10 Rekomendasi Jurusan Kuliah Yang Mengutamakan Logika

Bagikan :

Jurusan Kuliah Yang Mengutamakan Logika

 

===

Bagi kamu yang sering mengutamakan logika ketika berpikir dan menyatakan pendapat, dan suka berpikir secara logika. Kamu sangat direkomendasikan memilih jurusan kuliah dengan logika. Jurusan kuliah tersebut akan sangat membantu kamu yang senang menyelesaikan suatu permasalah dengan  pemberian solusi yang efektif. Penggunaan logika juga dapat membantu menemukan kebenaran dan kesahihan data berdasarkan proses analisis.

Sangking pentingnya ilmu logika terhadap kebutuhan analisis, maka tidak mengherankan jika terdapat berbagai jenis jurusan kuliah yang mempelajari ilmu terkait dengan logika. Bagi kamu yang masih belum tahu akan jenis jurusan kuliahnya, tentunya akan sangat kebingungan ketika memilihnya. Untuk membantumu menemukan jurusan kuliah dengan logika yang tepat, kami bagikan rekomendasi terbaik untukmu.

Rekomendasi Terbaik Jurusan Kuliah Yang Mengutamakan Logika

Menurut Aristoteles, logika adalah ilmu yang mempelajari terkait berpikir secara ilmiah dalam membahas wujud pikiran itu sendiri, dengan hukum yang mengendalikannya.

Ilmu logika menggunakan 2 objek dalam pengimplementasiannya, yaitu objek material dan objek formal dari logika. Objek material mempelajari cara berpikir atau bernalar dalam proses menganalisis data dan permasalahan. Sedangkan objek formal dari logika adalah mempelajari cara berpikiran dari aspek ketapatan dan kejituan.

Logika sering kali dikaitkan dengan proses penalaran secara sistematis maupun normatif guna mendapatkan suatu kebenaran dari permasalahan dan data. Logika ini membutuhkan struktur pikiran yang tepat agar terciptanya hubungan logis antara penalaran dan fakta.

Cukup menarik bukan? Jika kamu tertarik mempelajari ilmu ini, kamu bisa menyimak beberapa rekomendasi jurusan kuliah dengan logika di bawah ini.

1.      Teknik Informatika

Jangan salah, meski kental akan ilmu yang menyangkut programming jurusan teknik informatika juga banyak mengandalkan logika di dalamnya. Kamu akan mempelajari ilmu komputer, perangkat lunak, jaringan komputer, dan bagaimana mengimplementasikannya pada dunia bisnis. Untuk mengimplementasikan tersebut diperlukannya kemampuan akan pemahaman logika dan matematika dengan baik.

2.     Sistem Informasi

Kebanyakan dari kamu sering salah mengartikan jurusan sistem informasi bahwa jurusan ini sama dengan teknik informatika. Nyatanya kedua jurusan tersebut berbeda meskipun sama-sama mempelajari tentang programming.

Jurusan sistem informasi lebih menitikberatkan pada penerapan teknologi pada bisnis sehingga kamu juga akan mendapatkan banyak ilmu terkait bisnis. Untuk bisa mempelajari ilmu ini, kamu harus memiliki kemampuan analisis bisnis yang baik guna menghasilkan program aplikasi yang efektif untuk perusahaan

Lulusan sistem informasi memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di bidang teknologi. Kamu bisa bekerja sebagai business analyst, projek manager, web developer, IT manager, database administrator, sistem analis, sistem engineer, IT konsultan, hingga information system manager.

3.     Statistika

Statistika adalah ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari perencanaan, mengumpulkan, menganalisa, menginterpretasi, hingga mempresentasikan data. Jurusan ini banyak bergelut dengan angka dari analisis data yang dirancang. Oleh karena itu, kamu harus memiliki kemampuan pengambilan keputusan, daya analisis tinggi, dan logika yang mumpuni untuk bisa menghasilkan data yang akurat dan sahih.

4.     Geofisika

Jurusan geofisika mempelajari terkait seluk-beluk bumi dan lingkungannya. Ilmu ini memanfaatkan kaidah fisika dan metode matematika dalam pengimplementasiannya. Di jurusan geofisika, kamu akan belajar menjelaskan fenomena fisika yang terjadi di bumi pada masa sekarang dan masa lalu. Hal tersebut bertujuan untuk memproyeksikan fenomena bumi di masa depan. Hasil proyeksi yang dirancang akan dipresentasikan dalam bentuk parameter fisik yang terukur. Sehingga proyeksi tersebut tidak akan berupa ramalan tetapi data yang valid dan dapat dipercaya.

5.     Astronomi

Astronomi adalah ilmu perbintangan yang menitikberatkan pembelajaran pada penerapan ilmu fisika terhadap objek langit seperti bintang. Jika Anda memilih jurusan astronomi, akan mempelajari terkait struktur objek langit perbintangan, sifat fisik evolusi bumi, dan kosmologi.

6.     Oseanografi

Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari fenomena laut kemudian diaplikasikan ke perilaku laut, contohnya rekayasa lingkungan, bencana laut, perikanan, hingga mitigasi bencana. Untuk menganalisis fenomena laut tersebut tidak semudah yang kamu bayangkan. Diperlukan calon tenaga kerja yang mampu berpikiran kritis dan analitis dengan baik.

Meskipun lulusan oseanografi banyak dicari, sayangnya jurusan kuliah dengan logika ini, tidak terlalu memiliki banyak peminat. Padahal jurusan ini sangat dibutuhkan khususnya Indonesia karena 70% permukaannya adalah laut.

7.     Teknik Planologi

Teknik planologi atau yang sering disebut juga dengan teknik perencanaan wilayah dan kota, mempelajari mengenai perencanaan suatu wilayah dan kota berdasarkan aspek sosial, ekonomi, dan politik. Maka untuk bisa memilih jurusan ini, kamu perlu memiliki kemampuan analisa di bidang eksak dan sosial yang baik untuk bisa menghasilkan perencanaan wilayah dan kota tepat sasaran.

8.     Agroindustri

Jurusan agroindustri atau yang bisa disebut juga dengan teknologi industri pertanian adalah ilmu yang terintegrasi dalam kurikulum berbasis technopreneurship. Lulusan jurusan agroindustri diharapkan mampu menghasilkan produk pertanian dengan mutu dan nilai guna tinggi. Pada jurusan ini, Anda akan mempelajari secara mendalam terkait berbagai inovasi dalam teknologi beserta teknik sistem agroindustri yang ramah lingkungan.

9.     Bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang memanfaatkan riset dan teknologi untuk mengelola serta memanfaatkan makhluk hidup dengan skala besar. Riset tersebut guna menghasilkan produk bernilai guna tinggi bagi penggunanya. Makhluk hidup yang sering digunakan sebagai bahan riset pada bioteknologi yaitu jamur dan mikroorganisme.

Kamu akan mempelajari mengenai teknik fermentasi, teknologi enzim, analisa mikroorganisme, analisa DNA, separasi dan pemurnian produk biologi, kultur jaringan, hingga  rekayasa genetika. Kamu juga akan dihadapkan pada praktikum analisa pangan, pengolahan, pengemasan, hingga menciptakan produk baru.

 

Nah itulah beberapa rekomendasi jurusan kuliah dengan logika yang kami bagikan untuk memudahkanmu dalam memilih jurusan yang tepat sesuai minat di bidang logika. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang dimiliki.

Untuk mempersiapkan mengikuti ujian seleksi masuk ke jurusan kuliah dengan logika yang diinginkan, kamu bisa mempercayakannya kepada kami Bintang Pelajar. Kami adalah bimbingan belajar yang dapat membantu Anda mempelajari berbagai jenis materi seleksi masuk perguruan tinggi dengan tutor terbaik. Kami menyediakan proses bimbingan belajar dengan full interactive learning baik secara online maupun offline.

===

Sumber :

1

2

3

4

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak