Peliharah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu…” (TQS. At-Tahrim: 6)

Serta hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim, Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi dari sahabat Abu Hurairah Radiyallahu Anhu, yang artinya:  “…Barangsiapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah mudahkan dengannya jalan menuju Surga…”

Pernyataan VISI BP adalah: “Menjadi Lembaga Pendidikan Islam Terkemuka di Indonesia dalam Rangka Mewujudkan Generasi Beriman dan Berilmu Pengetahuan”

Visi ini dapat dicapai Bintang Pelajar dengan cara:

  1. Menyediakan jasa di bidang pendidikan yang berkualitas, Islami, dan terkini serta berorientasi kepada mutu lulusan yang beriman dan berilmu pengetahuan (prestasi tinggi dan akhlak terpuji).
  2. Mengembangkan dan mewujudkan SDM yang profesional dan Islami dalam mengelola lembaga dan program-program BP.
  3. Melakukan perbaikan yang terus-menerus berdasarkan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dinamika sosial kemasyarakatan, dan kebutuhan pasar.
  4. Mengembangkan jejaring kerja dan berperan aktif dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendidikan, baik di tingkat daerah maupun nasional.
  5. Menyelenggarakan kajian-kajian keislaman dan berupaya untuk diterapkan secara utuh dalam seluruh aktivitas pengelolaan lembaga.

Dalam mewujudkan visi tersebut, BP menetapkan 5 (lima) MISI, yaitu:

  1. Menanamkan Aqidah yang Benar, bertujuan agar seluruh pegawai dan konsumen BP dapat mengetahui, memahami, serta menjalankan ibadah agar ikhlas hanya kepada Allah dan sesuai tuntunan Rasululloh SAW.
  2. Membentuk Akhlak Terpuji, berusaha meneladani dan mempraktekan akhlak Nabi Muhammad SAW dalam mentaati Alloh dan RosulNya serta orantua, dan adab kepada guru, tetangga, tamu serta masyarakat.
  3. Meningkatkan Motivasi Belajar, melalui dorongan positif dari guru di kelas dan konsultasi dengan bimbingan konseling.
  4. Menumbuhkan Kemandirian, dengan cara latihan soal mandiri, komunikasi langsung dengan guru, diskusi kelompok, dan penyelesaian studi kasus.
  5. Menghasilkan Prestasi Tinggi, yang ditunjukkan oleh nilai UAS, UN, nilai rapor, dan diterima di SMP, SMA atau PTN Favorit pilihan siswa.

TUJUAN

Dalam rangka mewujudkan visi dan misi, BP menetapkan tujuan-tujuan yang berfokus untuk tercapainya kesuksesan dan kebahagiaan bersama antara Pelanggan, Pegawai, dan Perusahaan, seperti pada gambar 1. Manajemen BP selalu berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pelanggannya dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan mereka. Demikian pula dalam mengelola pegawai, Manajemen BP menempatkan bahwa para pegawai adalah aset perusahaan yang akan terus diperbaiki tingkat pengetahuan, keterampilan, kesejahteraan, dan sikap serta akhlak mereka.

MANAJEMEN ORGANISASI

Dalam rangka mengelola organisasi menuju peningkatan kinerja Bintang Pelajar dan kualitas pelayanan kepada para pelanggan maka pengoperasian kegiatan BP dikelompokkan menjadi dua unit kerja yang saling berketergantungan dan bersinergi, yaitu:

  1. Manajemen Pusat. Manajemen pusat dikelola oleh: Unsur Pimpinan Perusahaan, Divisi SDM, Divisi Akademik (Litbang dan Peningkatan Kualitas Guru), Divisi Operasional, Divisi Pemasaran, Divisi Keuangan, Bagian Kerumahtanggaan, Divisi Informasi Tehnologi, dan Bintang Pelajar Institut (BPI).
  2. Manajemen Cabang. Manajemen cabang dikelola oleh: Kepala Cabang, Quality Control, Bimbingan Konseling, Para Guru, staf Frontline, staf Administrasi, Satpam, dan Office Boy.

KOMPOSISI PEGAWAI

Saat ini BP memiliki pegawai sejumlah 706 pegawai yang terdiri dari 183 staf dan 523 guru, mulai dari Guru Tetap (61,0%), dan Guru Honor (39,0%).

Semua guru dan pegawai yang bekerja di BP telah melalui seleksi yang ketat. BP menetapkan standar dan kriteria yang tinggi dalam penerimaan pegawai dan guru untuk mendapatkan SDM yang profesional dan Islami. Tahapan seleksinya antara lain meliputi: psikotest, tes pengetahuan dasar keislaman, tes materi bidang studi, tes kemampuan manajerial dan kepemimpinan, tes kemampuan bahasa Inggris, microteaching, tes membaca Al-Qur’an, dan wawancara tentang sikap moral dan akhlak.

Surat Keputusan
DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

No.3602/102.KEP/MS/1999

PIMPINAN : Chairat
SEKRETARIS : Muslim S.Ag., M.Hum
INTERNAL AUDIT: Hendri Nofit, S.H.
GENERAL MANAGER: DR. Ir. Hary T. Budhyono, MBA.

DIVISI KEUANGAN

  1. Manajer : Dadang Darmadi, S.P.
  2. Supervisor Keuangan : Fendi Kurniawan, S.Mn.

DIVISI SDM

  1. Manajer : Tri Muchdi Harsono, S.P.
  2. Kepegawaian: Imamudin, S.P.
  3. Admin SDM: Helmi Maulia Ridhani, SE., MM.

DIVISI OPERASIONAL

  1. Manajer : Kusmayadi, S.Hut.
  2. Koordinator Quality Control: Sunandar, STP.
  3. Admin Operasional: Erli Yansyah, S.Kom.
  4. Admin Operasional: Fauzi Syukrillah, S.Kom.

DIVISI IT

  1. Manajer (PJS) : Kusmayadi, S.Hut.
  2. Supervisor IT : Denny Rachmat Mustofa
  3. Programmer : Zulyantara, A.Md.
  4. Admin Helpdesk : Shafiq, S.S.

DIVISI BDV

  1. Manajer: Ahmad Sakirin, S.Pt.
  2. Kepala Bagian BDv: Mohamad Aripin, S.K.M.

DIVISI LOGISTIK & INFRASTRUKTUR

  1. Manajer: Hikmat, S.H.I.
  2. Logistik: Ridwan Gunawan, SE.
  3. Infrastruktur: Panji Akbar Nurul Isro Miraj, S.H.I

DIVISI PROMOSI & HUBUNGAN PELANGGAN

  1. Manajer : –/–
  2. Assisten Manajer : Febi Martawardaya, S.Pd.I.
  3. Desainer Grafis : Muhlis Prasetyo, A.Md.
  4. Marketing Eksekutif: Tenar Gigih Prakoso, S.P.
  5. Marketing Eksekutif: Komaruddin, S.Pd.
  6. Marketing Tech. Support: Arifin

BINTANG PELAJAR INSTITUTE

  1. Direktur: Bukit Adhinugraha, S.T.P.
  2. Kabag Rekrutmen & Bikon: Sandriaf Alga, M.Psi., Psi.
  3. Koordinator BIKON: M. Imam Ansori, S.Psi.
  4. Staf Rekrutmen: Jerry Marantika, S.Psi.

JAKARTA

  1. KACAB AHMAD DAHLAN, Agus Santoso, S.P.
  2. KACAB SISINGAMANGARAJA, Agus Santoso, S.P.
  3. KACAB RAWAMANGUN, Fikrul Ghifar, S.Si.
  4. KACAB KEMBANGAN, Istichory, S.Pd.

BOGOR

  1. KACAB KARADENAN, Tri Budiyanto, S.P.
  2. KACAB CIBINONG, Tri Budiyanto, S.P.
  3. KACAB POLISI, Sulistiono, S.Si.
  4. KACAB PAJAJARAN, Adrian Irvazola, S.Si.
  5. KACAB JALAN BARU, Mahfud Roji, S.P.
  6. KACAB BANGBARUNG, Adrian Irvazola, S.Si.

DEPOK

KACAB CINERE, Ahmad Najib, S.Pd.

TANGERANG

  1. KACAB BSD, Oman Komaruzzaman, S.Pt.
  2. KACAB BINTARO, Istichory, S.Pd.
  3. KACAB PAMULANG, Oman Komaruzzaman, S.Pt.
  4. KACAB BINTARO 9, Khaeran, S.Kep.

BEKASI

  1. KACAB KEMANG PRATAMA, Ahmad Fachri, S.Kom.
  2. KACAB JAKA PERMAI, Chaerul Anwar, S.Pd.
  3. KACAB GRAND WISATA, Ahmad Fachri, S.Kom.
  4. KACAB CIBUBUR, Fikrul Ghifar, S.Si.
  5. KACAB GALAXY, Chaerul Anwar, S.Pd.

BANDUNG

  1. KACAB BANDA, Awang Insandaru, S.EI.
  2. KACAB PARAHYANGAN, Awang Insandaru, S.EI.

KOORDINATOR GURU UTAMA

  1. Koordinator Guru: Ifni Muharman, S.Si.
  2. Admin KGU: Yatna Supriatna
  3. Kep. Pemb. Guru Exact – SD: Eko Pujiarwanto, S.Pt.
  4. Kep. Pemb. Guru IPA – P: Syahroni, S.Pt.
  5. Kep. Pemb. Guru MTK – P: Abdul Karim, ST.
  6. Kep. Pemb. Guru Non Ex: Yudi Herry Prasetya, S.H., MM.
  7. Kep. Pemb. Guru Bhs.Ind: Ahmad Romdhoni, S.Pd.
  8. Kep. Pemb. Guru Fisika – A: Waluyo Budi Utomo, S.Si.
  9. Kep. Pemb. Guru Kimia-A: Mohammad Rahmansyah, S.Si.
  10. Kep. Pemb. Guru B.Inggris: Yudi Permana, S.THi, MM.

LITBANG

  1. Koordinator: Zainal Abidin Yusuf Pati, S.Si.
  2. Assist Koordinator: Heru Suprapto, S.Si.
  3. Admin Litbang: Aliyudin, S.Kom.
  4. Layouter SD: Muhtadin Amri
  5. Layouter SMP: Rheza Fauzie
  6. Layouter SMA: Lutfi Ridwan Saleh
  7. Litbang Fisika/SMA: Heru Pranyata, S.T.P.
  8. Litbang Kimia/SMA: Firmansyah, S.Si.
  9. Litbang Matematika/SMA: Edi Sutrisno, S.P.
  10. Litbang B.Indonesia/SMP-SMA: Hariyono, S.Pd.
  11. Litbang B.Indonesia/SD-SMP: Nurul Amin, M.Pd.
  12. Litbang IPA/SMP: Ali Zuhdi, S.Si.
  13. Litbang B.Inggris/SD-SMP: Iswanto, S.S.
  14. Litbang B.Inggris/SMA: Gusnanda Aji, S.S.
  15. Litbang Geografi/SMA, IPS/SD: Dwi Susanto, S.E.
  16. Litbang Matematika/SMP: Kurniawan, S.Hut.
  17. Litbang Eksak/SD: Mardiansyah Putra, S.Pd.
  18. Litbang Matematika/SD: Dwi Wahyu Rahman Saputra, S.T.P.
  19. Litbang Ekonomi SMA: Afdil Mardi, S.E.
  20. Litbang IPA/SMP: Faizal Rohman, S.Pd.
 
.:: SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI BIMBINGAN BELAJAR BINTANG PELAJAR -- WEBSITENYA PARA PELAJAR BERPRESTASI & AKHLAK TERPUJI ::.