Calon Maba Harus Tahu, Persyaratan PTN Jalur Prestasi Tahun 2023

Bagikan :

Persyaratan PTN Jalur Prestasi

 

Tahun 2023 rupanya akan membawa perubahan yang cukup signifikan dalam hal penerimaan mahasiswa baru, khususnya untuk Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia. Pasalnya, terdapat perubahan aturan dan skema tentang jalur penerimaan calon mahasiswa PTN yang berbeda, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Kurang lebih, ada tiga jalur penerimaan mahasiswa baru PTN yaitu, seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi mandiri oleh PTN. Kamu harus tahu apa saja persyaratan PTN Jalur prestasi dan jalur seleksi lainnya. Agar bisa mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi impianmu.

Dengan berubahnya jalur seleksi PTN, maka kamu sebagai calon mahasiswa baru harus benar-benar paham tentang perubahan apa saja yang akan diterapkan di seleksi masuk PTN pada tahun 2023. Yuk, simak informasi terbaru mengenai jalur masuk PTN yang diterangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada acara peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-22 yang lalu.


Apakah Kamu Masuk Persyaratan PTN Jalur Prestasi?

Jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi dilaksanakan lebih dahulu jika dibandingkan dengan seleksi lainnya. Tentunya, banyak siswa yang berharap agar terpilih masuk melalui jalur ini karena tidak perlu mengikuti tes lagi. Namun, seleksi ini adalah pembaruan dari SNMPTN, dimana tingkat persaingannya tinggi sekali.

Kamu bisa saja terpilih menjadi mahasiswa baru di PTN favorit, jika memiliki nilai yang bagus dan prestasi yang memukau. Namun, langkah pertama untuk mengikuti seleksi jalur ini adalah memastikan bahwa kamu sudah memenuhi persyaratannya. Lantas, apa saja sih persyaratan dari jalur prestasi ini? Yuk, kita simak informasinya berikut ini.

  • Peserta merupakan siswa yang berada di tahun terakhir pendidikan menengah atas yang akan lulus pada tahun berjalan.
  • Peserta mempunyai prestasi akademik atau non-akademik yang bagus dan konsisten.
  • Peserta masuk ke dalam kuota peringkat terbaik di sekolah yang akan ditentukan berdasarkan akreditasi sekolah.
  • Peserta memenuhi peraturan lain yang ditentukan oleh PTN.

Jika ingin mengikuti jalur seleksi berdasarkan prestasi, pastikan kamu telah masuk dalam persyaratan yang telah disebutkan di atas. Sekilas, memang seperti tidak ada yang berbeda jika dibandingkan dengan SNMPTN, tapi terdapat aturan baru tentang bagaimana proses seleksi melalui jalur ini. Peraturan terbaru tersebut bisa kamu simak melalui informasi berikut ini.


1.      
Semua Siswa Bisa Lintas Jurusan

Peraturan seleksi masuk PTN berdasarkan prestasi yang berbeda dengan SNMPTN adalah siswa yang bisa lintas jurusan. Jika pada tahun-tahun sebelumnya, siswa dilarang untuk lintas jurusan pada seleksi SNMPTN, pada tahun 2023 siswa bisa memilih lintas jurusan sesuai dengan kemauan.

Hal tersebut tentu membuat siswa lebih bebas dalam menentukan jurusan yang benar-benar dia inginkan. Perubahan ini bisa menjadi angin segar untuk calon mahasiswa yang mungkin menginginkan jurusan yang berbeda. Namun, dengan diterapkannya peraturan ini, tidak menutup kemungkinan bahwa tingkat persaingan pada beberapa jurusan tertentu menjadi semakin tinggi.

 

2.      Perhitungan Peringkat Nilai

Salah satu hal yang sangat penting dalam penentuan penerimaan calon mahasiswa baru Perguruan Tinggi Negeri di seluruh Indonesia, adalah bagaimana perhitungan peringkat nilai. Pasalnya, pada tahap ini akan menentukan siswa mana yang akan diterima atau belum diterima oleh PTN masing-masing.

Perhitungan peringkat nilai pada tahun 2023 cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, perhitungan nilai akan dilakukan untuk semua mata pelajaran tanpa terkecuali. Hal ini tentu berbeda dengan SNMPTN yang hanya melakukan perhitungan nilai pada mata pelajaran yang sesuai dengan jurusan masing-masing.

Komponen dari perhitungan nilai jalur prestasi yang telah ditetapkan, adalah nilai semua mata pelajaran dengan komposisi minimal 50%. Sedangkan untuk komponen minat bakat lainnya seperti mata pelajaran pendukung, lomba yang pernah diikuti, dan portofolio (untuk jurusan seni dan olahraga) memiliki komposisi maksimal 50% dari perhitungan nilai jalur prestasi tersebut.

 

Belum Masuk Persyaratan PTN Jalur Prestasi? Tenang, Masih Ada Jalur Seleksi Lainnya

Tidak masuk kriteria yang memenuhi persyaratan seleksi jalur prestasi PTN bukanlah akhir dari segala-galanya. Kamu masih bisa memiliki kesempatan untuk bisa menjadi calon mahasiswa dari PTN Favorit yang diinginkan. Pasalnya, masih ada dua jalur seleksi mahasiswa baru PTN yang bisa kamu ikuti.

Kedua jalur masuk PTN selain jalur prestasi tersebut adalah seleksi nasional berdasarkan tes dan seleksi mandiri oleh PTN. Tentu masing-masing jalur tersebut mempunyai persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi sebagai calon mahasiswa baru PTN. Oleh karena itu, siswa harus benar-benar memahami apa saja persyaratan dari kedua jalur tersebut.

1.       Persyaratan Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes

Jalur seleksi masuk PTN yang kedua adalah seleksi nasional berdasarkan tes. Pada seleksi ini, calon mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti tes yang akan dilaksanakan serempak di seluruh wilayah di Indonesia. Jalur seleksi ini adalah versi terbaru dari SBMPTN yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Jalur seleksi nasional berdasarkan tes ini dilaksanakan dengan aturan yang berbeda dari SBMPTN. Jika tahun lalu SBMPTN terdiri atas dua tes, yaitu tes skolastik dan tes kemampuan akademik, pada tahun 2023 tes masuk PTN hanya terdiri atas tes skolastik saja.

Tes skolastik dilakukan untuk mengukur kemampuan siswa dalam potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam bahasa indonesia, dan literasi dalam bahasa inggris. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik untuk dapat mengikuti tes skolastik ini. Persyaratan PTN jalur tes ini adalah:

      • Peserta adalah siswa yang berada di tahun terakhir pendidikan menengah atas yang akan lulus pada tahun berjalan.
      • Peserta merupakan lulusan dari pendidikan menengah paling lama tiga tahun dari waktu kelulusan.

2.      Persyaratan Jalur Seleksi Mandiri oleh PTN

Jalur masuk PTN berikutnya adalah seleksi mandiri oleh PTN. Jalur ini memang telah ada dan dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Namun, sama dengan jalur masuk lainnya, terdapat beberapa ketentuan yang berbeda dan akan diterapkan pada tahun 2023.

Pada seleksi mandiri tahun 2023 terdapat peraturan yang membuat proses seleksi ini berjalan lebih transparan dan terbuka. Pasalnya, PTN wajib memberi tahu berapa jumlah mahasiswa yang diterima, metode pembelajaran, biaya dan metode penghitungannya kepada para calon mahasiswa.

Selain itu, terdapat masa sanggah terkait dengan hasil penyeleksian oleh para siswa maksimal 5 hari setelah hasil seleksi tersebut diumumkan. Dengan aturan ini, maka jalur seleksi mandiri bisa dilakukan dengan lebih terbuka lagi. Lalu, apa saja persyaratan untuk mengikuti jalur seleksi mandiri? Inilah informasinya untuk kamu.

      • Telah dinyatakan lulus dan dan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru.
      • Sudah memiliki ijazah atau surat keterangan lulus (SKL) pendidikan menengah.
      • Memenuhi semua persyaratan dari masing-masing PTN.

 

Mengetahui persyaratan PTN jalur prestasi, jalur tes, dan mandiri bisa membantu siswa untuk mempersiapkan diri lebih baik. Bimbel sangat diperlukan untuk persiapan mengikuti seleksi PTN yang lebih optimal. Pilihlah bimbel Bintang Pelajar yang sudah terpercaya dan tersedia secara online dan offline. Wujudkan impianmu untuk masuk PTN Favorit bersama Bintang Pelajar.

 

Referensi :

1 2

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak