Cara Belajar Mandiri yang Efektif untuk Hadapi UTBK-SNBT

Bagikan :

Cara Belajar Mandiri yang Efektif

 

Seleksi masuk perguruan tinggi berbasis tes mengharuskan siswa memahami beberapa materi yang akan diujikan pada tes masuk PTN. Jika kamu ingin belajar mandiri untuk persiapan masuk PTN, kamu bisa menerapkan beberapa cara belajar mandiri yang efektif.

Tips belajar mandiri ini akan memudahkan kamu memahami materi dan soal yang akan diujikan saat UTBK-SNBT. Terlebih lagi materi pelajaran untuk UTBK-SNBT setiap tahun kerap kali berbeda.

Ikuti 3 Cara Belajar Mandiri yang Efektif untuk Hadapi UTBK-SNBT

Materi yang diujikan pada tes UTBK tahun 2023 berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini, materi yang diujikan berupa tes potensi skolastik (TPS), literasi dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia serta penalaran matematika.

Selain materi yang diujikan, kamu juga perlu mengetahui beberapa hal penting terkait UTBK-SNBT di bawah ini.

 

1.      Perhatikan Ketentuan yang Berlaku

Seleksi perguruan tinggi terdiri dari 3 jalur seleksi yaitu SNBP, SNBT dan Mandiri. Sebelum adanya nomenklatur terbaru, ketiga jalur seleksi tersebut dikenal dengan sebutan SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri.

Ternyata seleksi masuk perguruan tinggi tidak hanya namanya saja yang berubah, materi yang diujikan juga mengalami beberapa perubahan.

Supaya tidak ketinggalan informasi, kamu harus aktif mencari informasi terkait materi dan timeline pendaftaran seleksi masuk PTN serta informasi lainnya terkait jurusan dan prodi dari kampus yang akan kamu daftar.

Ketika kamu sudah mendapatkan informasi mengenai materi yang akan keluar di UTBK-SNBT 2023, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan diri untuk mempelajari soal latihan UTBK-SNBT.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan misalnya membeli buku latihan soal UTBK-SNBT atau mengikuti bimbel khusus untuk persiapan masuk PTN.

 

2.      Memahami Materi

Jika sudah mengetahui ketentuan dan aturan UTBK-SNBT. Maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memahami materinya. Setelah memahami materi yang akan diujikan pada tes masuk PTN, selanjutnya kamu perlu belajar dengan mentor khusus supaya bisa lulus UTBK-SNBT dengan mudah.

Mengapa perlu belajar dengan mentor khusus?

Karena materi tes masuk PTN umumnya lebih sulit jika dibandingkan dengan materi ujian sekolah. Jika kamu tidak mengikuti bimbel khusus untuk persiapan masuk PTN, maka peluangmu untuk masuk kampus favorit juga semakin kecil.

Kini, sudah banyak bimbel yang tersedia secara offline dan online. Jika kamu ingin fokus belajar mandiri di rumah namun tetap mendapatkan bimbingan dari mentor khusus untuk masuk PTN, kamu bisa join di program “Sukses Belajar Mandiri” di Bintang Pelajar.

 

3.      Perbanyak Latihan Soal Skolastik

Cara belajar mandiri yang efektif untuk sukses hadapi UTBK-SNBT yang terakhir dan wajib kamu lakukan mulai dari sekarang adalah banyak mengerjakan latihan soal skolastik.

Materi tes potensi skolastik (TPS) diujikan dalam tes masuk PTN untuk mengukur kemampuan kognitif siswa. Tes ini dianggap penting karena bisa mempengaruhi keberhasilan siswa di sekolah formal, khususnya di perguruan tinggi.

 

Itulah 3 hal penting yang wajib kamu lakukan untuk menghadapi UTBK-SNBT. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu memikirkan terlebih dahulu program studi yang sesuai dengan minat, bakat dan kemampuanmu.

Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dalam belajar. Karena kamu sudah memiliki tujuan atau goal yang jelas.

Jika saat ini kamu merasa kesulitan memahami bakat, minat dan bingung memilih jurusan atau prodi yang sesuai dengan kemampuan, Bintang Pelajar siap membantu.

Dengan memilih program belajar khusus persiapan masuk PTN yang ada di Bintang Pelajar, kamu akan mendapatkan free konsultasi psikotes untuk mengetahui bakat dan minat dan jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu.

Setelah mengetahui cara belajar mandiri yang efektif, mari gapai impianmu untuk masuk kampus favorit bersama Bintang Pelajar.

 

Sumber:

1 2 3 4 5

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak