fbpx
5 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati Namun Berprospek Tinggi

Bagikan :


Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati

 

Meskipun tidak terlalu diprioritaskan, jurusan kuliah IPA yang jarang diminati berikut ini mempunyai prospek masa depan yang cerah. Simak ulasannya!

Sebaiknya, kamu jangan gegabah saat memilih peminatan di SMA, seperti jika berada di kelas peminatan IPA, sebetulnya memiliki banyak alternatif jurusan kuliah. Untuk berbagai prodi favorit, tentu kamu sudah tahu, namun bagaimana dengan jurusan kuliah IPA yang jarang diminati?

Meskipun jurusan tersebut tidak terlalu diprioritaskan oleh para calon mahasiswa, berikut adalah daftar jurusan yang mempunyai prospek masa depan baik, inilah informasinya!

5 Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati dan Banyak Diperlukan

Sebetulnya banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan memilih jurusan yang jarang memiliki peminatnya. Disamping kompetisi ujian masuk tidak akan seketat jurusan favorit, kamu akan sangat berpeluang kuliah di universitas yang cukup bergengsi.

Adapun beberapa daftar jurusan IPA yang mungkin bisa menginspirasi kamu saat memilih jurusan untuk studi di perguruan tinggi, berikut ulasannya untuk kamu ketahui!

1. Jurusan Fisika

Beda halnya dengan jurusan Pendidikan Fisika, untuk bidang fisika murni sendiri memang kurang populer. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu fisika lebih dalam serta sangat detail.

Selanjutnya, kamu akan bisa memilih prodi maupun peminatan yang sesuai dengan penawaran dari universitas. Sebut saja, Fisika Nuklir, Fisika Material, Partikel, dan sebagainya.

Adapun prospek pekerjaan untuk jurusan yang satu ini memang terbilang cukup luas juga menjanjikan penghasilan yang cukup besar. Seperti contoh perusahaan migas dan telekomunikasi, LIPI, maupun BMKG.

Adapun perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan Fisika terbaik, yakni ITB atau Institut Teknologi Bandung. Kedua, ada juga Universitas Indonesia yang menyediakan enam prodi untuk jurusan yang satu ini, termasuk juga jurusan Fisika Medis.

2. Jurusan Nuklir

Jurusan yang satu ini memang cukup jarang terdengar di telinga para siswa dan siswi SMA, hingga membuatnya sepi peminat. Sama halnya seperti jurusan astronomi, jurusan teknik nuklir sendiri sangat dalam mengkaji dan mempelajari bidang fisika.

Jadi, wajar saja jurusan ini kurang peminatnya, apalagi banyak juga siswa siswi yang tidak menyukai mata pelajaran fisika. Disamping itu, aspek lainnya yang menyebabkan jurusan ini sepi peminat karena efek radiasi yang ditimbulkan, apabila terlalu sering terpapar oleh radiasi tersebut, bahkan akan menyebabkan kemandulan.

Jurusan Nuklir hanya bisa kamu temukan di Yogyakarta, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM). Sebetulnya, prospek kerja untuk jurusan ini sangatlah baik, kamu bisa masuk ke dalam institusi Pemerintah di BAdan Tenaga Nuklir Nasional atau BATAN.

3. Jurusan Astronomi

Bidang yang satu ini termasuk juga dalam jurusan yang sepi peminat pada SBMPTN kemarin. Mungkin alasannya karena belum banyak calon mahasiswa yang memahami prospek kerja dari jurusan ini, serta banyak juga yang menganggapnya terlalu sulit.

Astronomi sendiri merupakan salah satu ilmu eksakta tertua yang fokus dalam mempelajari seputar alam semesta juga benda-benda langit. Sangat diperlukan kemampuan juga minat yang kuat dalam fisika dan matematika dalam menempuh studi di jurusan Astronomi ini.

Adapun profesi yang bisa kamu tekuni sesudah lulus dari jurusan ini yakni bisa menjadi seorang peneliti untuk berbagai lembaga penelitian. Sebut saja di Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Observatorium Bosscha, maupun di LAPAN atau Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional.

Sampai sekarang ini, perguruan tinggi yang menyediakan jurusan Astronomi hanya ada satu, yaitu di ITB. Bukan hanya menjadi jurusan satu-satunya di Indonesia, melainkan jurusan ini menjadi yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara lho!

4. Jurusan Oseanografi

Indonesia, sebagai negara kepulauan yang sedang memperkuat sektor maritimnya, tentu sangat memerlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dengan kompetensi, mengenai tujuan tersebut. Oseanografi sendiri merupakan bidang studi yang menekuni berbagai aspek serta berkaitan dengan kelautan.

Seperti diantaranya orgasme laut, arus samudra, geologi di dasar laut, ekosistem laut, gelombang, dan sebagainya. Keilmuan yang satu ini bisa juga diterapkan di berbagai bidang lainnya yang linear, sebut saja rekayasa lingkungan, mitigasi bencana laut, serta perikanan.

Lulusan dari jurusan Oseanografi ini nantinya bisa berkecimpung dalam profesi peneliti ruang angkasa serta atmosfer, konsultan reservasi lingkungan, dan sebagainya. Adapun dua kampus ternama Indonesia yang menyediakan jurusan ini diantaranya Institut Teknologi Bandung (ITB) serta Universitas Diponegoro (Undip).

5. Jurusan Ilmu Kehutanan

Jika kamu saat ini senang menghabiskan waktu di luar ruangan dan ingin berdekatan dengan alam, mungkin saja jurusan Ilmu Kehutanan merupakan jurusan kuliah yang sesuai untuk kamu.

Meskipun terlihat menarik dan seru, dalam faktanya, jurusan ini cukup sepi peminat lho! Padahal jika diperhatikan, prospek kerja para alumninya sangatlah menjanjikan ditambah lagi bisa berkesempatan mendapat gaji yang cukup besar.

Adapun materi yang akan kamu pelajari di jurusan ini, yakni berkaitan dengan teknologi hasil hutan, ekologi, dan konservasi hutan. Jurusan ini pun bisa memungkinkan kamu untuk berkontribusi dalam menangani kerusakan hutan di Indonesia yang dari tahun ke tahun semakin parah.

Jurusan Ilmu Kehutanan menghasilkan lulusan yang bisa menekuni profesi berhubungan dengan industri pemetaan, perkayuan, juga badan-badan pelestarian juga konservasi alam.

Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan satu ini cukup banyak, sebut saja Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Lampung, Universitas Tadulako, Universitas Sumatera Utara, dan sebagainya.

 

Itulah kelima jurusan IPA yang memang jarang diminati oleh calon mahasiswa. Disamping jurusan diatas, ada juga prodi yang jarang diminati namun berprospek kerja tinggi, yakni jurusan Teknik Biomedis, Teknologi Hasil Perikanan, Teknik Planologi, Ilmu Kelautan, serta Penyuluhan dan Pertanian.

Kelebihan Jurusan Kuliah IPA yang Jarang Diminati

Jika kamu memilih jurusan kuliah yang memang sepi peminat, kamu akan mendapatkan beberapa kelebihan tersendiri, diantaranya:

  1. Persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut tidaklah seketat jurusan lainnya.
  2. Hubungan diantara teman-teman sejurusan akan lebih solid. Sebab, biasanya orang-orang dalam satu angkatan juga tidak akan terlalu banyak. Mungkin saja paling banyak akan terdiri dari dua kelas.
  3. Akan lebih mudah berkompetisi dalam kelas, bahkan satu angkatan.
  4. Dosen di jurusan akan cenderung mempunyai banyak waktu untuk melakukan diskusi
  5. Akan lebih mudah berkompetisi dalam kelas hingga satu angkatan kamu.
  6. Mempunyai kesempatan gaji yang cukup tinggi.

Dari keenam hal tersebut ini merupakan keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat kamu berkuliah di jurusan yang memang sepi peminat. Namun, perlu diingat, ketika kamu memilih suatu jurusan yang  jarang peminatnya, kamu perlu meyakinkan diri agar menyukai jurusan tersebut.

Jangan sampai, ketika kamu memilih jurusan yang jarang peminatnya disebabkan karena hanya mengejar universitas belaka. Disamping itu, walaupun jurusan yang kamu pilih merupakan jurusan yang peminatnya jarang, bukan berarti kamu tidak harus berusaha mencapai jurusan tersebut.

Bukan hanya mengandalkan SNMPTN saja, namun kamu juga perlu belajar mempersiapkan SBMPTN. Salah satu persiapannya, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar di tempat berkualitas dan terpercaya, seperti halnya tempat bimbel kami, Bintang Pelajar.

Yuk, belajar lebih giat lagi untuk masuk jurusan kuliah IPA yang jarang diminati tersebut agar kamu mudah memasukinya. Wujudkan hal ini bersama kami, Bintang Pelajar!

 

Sumber:

1

2

3

===

 

 

 

 

Artikel Lainnya