5 Jalur Masuk PTN Yang Wajib Diketahui Calon Mahasiswa

Bagikan :

Jalur Masuk PTN

 

Kelulusan sebentar lagi, yuk cari tahu jalur masuk PTN dan berbagai triknya mulai sekarang!

===

Saat ini libur semester sudah selesai dan pergantian tahun ajaran baru juga sudah dimulai. Bahkan sekarang ini banyak sekolah yang sudah mulai menjalankan pembelajaran tatap muka demi mencapai efisiensi belajar. Para siswa SMA atau SMK yang sedang berada di kelas 12 tentu sudah menyiapkan ancang-ancang dan mencari tahu tentang jalur masuk PTN.

Seperti yang diketahui untuk bisa menjadi mahasiswa perguruan tinggi negeri di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika kamu berniat mendaftar di PTN bergengsi, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, dan lain sebagainya. Nah, kali ini kami akan membahas tentang beberapa cara masuk PTN yang wajib diketahui calon mahasiswa.

Yuk Cari Tahu 5 Jalur Masuk PTN dan Persiapkan Dirimu Mulai Sekarang

Tahukah kamu dengan berhasil mendaftar di perguruan tinggi negeri, kamu bisa membuat kedua orang tua bangga loh. Selain itu dengan berhasilnya kamu menjadi mahasiswa PTN terbaik, akan mendapat berbagai keuntungan dan privilege. Jadi jangan ragu lagi dan mulai persiapkan dirimu dari sekarang untuk mencari tahu tentang jalur masuk PTN.

Sebenarnya persiapan mendaftar di perguruan tinggi negeri jauh lebih baik jika dimulai sejak awal masuk SMA atau SMK. Kamu bisa mulai memperhatikan nilai setiap mata pelajaran di sekolah, karena salah satu cara masuk PTN bisa menggunakan nilai rapor. Selain itu ada cara apa lagi sih? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Jalur pertama yang bisa kamu coba untuk mendaftar di perguruan tinggi negeri adalah SNMPTN. Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) ini dilakukan dengan cara mengakumulasi nilai rapor siswa SMA sederajat sejak semester 1 hingga semester 5, dengan catatan, kamu mempunyai nilai-nilai bagus, untuk kemungkinan berhasil yang besar.

Beberapa persyaratan yang wajib kamu siapkan untuk mendaftar SNMPTN adalah catatan prestasi akademik, serta nilai rapor dari semester 1-5.

Kamu juga harus memiliki akun di LTMPT terlebih dahulu, kemudian mendaftar menggunakan NISN dan NPSN. Melalui cara masuk PTN tersebut, kamu bisa memilih 3 jurusan dan bebas memilih perguruan tingginya.

Langkah pertama pendaftaran, sekolah akan mendaftarkan akun menggunakan NPSN dan kode registrasi dari Pusdatin. Berikutnya akan dilakukan verifikasi dan validasi akun, serta aktivasi akun dengan email. Tugas kamu sendiri adalah menghubungi panitia SNMPTN di sekolah untuk mendapat kata sandi akses menuju website SNMPTN.

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jalur masuk PTN berikutnya yang wajib kamu ketahui dan persiapkan dari sekarang adalah SBMPTN. Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri dilaksanakan dengan cara ujian tulis berbasis komputer.  Selain terbuka untuk fresh graduate, SBMPTN juga menerima siswa yang sudah lulus 2 tahun lalu untuk mendaftar di PTN.

Jika ingin mendaftar melalui SBMPTN, kamu wajib mempelajari beberapa materi seperti  tes kemampuan akademik dan tes potensi skolastik. Dalam proses SBMPTN nantinya kamu akan diberi pilihan untuk mengikuti tes jurusan IPA, IPS atau campuran. Untuk jurusan IPA dan IPS kamu akan dikenakan biaya tes Rp 200.000 dan Campuran Rp 300.000.

Secara umum, seleksi bersama masuk perguruan tinggi dibagi menjadi 2 yaitu tipe A dan tipe B. Seleksi tipe A diperuntukkan bagi pendaftar reguler dan yang memiliki KIP Kuliah, namun tetap wajib membayar biaya UTBK. Sedangkan SBMPTN tipe B diperuntukkan bagi pendaftar dengan KIP K yang tidak perlu membayar untuk UTBK.

3. Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri

Jika kamu gagal mendaftar di perguruan tinggi negeri melalui SNMPTN dan SBMPTN jangan khawatir, masih ada kesempatan untuk mengikuti seleksi mandiri. Namun, perlu kamu ketahui bahwa proses penerimaan mahasiswa dengan jalur mandiri di setiap perguruan tinggi negeri memiliki aturan dan persyaratan berbeda-beda.

Dalam seleksi mandiri ada beberapa perguruan tinggi yang menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru dengan proses tes tulis. Ada juga PTN yang membuka jalur mandiri tanpa melakukan tes ulang tetapi hanya dengan melihat hasil tes UTBK calon mahasiswa.

Kabar gembiranya adalah kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri cukup besar. Tidak tanggung-tanggung perguruan tinggi negeri umumnya menyediakan 30% kuota penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri.

Hal tersebut berlaku untuk setiap jurusan yang ada di PTN terkait. Mengenai biaya pendaftarannya, kamu bisa melihat di website masing-masing perguruan tinggi yang kamu minati.

4. Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK PN)

Selain universitas negeri di Indonesia, kamu juga bisa menemukan banyak politeknik negeri yang tidak kalah berkualitas. Nah untuk kamu yang ingin mendaftar di politeknik negeri maka kamu bisa mendaftar melalui jalur PMDK PN.

Proses penerimaan mahasiswa dengan jalur ini dilakukan dengan cara menelusuri minat dan kemampuan calon mahasiswa. Alur pendaftaran politeknik negeri dengan jalur ini juga cukup mudah.

Pertama, sekolah akan mengajukan nama siswa pada sistem PMDK PN. Setelah itu, para siswa akan mendapat username dan password yang bisa digunakan untuk login pada website terkait.

Jika memang username dan password kamu tidak segera digunakan untuk login lebih dari 7 hari, maka itu bisa hangus.

5. Ujian Masuk Perguruan Tinggi Kedinasan (UMPTK)

Jalur masuk PTN yang terakhir adalah UMPTK, selain universitas negeri dan politeknik negeri, perguruan tinggi kedinasan juga bisa menjadi pilihan. Salah satu perguruan tinggi kedinasan yang paling populer diantara siswa saat ini adalah PKN STAN, bahkan banyak siswa yang sudah mengincar sekolah kedinasan sejak awal sekolah loh.

Untuk bisa menjadi mahasiswa di sekolah kedinasan, kamu wajib mengikuti tes kemampuan dasar, tes kemampuan akademik, tes kesehatan, dan banyak lagi tes lainnya.

Disamping berbagai macam tes tulis, nantinya kamu juga akan melalui tes wawancara. Jika kamu mendaftar di sekolah kedinasan semi militer, maka akan ada tes fisik juga.

 

Kelima hal diatas merupakan beberapa jalur masuk PTN yang bisa kamu persiapkan mulai dari sekarang. Sehingga, saat kamu hampir menyelesaikan pendidikan SMA sederajat, kamu tidak akan terbebani dengan banyak hal yang harus disiapkan untuk kuliah.

Untuk itu, segera tentukan perguruan tinggi negeri tujuanmu dan mulai prosesmu sekarang juga!

 

10 Daftar Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Indonesia dengan Pendaftar Terbanyak di Jalur Masuk PTN

Setelah mengetahui berbagai hal yang perlu dipersiapkan dalam proses jalur masuk PTN, sekarang waktunya menentukan dimana kamu akan meneruskan pendidikan.

Dalam bidang pendidikan, Indonesia sendiri saat ini sudah sangat maju. Bahkan terdapat beberapa perguruan tinggi yang masuk dalam daftar universitas terbaik berdasarkan survey dari THE WUR.

THE WUR sendiri adalah Times Higher Education World University Rankings atau lembaga publikasi tahunan peringkat universitas. Melalui 13 indikator THE WUR ini, akan menganalisis peringkat universitas di seluruh dunia.

Berikut ini merupakan 10 daftar perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia.

  1. Universitas Indonesia (UI)
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  3. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  4. Universitas Airlangga (UNAIR)
  5. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)
  6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  7. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
  9. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  10. Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Beberapa daftar diatas merupakan perguruan tinggi negeri terbaik berdasarkan analisis dari THE WUR pada tahun 2022. Untuk kamu yang sudah memiliki tekad sejak awal dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, tentukan pilihanmu sekarang juga.

Demikian ulasan penting seputar jalur masuk PTN serta daftar beberapa universitas terbaik di Indonesia. Untuk menyiapkan diri dari sekarang kamu bisa mulai mempelajari materi yang sekiranya akan keluar pada tes penerimaan mahasiswa baru.

Untuk mempermudah kegiatan belajar tersebut, kamu bisa mengikuti Bimbel Bintang Pelajar. Kami bisa menjamin kamu akan masuk ke perguruan tinggi yang diharapkan.

===

 

Sumber :

1

2

3

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak