Kisi-kisi Contoh Soal UTBK  Soshum Yang Harus Dipelajari

Bagikan :

Contoh Soal UTBK  Soshum

 

===

Menjelang kesempatan UTBK  SBMPTN tentu saja kamu harus mengetahui bagaimana kisi-kisi atau contoh soal UTBK  soshum yang akan dihadapi. Dengan mempelajari berbagai jenis soal tersebut tentu saja akan mempermudah dan mempercepat dalam dalam menjawab soal UTBK  soshum tersebut. Apa saja yang ada di dalam soal pelaksanaan ujian tersebut? Ketahui selengkapnya di sini

Banyak sekali jenis soal yang akan diberikan dalam ujian masuk ke perguruan tinggi. Beberapa jenis mata pelajaran yang akan dites adalah sejarah, sosiologi, ekonomi dan geografi. Dengan mengetahui beberapa contoh soal UTBK  soshum tentu saja kamu bisa lebih siap dalam menghadapi ujian tersebut. Daripada penasaran buruan simak beberapa contoh soal di bawah ini!

Kisi-kisi Contoh Soal UTBK  Soshum

Rata-rata jenis contoh soal UTBK  soshum di bawah ini adalah jenis soal yang akan diberikan dalam berbagai jenis pertanyaan dalam ujian yang akan kamu hadapi. Sudah siap? yuk pelajari!

  1. Wilayah perkotaan adalah sebuah tempat yang digunakan untuk memproduksi berbagai jenis produk industri dan juga jasa untuk penduduk desa, sedangkan sebaliknya penduduk desa juga menghasilkan berbagai jenis produk pertanian yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduk kota.

Dari pernyataan di atas tentukan prinsip geografi yang tepat untuk menjelaskan fenomena yang terjadi tersebut?

  1. Korologi
  2. Interelasi
  3. Kompromi
  4. Distribusi
  5. Deskripsi

Untuk menjawab soal di atas kamu harus memperhatikan hubungan yang terkait antara kedua kalimat tersebut. Perkotaan dapat menghasilkan produk industri dan jasa dan sebaliknya wilayah pedesaan mencukupi kebutuhan pertanian untuk penduduk kota.

Kedua hal tersebut tentu saja sangat terkait dalam dalam satu ikatan yang tidak bisa dipisahkan. Dari faktor tersebut tentu saja prinsip interelasi dijalankan di kedua jenis tempat yang berbeda. Oleh karena itu jawaban “B” merupakan satu jawaban yang paling tepat.

  1. Kerusakan di daerah aliran sungai atau sering disebut dengan DAS akan ditandai dengan adanya akumulasi endapan di hilir sungai. Usaha yang paling sering dilakukan dan efektif untuk hal tersebut adalah…
  1. Pemanfaatan Delta sebagai pertanian lahan pertanian
  2. Penataan tanaman mangrove di muara sungai
  3. Penanaman hutan kembali di kawasan Hulu Sungai
  4. Pelarangan semua aktivitas penambangan pasir di bantaran Hilir
  5. Alih fungsi lahan hutan di sekitar hulu sungai

Dari pertanyaan yang disampaikan di atas tentu saja kamu bisa menarik kesimpulan bahwa kerusakan hutan di Hulu Sungai bisa terjadi karena penumpukan endapan di hilir dan muara sungai.

Karena keadaan tersebut tentu saja menyebabkan erosi di Hulu Sungai menjadi lebih tinggi. Fakta tersebut terjadi karena material erosi yang terbawa aliran sungai dan kemudian mengendap di muara sungai tersebut.

Makin banyaknya akumulasi endapan material mengakibatkan tinggi erosinya juga semakin berakibat pada kerusakan hutan.

Untuk mengatasi hal tersebut tentu saja langkah utama yang perlu dilakukan adalah melakukan Penanaman hutan kembali di kawasan hulu sungai untuk melakukan reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul.

Dengan sikap tersebut tentu saja tidak ada pihak atau bagian yang dirugikan. Dari penjelasan diatas tentu saja kamu bisa memikirkan bahwa cara terpenting dalam mengatasi sebuah masalah adalah mencari solusinya bukan kembali pada faktor penyebab masalah tersebut. Jawaban yang tepat adalah “C”

  1. Ada 7 pokok dalam kebudayaan setiap bangsa di dunia. Yang tidak termasuk dalam pokok tersebut adalah…
  1. Sistem pengetahuan
  2. Olahraga
  3. Bahasa
  4. Kesenian
  5. Sistem religi

Untuk mengetahui setiap pokok kebudayaan tentu saja kamu harus bisa membayangkan apa saja yang melatarbelakangi sebuah kebudayaan bisa dilestarikan.

Tujuh unsur kebudayaan terdiri dari bahasa, sistem pengetahuan, organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem kemasyarakatan, sistem mata pencaharian, sistem religi dan kesenian.

Salah satu jenis tipe yang tidak termasuk dalam pokok kebudayaan tentu saja adalah olahraga. Pertanyaan tersebut memang terlihat seperti membingungkan namun kamu harus lebih teliti dalam membaca soal yang sebenarnya mudah untuk dijawab secara logika. Jawaban yang benar adalah “B”

Nah contoh soal di atas tentu saja bisa menjadi masukan atau kisi-kisi yang tepat sebelum kamu menghadapi ujian tes perguruan tinggi. Sebenarnya untuk mampu dan mudah dalam menjalani UTBK  tentu saja ada cara yang bisa dilakukan.

Salah satunya adalah mengikuti kursus belajar di tempat yang terpercaya Seperti Bintang Pelajar. Kenapa perlu kami? ketahui selengkapnya di bawah ini!

Menjawab Contoh Soal UTBK  Soshum Dengan Mudah

Sebelum kamu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pastikan memiliki kemampuan dalam pendidikan yang memadai. Kamu bisa melakukan persiapan jauh-jauh hari untuk menghadapi hal tersebut.

Jenjang pendidikan tentu saja salah satu hal yang bisa diprediksi dan direncanakan,  oleh karena itu kamu bisa melakukan kursus sebelum ujian tersebut datang. Kami adalah sebuah lembaga pendidikan yang bisa membantumu untuk menghadapi berbagai jenis soal termasuk soal ujian masuk perguruan tinggi.

Saat bergabung di Bintang pelajar, tentu saja kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Ayo cari tahu apa saja disini!

1. Menambah Bank Soal

Kunci sukses adalah rajin melakukan pelatihan terhadap kemampuan diri sendiri. Hal tersebut tentu saja bisa didapatkan jika kamu bergabung di tempat kami. Jangan khawatir, kami akan memberikan banyak sekali jenis soal yang setingkat dengan UTBK  soshum.

Kamu akan mendapatkan berbagai jenis buku-buku pelatihan tentang berbagai jenis soal yang setara dengan soal yang akan diberikan saat ujian tersebut. Contoh soal UTBK  soshum yang diberikan juga sangat praktis dan mudah untuk dijawab jika bisa dipahami dengan baik dalam mengerjakannya. Mau berhasil lulus UTBK  soshum? buruan gabung di Bintang Pelajar!

2. Paham Terhadap Soal

Salah satu bentuk latihan yang paling sering dilakukan namun sulit untuk diterapkan adalah memahami berbagai jenis soal. Terkadang setiap soal sebenarnya memiliki jawaban yang sangat jelas, namun pemahaman siswa terhadap soal tersebut kadang mengalami kesulitan.

 

Di sekolah pasti diajarkan banyak sekali trik untuk menjawab berbagai jenis pertanyaan namun jika kamu mengikuti kursus tentu saja cara pemahaman soal yang diberikan juga berbeda.

Kamu akan diberikan cara menyelesaikan berbagai jenis soal dari sudut pandang dan teknik yang berbeda. Bahkan kamu juga bisa mendiskusikan berbagai jenis contoh soal yang belum dipelajari dengan baik.

Kami akan memberikan pemahaman dengan sangat praktis, cepat dan tepat.

Manfaat mengikuti les kursus di tempat kami tentu saja mampu memberikan kesempatan yang jauh lebih besar untuk kamu bisa lolos ke perguruan tinggi yang diinginkan.

Kami telah berhasil mensukseskan ribuan siswa yang dapat memasuki sekolah terbaiknya hingga menjadi pribadi yang sukses dan berakhlak terpuji.

Kamu bisa segera mendaftarkan diri untuk meningkatkan kemampuan dan lebih tangguh dalam menghadapi pertanyaan yang akan diterima. Bintang pelajar juga bisa menyediakan berbagai jenis paket bimbel yang sesuai dengan kemampuanmu.

Kami menyediakan 2 paket bimbel untuk lanjut ke perguruan tinggi seperti sukses tembus 10 PTN dan sukses SNMPTN dan siap AKM. Setiap paket tersebut tentu saja memiliki materi pembelajaran dan fasilitas yang berbeda. Yuk dapatkan berbagai contoh soal UTBK  soshum terbaik disini!

===

SUMBER

1

2

3

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu