4 Tips Jitu Mengerjakan Soal UTBK Bahasa Inggris

Bagikan :

Soal UTBK Bahasa Inggris

 

Jika kamu tidak lolos seleksi masuk perguruan tinggi dengan jalur SNMPTN yang seleksinya mengacu pada nilai raport dan prestasi akademik selama di sekolah, kamu bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya di UTBK. Materi-materi yang diujikan tentu cukup kompleks dan bervariatif, tidak terkecuali dengan soal UTBK Bahasa Inggris. Kamu perlu melakukan persiapan yang matang agar bisa mengerjakan soal-soal dengan maksimal.

Untuk itu, dalam artikel berikut kamu bisa mendapatkan informasi lengkap terkait tips-tips mengerjakan soal UTBK, khususnya bahasa Inggris. Materi yang diujikan biasanya berkenaan dengan Topic and Main Idea, Purpose of the Writer, Detailed Question, Vocabulary, Reference and Restatement, dan Specific Information.

 

4 Tips Mengerjakan Soal UTBK Bahasa Inggris

 

Untuk mempermudah mengerjakan soal UTBK, seperti hanya bahasa Inggris, kamu bisa coba beberapa tips berikut:

  1. Identifikasi pertanyaannya terlebih dahulu

Salah satu tipe soal yang sering ditemukan adalah reading. Dalam mengerjakan soal reading kamu tidak perlu membaca seluruh bagian teks. Kamu hanya perlu memahami pertanyaannya, setelah itu temukan jawaban di bagian paragraf yang memiliki kata kunci yang sama.

Seperti halnya dalam contoh soal: “What does the flower refer to?”

Jika kamu menemukan pertanyaan yang sudah mengerucut seperti itu, kamu hanya perlu mencari kata “flower” di salah satu paragraf dan cobalah untuk mencari jawaban yang tepat terkait referensi kata tersebut.

Lalu pertanyaan lain yang sering ditemukan juga adalah “what is the main topic of the text?”

Sebenarnya tanpa kamu membaca semua teks, masih bisa memahaminya, biasanya topik sebuah teks akan ada di awal paragraf atau akhir paragraf. Lalu kamu bisa cocokan dengan pilihan jawaban yang tersedia.

Pastikan penguasaan kosa kata bahasa Inggrismu sudah cukup banyak, karena akan sangat sulit untuk memahami teks dan pertanyaan apabila kosa kata yang kamu pahami hanya sedikit. Maka dari itu, perbanyaklah membaca tulisan berbahasa Inggris dan cobalah untuk terjemahkan kata per kata.

  1. Perhatikan pertanyaan jebakan

Dalam soal UTBK Bahasa Inggris, tidak jarang kamu akan menemukan pertanyaan yang cukup mengecoh. Contohnya seperti “these following statements are correctly describing what the flower is, except?” Pertanyaan tersebut diakhiri dengan kata “kecuali”, itu artinya kita harus mencari pernyataan yang tidak sesuai dengan apa yang ada di dalam teks.

Kamu perlu mengerjakan tipe soal seperti ini dengan teliti, caranya lakukan tahap eliminasi, bacalah setiap jawaban dari A sampai D, berikan tanda satu persatu apabila pernyataan itu sudah sesuai. Dengan metode seperti ini, kamu akan dengan mudah menemukan jawaban yang tepat.

Selain pertanyaan diatas, kamu juga akan menemukan pertanyaan seperti “what is the purpose of writer?”, apabila kamu tidak teliti mungkin saja kamu akan menjawab terkait main idea dari sebuah teks.

Namun sebenarnya pertanyaan ini membutuhkan jawaban terkait tujuan penulis yang bisa saja tidak disebutkan di dalam teks, sehingga kamu perlu memahami alur dari teks tersebut tujuannya akan kemana. Apakah ingin mengarahkan pembaca untuk mengikuti informasi yang diberikan, atau hanya ingin sekedar memberikan ilmu pengetahuan kepada pembaca. Biasanya tujuan dari si penulis bisa kamu pahami di akhir-akhir paragraf.

  1. Belajar grammar dengan baik sebelum melaksanakan ujian

Selain tipe soal reading, kamu juga akan banyak menjumpai soal-soal yang berkaitan dengan grammar atau kaidah bahasa yang mengatur kriteria dalam sebuah kalimat. Contoh pertanyaan yang sering dijumpai seperti :

The interview______ by the manager two days ago.

    1. Conducted
    2. Conducting
    3. Is Done
    4. Was conducted

Jawaban yang benar adalah D. Was conducted. Sebab, pertanyaannya mengacu ke passive voice dan latar waktunya ditandai dengan past tense.

Menjawab pertanyaan grammar tidak bisa dilakukan dengan hanya mengira-ngira jawaban atau mengaitkan konteks antar kalimat saja. Berbeda dengan reading, soal grammar membutuhkan pemahaman dan latihan yang cukup banyak agar bisa memahami materi tata bahasa secara keseluruhan.

  1. Dahulukan menjawab pertanyaan tentang antonim dan sinonim

Apabila kamu kurang memahami grammar, kamu bisa mengerjakan pertanyaan tentang antonim dan sinonim kata terlebih dulu. Mengapa demikian? Karena saat kamu benar-benar tidak tau arti dari satu kata, namun diharuskan untuk menemukan antonim atau sinonimnya, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menganalisis konteks kalimatnya. Dengan memahami konteks kalimatnya kamu bisa mencocokan kata tersebut dengan pilihan jawaban yang sudah ada.

Itulah empat tips mengerjakan soal UTBK Bahasa Inggris yang bisa kamu coba. Hal penting yang perlu kamu ingat adalah dalam mengerjakan soal apapun sangat diperlukan  latihan dan pemahaman materi yang baik, jadi pastikan kamu sudah belajar dan mempersiapkan diri sebelum melakukan ujian.

Sekilas Tentang UTBK

 

Sebelumnya, kami sudah membahas seputar tips mengerjakan soal UTBK Bahasa Inggris. Namun sebenarnya, apa itu UTBK?

UTBK sendiri merupakan salah satu pilihan jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri. Kepanjangan dari UTBK adalah Ujian Tulis Berbasis Komputer, artinya kamu akan mengerjakan soal-soal menggunakan komputer selama ujian berlangsung, jadi kamu tidak lagi disediakan lembar kertas untuk soal dan jawaban.

UTBK mulai dicetuskan di tahun 2018 dan mulai dilaksanakan tahun 2019. Terdapat tiga pilihan rumpun di UTBK yaitu saintek, soshum, dan campuran. Kamu bisa memilih salah satu rumpun yang sekiranya sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikanmu di Sekolah Menengah Atas (SMA), dengan begitu kamu tidak akan begitu sulit untuk mengenal tipe-tipe soal yang diujikan.

Tujuan dari pelaksanaan UTBK adalah untuk memprediksi calon mahasiswa dan mahasiswi yang dapat menempuh pendidikan di bangku kuliah dengan baik dan selesai tepat waktu. Lokasi dan jadwal pelaksanaan UTBK bisa dipilih secara fleksibel oleh peserta ujian.

Hal yang perlu diperhatikan bahwa setiap peserta wajib memiliki akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang permanen. Setiap calon mahasiswa diperbolehkan untuk memilih dua jurusan di satu perguruan tinggi ataupun memilih masing-masing satu jurusan di dua perguruan tinggi yang berbeda.

Ketentuan dan Persyaratan Mengikuti UTBK

Berikut adalah ketentuan dan persyaratan yang perlu diperhatikan oleh para peserta ujian:

  • Hasil UTBK hanya berlaku di tahun yang sama untuk SBMPTN dan penerimaan di PTN.
  • SBMPTN dilaksanakan berdasarkan hasil dari UTBK dan bisa ditambah dari kriteria lain sesuai dengan ketentuan khusus yang ditetapkan oleh PTN tertentu.
  • Ujian hanya boleh diikuti satu kali saja di tahun yang sama.
  • Setiap siswa akan diberikan hasil tes secara individu.
  • Peserta merupakan siswa SMA/MA/SMK dilengkapi dengan surat keterangan siswa SMA/MA/SMK kelas 12 , atau peserta paket C dengan usia maksimal 25 tahun.
  • Peserta yang sudah mendaftarkan diri di rumpun soshum dan saintek akan mengikuti TPS dan TKA.
  • Peserta yang memilih rumpun campuran akan mengikuti TPS, TKA soshum dan saintek.
  • Sudah membayar biaya pendaftaran.

Untuk biaya mengikuti UTBK, peserta yang mengambil rumpun soshum dan saintek diharuskan membayar biaya sejumlah Rp. 200.000,00 sedangkan untuk peserta ujian dengan rumpun campuran dikenakan biaya Rp. 300.000,00. Biaya yang sudah dibayarkan tidak bisa ditarik kembali. Biaya tersebut bisa berubah setiap tahunnya, tergantung ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

Ingin Mempelajari Soal UTBK Bahasa Inggris Dengan Baik? Disini Aja!

Bintang pelajar bisa membantu kamu untuk memberikan bimbingan belajar dalam menghadapi UTBK. Kami memiliki banyak  referensi latihan soal dan bisa membantu kamu untuk mengenal variasi serta kompleksitas soal UTBK bahasa Inggris dan pelajaran lainnya. Silakan kunjungi laman website kami di Bintang Pelajar untuk informasi lebih lanjut.

Tunggu apa lagi, segera bergabung bersama kami di Bintang Pelajar!

===/

 

Sumber:

1

2

3

4

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu