Cara Meningkatkan Nilai Rapor Supaya Lolos SNBP

Bagikan :

Cara Meningkatkan Nilai Rapor

 

Jalur masuk perguruan tinggi banyak macamnya, salah satunya yaitu dengan SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi).

Jika kamu berencana menempuh jalur tersebut namun nilai rapor masih kurang bagus, itu artinya kamu harus meningkatkan nilai rapor dari sekarang.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak tips dan cara meningkatkan nilai rapor berikut ini.

Cara Meningkatkan Nilai Rapor Supaya Lolos SNBP 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa nilai rapor saat SMA/SMK/MA menjadi poin penting yang akan digunakan untuk mendaftar ke PTN melalui jalur SNBP.

Seperti yang kita tahu, diterima tidaknya siswa melalui jalur SNBP bisa dilihat dari nilai rapor dan prestasinya dari semester 1 s.d semester 5.

Jika nilai rapormu di semester sebelumnya tidak begitu bagus, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut ini untuk meningkatkannya.

1.      Memiliki Keinginan dan Semangat Belajar yang Tinggi

Untuk menggapai mimpi berkuliah di kampus impian, tentu kamu harus punya tekad dan semangat belajar yang tinggi.

Kamu tidak perlu fokus untuk mendapatkan nilai yang baik di segala mata pelajaran, kamu hanya perlu fokus pada mata pelajaran yang memiliki korelasi dengan program studi yang akan kamu daftar.

Misalnya kamu ingin memilih program studi Desain Komunikasi Visual, maka kamu perlu meningkatkan nilai rapor seni rupa. Kamu juga bisa ikut berbagai kompetisi atau lomba seperti desain poster dan desain logo untuk memperkaya portofolio.

2.      Strategi Manajemen Waktu

Strategi manajemen waktu bisa membantu kamu lebih disiplin dan produktif. Karena setiap hari kamu akan belajar sesuai waktu yang sudah ditentukan dan melakukan hal lain dengan lebih teratur.

Membuat manajemen waktu bukan berarti kamu tidak memiliki waktu istirahat atau jam bebas. Dengan adanya manajemen waktu, kamu bisa lebih menikmati waktu santai dan bisa lebih fokus ketika belajar.

3.      Disiplin Belajar Mandiri di Rumah

Usaha yang harus dilakukan bagi setiap siswa yang ingin lolos SNBP adalah disiplin belajar mandiri di rumah. Sebagai siswa kelas 12 yang akan menghadapi ujian kelulusan sekaligus seleksi masuk perguruan tinggi, disiplin belajar mandiri di rumah sangat diperlukan.

Kamu bisa saja ikut belajar bersama teman-teman kelas. Tapi kamu juga harus memiliki waktu khusus untuk belajar mandiri di rumah agar bisa lebih fokus belajar serta bisa melatih diri untuk berpikir kritis dan kreatif.

4.      Rajin Membuat Catatan/Ringkasan Materi

Cara lain yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan nilai rapor adalah rajin membuat catatan atau ringkasan setelah belajar untuk memahami kembali materi yang sudah diberikan guru.

Membuat catatan atau ringkasan materi tidaklah sulit. Cukup tulis poin-poin dari materi yang sudah dipelajari dengan dilengkapi penjelasan singkat.

Cara tersebut cukup ampuh dilakukan, karena disaat yang bersamaan kamu bisa lebih memahami sekaligus mengingat materi yang sudah dipelajari.

Untuk memudahkan belajar, kamu bisa menyediakan buku khusus ringkasan materi agar tidak tercampur dengan catatan lainnya. Buku catatan ini bisa dibaca sewaktu-waktu sebagai media belajar yang lebih singkat.

5.      Ikut Bimbingan Belajar

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan nilai rapor adalah ikut kelas bimbingan belajar.

Jika kamu merasa pembelajaran di sekolah membosankan dan materi yang diajarkan guru sangat sulit untuk dimengerti, kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan mengikuti bimbingan belajar baik online maupun offline.

 

Dengan mengikuti kelas bimbingan belajar, kamu bisa lebih fokus belajar dan menguasai materi yang tidak kamu pahami di sekolah. Dengan begitu, nilai rapor kamu bisa meningkat dan kesempatan lolos SNBP pun lebih besar.

Salah satu lembaga bimbingan belajar yang telah dipercaya oleh banyak siswa dan orang tua siswa di Indonesia adalah Bintang Pelajar. Kami menyediakan kelas online maupun offline dengan didampingi tutor berpengalaman dari lulusan universitas ternama.

Dikutip dari laman resmi dikti.kemdikbud, Ketua Tim Penanggung Jawab SNPMB, Mochamad Ashari menyebutkan bahwa saat ini  kuota SNBP adalah minimum 20 persen dan nilai rapor akan diinput melalui PDSS.

Dengan persaingan yang ketat dari peserta siswa kelas 12 yang ada di seluruh Indonesia, kamu harus benar-benar fokus belajar dan melakukan berbagai cara meningkatkan nilai rapor agar bisa lolos SNBP. Supaya kamu bisa belajar dengan mudah kapan saja dan dimana saja, yuk join bimbel di Bintang Pelajar.

 

Sumber :

1 2 3 4

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak