Cara Melatih Skolastik Untuk Seleksi Masuk PTN

Bagikan :

Cara Melatih Skolastik

 

Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim telah menjelaskan bahwa persyaratan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri tahun depan adalah ditiadakannya tes ujian mata pelajaran dan digantikan dengan ujian skolastik pada penyelenggaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN).

Ingin masuk PTN? Segeralah untuk mempelajari tes skolastik. Cara melatih skolastik ini bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama, dengan mempelajarinya secara otodidak, kedua dengan mendaftarkan diri pada sebuah lembaga bimbingan belajar. Untuk itu, kamu wajib menyimak artikel ini agar tahu informasi mengenai bagaimana melatih skolastik dengan benar dan tepat.

 

Cara Melatih Skolastik yang Tepat

Seperti diketahui, Nadiem Makarim telah menyampaikan kepada publik bahwa dirinya akan menghapus tes masuk yang menggunakan pembelajaran hafalan. Dengan menggunakan metode ini, diharapkan siswa bisa melatih penalaran serta kemampuan kognitif pada suatu permasalahan.

Untuk menguasai tes skolastik, kamu bisa menggunakan berbagai cara melatih skolastik  berikut untuk referensi latihannya. Simak penjelasannya.

 

  • Latihan dengan waktu teratur

Setiap proses pembelajaran, akan lebih baik jika dilakukan secara terarah dan rutin. Maksud dari terarah dan rutin adalah gunakan waktu sebaik mungkin untuk mencoba berlatih mengerjakan soal-soal skolastik namun dengan pengaturan waktu yang konsisten.

Artinya, kamu disini ‘mencicil’ dan memperkaya soal-soal skolastik tanpa harus mempelajarinya dengan menggunakan sistem kebut semalam. Ketika kamu menggunakan sistem kebut semalam, hanya akan menambah beban materi yang kamu pelajari.

Pada akhirnya, materi yang kamu pelajari menjadi lebih banyak. Hingga membuat kamu kesulitan dalam memahami.

 

  • Lakukan trial and error

Ketika kamu sudah mencoba untuk mempelajari soal-soal skolastik. Cara melatih skolastik selanjutnya adalah dengan melakukan trial and error atas soal yang sudah dikerjakan.

Dengan mengoreksi kesalahan, kamu akan tahu dimana kekurangan yang belum bisa kamu kuasai. Harapannya, setelah melakukan trial and error, kamu bisa menguasai soal skolastik lebih luas lagi.

Manfaat lain ketika melakukan trial and error adalah berkembangnya potensi kemampuan kamu dalam mengerjakan soal yang berkaitan. Artinya, kamu akan jauh lebih siap dalam menghadapi soal-soal skolastik yang bervariasi.

 

  • Mengikuti bimbingan belajar

Ketika menghadapi tes mengerjakan soal skolastik, tak ada salahnya jika kamu mempelajarinya secara otodidak. Sayangnya, cara melatih skolastik secara otodidak memaksa kamu untuk mencari sumber referensi sendiri, bahkan menganalisis kesalahan yang terjadi seorang diri.

Berbeda ketika kamu mengikuti sebuah bimbingan belajar, maka kamu akan mendapatkan mentor yang berpengalaman di bidangnya. Selain itu, kamu akan mendapatkan referensi yang memang sesuai dengan kurikulum saat ini.

Pastikan kamu mencari lembaga bimbingan belajar yang kredibel, salah satu lembaga kredibel yang bisa membantu kamu mengerjakan soal skolastik adalah lembaga bimbingan belajar kami, Bintang Pelajar.

 

  • Latih kemampuan Bahasa Inggris

Meski tidak semua, terdapat beberapa soal skolastik yang diujikan dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu bisa memperkaya kosa kata dalam Bahasa Inggris.

Selain berguna saat mengerjakan soal-soal skolastik, kosa kata Bahasa Inggris yang kamu miliki juga akan bertambah.

 

Cara Melatih Skolastik: Tips Mengerjakan Soal Skolastik

Tes Bakat Skolastik (TBS) kini menjadi salah satu hal yang harus dipelajari para calon mahasiswa. TBS sendiri digunakan untuk menganalisa kompetensi dan bakat dari calon mahasiswa.

Meski cara pengerjaannya berbeda dari ujian mata pelajaran seperti biasanya, namun kamu harus mengetahui tips dan trik dalam mengerjakan soal skolastik. Berikut caranya.

 

  • Berdoa dan tetap tenang selama ujian

Tips dan trik yang paling mudah adalah dengan berdoa dan tetap tenang selama berjalannya ujian. Ketika mengerjakan soal TBS, usahakan kamu tidak panik, atau bahkan tegang. Ketika kamu panik atau tegang, justru hanya akan membuat kamu kesulitan dalam mencari jawaban.

Padahal, ketika ingin menjawab sebuah persoalan dengan baik dan benar. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga pikiran agar tetap tenang.

Bagaimana cara menjaga diri agar tetap tenang? Kamu bisa memperbanyak mengerjakan latihan soal. Semakin banyak referensi soal yang kamu kuasai, maka kamu akan dengan mudah mengerjakannya.

 

  • Cermati soal dan jawaban

Pada umumnya, soal skolastik memiliki soal dan jawaban yang membingungkan. Maka, kamu tak perlu terlalu gegabah, baca dan pahami pertanyaan yang ada, baru kemudian cari tahu apa inti dari pertanyaannya.

Setelah paham inti dari soal, kemudian baca dan pahami pilihan jawaban yang tersedia. Biasanya, terburu-buru hanya akan membuatmu tidak teliti, bahkan salah dalam menentukan jawaban.

 

  • Kerjakan soal yang mudah dahulu

Apapun jenis soalnya, tips jitu dalam mengerjakan soal ujian yakni dengan mengerjakan soal-soal yang dirasa mudah terlebih dahulu. Jika kamu mulai mengerjakan soal yang sulit, maka waktumu akan banyak terbuang untuk soal tersebut.

 

  • Kerjakan tes verbal dahulu

Tes skolastik salah satunya adalah terdiri dari soal verbal. Jenis soal verbal ini biasanya memiliki tingkat kesulitan yang paling rendah. Oleh karenanya, sangat disarankan untuk mengerjakan soal verbal terlebih dahulu, untuk menghemat waktu dalam pengerjaan ujian skolastik.

Jika soal tes verbal sudah dikerjakan, maka kamu bisa berlanjut menuju kategori soal lainnya. Misal saja, dari soal verbal kamu bisa mengerjakan soal numerik. Kemudian untuk kategori soal logika, bisa kamu kerjakan setelah soal verbal dan numerik selesai.

Perlu diingat, setiap peserta pasti memiliki preferensi masing-masing dalam mengerjakan soal. Ada yang mengerjakan soal logika terlebih dahulu, kemudian soal numerik, baru soal verbal.

 

  • Pahami konsep pada soal

Soal TPS, pada umumnya tidak ada materi yang pasti, tetapi punya variasi bentuk soal yang cukup banyak. Untuk mengatasinya, latihan rutin bisa dilakukan untuk memperkaya permasalahan yang terdapat di setiap soal.

Bahkan, kamu tidak perlu menghafal soal seperti pada soal-soal mata pelajaran umum. Ketika kamu sudah paham konsep, maka sebanyak apapun variasi soal, akan mudah dijawab karena sudah paham dengan konsep yang ada dalam soal tersebut.

 

  • Manajemen waktu yang baik

Seperti diketahui, waktu untuk mengerjakan tes skolastik berkisar 180 menit. Maka pastikan kamu mengerjakan soal secara efektif, agar kamu tak kehabisan waktu sebelum mengerjakan semua soalnya.

Adapun cara me-manage waktu dengan baik adalah berlatih mengerjakan soal dengan batas waktu yang sama dengan ujian aslinya.

Nah, demikian informasi mengenai cara melatih skolastik yang baik dan benar. Bagi kamu yang sedang mencari lembaga bimbingan pelajar, segera daftarkan diri kamu di lembaga bimbingan belajar kami Bintang Pelajar.

Dapatkan berbagai benefit dengan bergabung di lembaga bimbingan belajar Bintang Pelajar. Dengan dukungan mentor yang profesional, fasilitas pembelajaran yang nyaman, serta metode pembelajaran yang mudah dipahami, akan membuat proses belajar mengajar semakin menyenangkan.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website resmi kami melalui link ini, atau bisa mengunjungi kantor kami yang beralamat di Komp. Ruko 24, Jl. Sholeh Iskandar No.2, RT.01/RW.05, Kedung Jaya, Kec. Tanah Sereal, Kota Bogor.

 

Referensi :
1

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak