Kisi-kisi UTBK SNBT 2023, Bantu Lulus PTN Favorit

Bagikan :

Kisi-kisi UTBK SNBT 2023

==

Tidak ingin ketinggalan kisi-kisi UTBK SNBT 2023? Sebetulnya untuk sekedar kisi-kisi, kamu bisa saja mendapatkan aksesnya dengan mudah. Meskipun terdapat kemungkinan bahwa kisi-kisi tersebut sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Yakni dengan berpedoman pada peraturan baru berupa dihapusnya TKA, sehingga hanya tersisa Tes Potensi Skolastik (TPS).

Meskipun begitu tidak dapat dimungkiri jika kamu masih tetap membutuhkan kisi-kisi UTBK SNBT 2023, bukan? Sebagai gambaran umum sebuah materi, kisi-kisi dapat menjadi metode yang efektif untuk membantu calon peserta ujian. Sebab biasanya dengan kisi-kisi tersebut, materi ujian lebih mudah diterapkan dan dipelajari.

 

Inilah Prediksi Kisi-kisi UTBK SNBT 2023, Jurus Ampuh Masuk PTN Favorit

Kisi-kisi tes skolastik UTBK SNBT 2023 ini terdiri dari beberapa macam materi. Ingin tahu apa saja detailnya? Simak, prediksi kisi-kisi UTBK SNBT 2023 berikut ini.

 

Tes Kemampuan / potensi Kognitif

Sudah tahukah kamu, apa itu tes kemampuan kognitif? Jenis tes kognitif ini digunakan untuk mengukur dan menguji kemampuan logika siswa. Melalui tes ini kamu juga akan dilatih menganalisis suatu permasalahan kemudian diminta untuk memecahkannya.

Biasanya di dalam tes ini disajikan beberapa pernyataan yang bisa kamu analisis dengan logika penalaran

Logika Matematika/Penalaran Matematika

Berbeda dengan ujian matematika pada umumnya. Dalam tes skolastik, tes yang disajikan berupa soal penalaran atau logika matematika. Dengan demikian, peserta tes akan diminta untuk menyelesaikan permasalahan yang terdapat pada soal dengan logika matematika sebagai metode analisisnya.

Logika Bahasa (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris)

Di dalam soal tes skolastik, materi kebahasaan yang dihadirkan bukan untuk mengukur tingginya kemampuan gramatika. Tetapi, peserta diarahkan untuk melakukan penalaran atau logika terhadap suatu teks. Baik itu teks Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

Dengan disajikannya soal tersebut, peserta juga harus menguasai kemampuan membaca, menulis, dan menganalisis dengan baik. Bekal kemampuan yang disebutkan itu dapat membantu para peserta, sehingga lebih mudah mengerjakan soal logika bahasa.

Jadi, melalui uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kemampuan bernalar memang perlu dilatih. Siswa tidak cukup hanya menghafalkan rumus atau teori tertentu. Tetapi, lebih sering berlatih mengerjakan soal penalaran akan memberikan strategi yang paling efektif. Dengan demikian, siswa akan semakin siap dan percaya diri menghadapi tes kemampuan skolastik.

Namun, jika sebelumnya kamu belum pernah mengenal tes skolastik, berikut ini terdapat beberapa soal skolastik yang biasa keluar di UTBK SNBT. Mari simak kisi-kisinya di bawah ini.

  • Model Soal Logika Kognitif

Dalam soal ini biasanya peserta diminta untuk menganalisis pernyataan, apakah sesuai atau tidak. Oleh karena itu, kamu membutuhkan tingkat ketelitian dan penalaran yang tinggi supaya mampu menjawab soal ini. Bacalah pernyataan pada soal dengan cermat dan cepat sebelum mengerjakannya.

  • Model Soal Kesimpulan Logis

Pada jenis soal ini, peserta akan diminta untuk membuat kesimpulan logis. kemudian peserta harus mencari simpulan dari paragraf yang disajikan pada soal. Oleh karena itu, strategi yang dapat dilakukan untuk mengerjakan soal jenis ini dengan membaca sekilas paragraf yang disajikan. Bacalah dengan cermat dan hindari membaca secara keseluruhan untuk menghemat waktu.

  • Model Soal Penalaran Analitis

Model soal analitis ini biasanya berupa perbandingan. Tentunya ciri khas yang biasa muncul dalam soal perbandingan dapat ditandai dengan penggunaan kata “lebih”, “kurang”, dan “daripada”. Dengan melihat model soal ini, maka peserta dapat menyelesaikannya dengan membuat urutan yang tepat.

Kisi-kisi tersebut dapat menjadi pedoman bagi kamu yang sedang bersiap mengikuti UTBK SNBT di tahun 2023 mendatang. Dengan mengetahui kisi-kisinya, maka kamu bisa mempersiapkan strategi penyelesaian yang tepat.

Strategi Penyelesaian UTBK SNBT 2023

Meskipun akses kisi-kisi UTBK SNBT 2023 bisa didapatkan dengan mudah, tetapi belum sempurna jika kamu tidak paham cara penyelesaiannya.

Lalu bagaimana cara menyelesaikan kisi-kisi tersebut sehingga bisa lulus dengan hasil yang memuaskan? Berikut ulasannya!


Memahami Materi Secara Lengkap

Tes Potensi Skolastik memiliki beberapa materi yang perlu dipelajari. Antara lain tentang logika kognitif, logika matematika, pengetahuan umum, kemampuan memahami bacaan, dan kemampuan menulis. Materi-materi tersebut memiliki tolok ukur masing-masing sesuai dengan tujuannya.

Dari semua materi tes skolastik yang telah disebutkan di atas, tentunya kamu tidak hanya butuh hafalan. Tetapi kamu juga perlu terus melatih kemampuan bernalar dengan latihan soal sesering mungkin dan membahasnya. Cara ini terbukti lebih efektif untuk memahami materi.


Mengenali Berbagai Model Soal

Sembari memahami materi, kamu bisa mengenali model soalnya. Biasanya pada soal skolastik atau penalaran ini terdapat model soal dengan beberapa pola. Pola-pola tersebut bisa dikenali, sehingga kamu lebih mudah mencari strategi penyelesaiannya.

Bagaimana cara mengenali model soal penalaran? Caranya dengan memperbanyak latihan soal. Jangan lupa setelah berlatih mengerjakan soal, langkah selanjutnya yaitu melakukan pembahasan. Pembahasan soal ini bisa kamu lakukan bersama dengan guru pendamping atau orang tua.


Pendalaman Materi yang Susah Dipahami

Sama halnya seperti pelajaran di sekolah yang perlu dipelajari berulang kali. Materi kisi-kisi UTBK SNBT ini juga demikian. Jika terdapat materi yang belum kamu pahami, alangkah baiknya kamu melakukan pendalaman materi. Dalam tahap ini kamu bisa meminta bantuan orang tua atau guru pendamping jika memang diperlukan.


Mengikuti Bimbel

Saat kamu rajin berlatih soal tapi tak kunjung memahami materinya, maka kamu perlu mengikuti bimbel. Meskipun beberapa teori tes skolastik ini diajarkan di sekolah, tapi tidak semuanya dibahas secara mendetail. Jika sudah begini, maka kamu perlu pelajaran tambahan yang khusus mengajarkan materi sesuai kebutuhanmu.

Di lembaga bimbel unggulan, materi untuk kisi-kisi UTBK SNBT akan diajarkan secara detail. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai macam latihan soal lengkap dengan pembahasannya. Strategi belajar ini bisa lebih efektif, sehingga kamu bisa lulus PTN favorit dengan hasil yang memuaskan.

Kini kamu sudah mengetahui strategi penyelesaian soal kisi-kisi UTBK SNBT 2023. Strategi di atas dapat kamu terapkan agar lulus tes dengan nilai yang tinggi. Untuk menyempurnakan strategi kamu, carilah bimbel yang amanah, sehingga bisa mengantarkanmu ke gerbang kesuksesan masa depan.

Lembaga bimbel yang amanah biasanya akan mengikuti perkembangan pendidikan di setiap tahunnya. Dengan demikian, materi yang diajarkan pun akan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, termasuk kisi-kisi UTBK SNBT ini

Bagi kamu yang ingin berhasil lulus UTBK SNBT di tahun 2023 mendatang bisa segera mengunjungi bimbel Bintang Pelajar. Salah satu lembaga bimbel unggulan yang berhasil mencetak lulusannya masuk ke PTN favorit.

Selain menjadi bimbel yang unggul dalam bidang akademik, kami juga menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia. Kami tidak hanya mengedepankan kemampuan berpikir, tetapi juga mementingkan nilai keagamaan dan akhlakul karimah.

Jadi tunggu apa lagi, segera dapatkan strategi penyelesaian kisi-kisi UTBK SNBT 2023 dengan mendaftarkan diri di bimbel Bintang Pelajar. Daftar sekarang dan dapatkan paket bimbel UTBK SNBT terbaik.

===

Sumber:

1 2 3 4

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak