Kurikulum Merdeka PTN: Mahasiswa Siap Masuk Dunia Kerja!
kurikulum merdeka ptn

Bagikan :

Kurikulum Merdeka PTN

===

Memasuki dunia kerja tentu diperlukan persiapan yang matang. Terlebih lagi pada kemampuan soft skill maupun hard skill. Kemampuan seperti ini perlu diasah agar lebih baik lagi. Kini adanya kurikulum merdeka PTN, mahasiswa bisa mengatasi hal tersebut.

Mahasiswa bisa lebih mudah mengasah keterampilan bersama orang yang lebih ahli dalam bidangnya melalui Kampus Merdeka ini. Tentunya sebagai mahasiswa kamu bisa memilih program kegiatan yang sesuai dengan minat dan juga bakatnya.

Mengenal Apa Itu Kurikulum Merdeka PTN?

 

Saat ini PTN sudah bisa menerapkan Kampus Merdeka dengan kurikulum merdeka belajar. Kebijakan ini dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang memiliki tujuan agar mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang keilmuan. Hal ini bermaksud agar mahasiswa dapat lebih siap untuk memasuki dunia kerja.

Adanya Kurikulum Merdeka PTN ini bisa memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang diambil. Pemenuhan masa dan beban belajar untuk siswa program sarjana ataupun sarjana terapan haruslah diikuti.

Selain itu, juga harus mengikuti proses pembelajaran dalam program studi untuk memenuhi sebagian beban dan masa belajar. Kemudian sisanya bisa mengikuti proses pembelajaran yang dilakukan di luar program studinya.

Saat mengikuti Kampus Merdeka, mahasiswa bisa memiliki kesempatan dalam satu semester atau 20 SKS dapat mengikuti pembelajaran di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama. Pembelajaran pada program studi tersebut paling lama dapat ditempuh 2 semester atau 40 SKS di perguruan tinggi yang sama ataupun berbeda.

Adanya kurikulum merdeka PTN ini bisa memberikan tantangan dan kesempatan agar mahasiswa bisa mengembangkan kreativitas dan lebih mandiri. Hal ini dimaksudkan supaya mahasiswa bisa mempersiapkan diri sebelum memasuki dunia kerja.

Pembaharuan kurikulum ini menjadi upaya pemerintah untuk melahirkan generasi penerus bangsa yang kompeten dalam bidangnya. Keahlian yang sesuai dengan bidang yang diminati mahasiswa menjadi lebih terarah.

Penerapan kampus merdeka ini bisa membuat mahasiswa lebih fokus untuk memahami materi perkuliahan yang sesuai dengan kemampuannya. Kurikulum merdeka juga berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi pada mahasiswa.

 

Bentuk Pembelajaran Kurikulum Merdeka PTN

 

Mahasiswa bisa mengambil jumlah SKS sebanyak 1 semester yaitu 20 SKS. Pengambilan jumlah SKS ini juga bisa dilakukan secara sukarela oleh mahasiswa. Apalagi sekarang terdapat kurikulum merdeka PTN yang bisa memudahkan mahasiswa saat melakukan pembelajaran.

Perguruan tinggi akan memfasilitasi pemenuhan masa dan belajar dengan proses pembelajaran dengan pilihan alternatif. Nantinya proses pembelajaran program studi di kampus akan tetap memenuhi sebagian beban belajar mahasiswa akan diberikan kesempatan mengambil sisanya untuk ikut pembelajaran di luar program studi di luar kampus.

Kegiatan di luar kampus ini nantinya akan mendapatkan pengakuan yang disetarakan dengan sejumlah SKS. SKS di program studi asal yang wajib diambil berjumlah 5 semester dari semua total semester yang harus dijalani. Namun hal ini tidak akan berlaku pada prodi kesehatan.

Terdapat kegiatan yang bisa dipilih mahasiswa, dan nantinya akan dibimbing oleh dosen. Daftar kegiatan yang bisa diambil mahasiswa dapat dipilih salah satunya dari program yang ditentukan oleh pemerintah, atau disetujui pihak kampus.

Banyaknya ragam kegiatan yang bisa dilakukan oleh mahasiswa, terdapat 8 bentuk pembelajaran yang bisa dipilih pihak kampus untuk menjalankannya. Berikut beberapa bentuk pembelajarannya.

  • Melakukan Kegiatan Proyek di Desa

Menjalankan kegiatan proyek di desa bertujuan untuk membantu masyarakat di pedesaan atau daerah terpencil dalam membangun berbagai bidang. Misalnya membangun dalam bidang infrastruktur, kerakyatan, ekonomi, dan masih banyak lagi.

Untuk melaksanakan kegiatan ini bisa dilakukan bersama aparat desa, koperasi, Bumdes dan organisasi desa lainnya. Tentunya sebelum melakukan kegiatan ini sudah mendapatkan persetujuan dari pihak kampus yang berkaitan.

  • Melakukan Program Magang dan Praktek Industri

Melaksanakan kegiatan magang bisa dilakukan selama 1-2 semester. Waktu tersebut bisa memberikan pengalaman yang cukup untuk mahasiswa. Selain itu, industri juga sudah mendapatkan talenta yang dirasa cocok, bisa langsung direkrut. Hal seperti ini bisa mengurangi biaya recruitment dan training awal.

Sedangkan bagi mahasiswa yang sudah mengenal tempat kerja tersebut, bisa lebih siap untuk memasuki dunia kerja. Mahasiswa juga bisa lebih maksimal saat mengaplikasikan keilmuannya.

  • Kegiatan Penelitian

Kegiatan penelitian atau riset akademik, baik itu sosial humaniora maupun sains akan dilakukan di bawah pengawasan dosen atau peneliti. Program penelitian ini bisa dilakukan untuk lembaga riset seperti LAPAN, NASA, Perguruan Tinggi dan masih banyak lagi.

Untuk proses penelitian ini memang tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dibutuhkan orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut. Sudah pasti kegiatan ini harus dibimbing oleh orang yang lebih profesional seperti dosen atau pengajar yang sudah ditunjuk oleh pihak kampus.

  • Kegiatan Pertukaran Pelajar

Kegiatan pertukaran pelajar dapat diambil dengan kelas atau perguruan tinggi di luar negeri atau dalam negeri berdasarkan perjanjian kerjasama yang telah diadakan oleh pemerintah. Nantinya nilai dan juga SKS yang diambil di perguruan tinggi luar akan disetarakan dengan perguruan tinggi masing-masing.

Pertukaran pelajar seperti ini bisa menjadi kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar. Pengalaman belajar yang didapatkan ini bisa meningkatkan kemampuan softskill dan juga hard skills di perguruan tinggi lain.

  • Melakukan Wirausaha

Kegiatan ini bisa membuat mahasiswa mengembangkan kewirausahaan lebih mandiri. Hal ini bisa dibuktikan dengan penjelasan proposal kegiatan kewirausahaan dan adanya bukti transaksi konsumen atau slip gaji pegawai.

  • Melakukan Proyek Kemanusiaan

Melatih diri untuk memiliki kepekaan sosial, mendalami permasalahan yang dapat diselesaikan sesuai minat dan keahliannya bisa lebih dikembangkan melalui proyek kemanusiaan. Nantinya mahasiswa juga mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan saat menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.

  • Mengajar di Sekolah

Kegiatan mengajar di sekolah dengan tingkatan tertentu selama beberapa bulan bisa dilakukan oleh mahasiswa. Selanjutnya kegiatan mengajar ini bisa dilakukan di sekolah yang berada di lokasi kota ataupun dari daerah terpencil.

  • Kegiatan Studi atau Proyek Independen

Mengambangkan proyek tertentu berdasarkan topik sosial khusus bisa dilakukan mahasiswa melalui program kegiatan studi atau proyek independen. Program ini bisa dikerjakan bersama dengan mahasiswa lain untuk memecahkan suatu permasalahan di masyarakat.

Itulah beberapa kegiatan pembelajaran merdeka belajar yang bisa dilakukan oleh pihak kampus. Berbagai pilihan program tersebut bisa dipilih sesuai kesanggupan pihak kampus. Kamu sebagai mahasiswa bisa leluasa untuk mengembangkan keahlian dalam bidang tertentu. Persiapan memasuki dunia kerja juga bisa dilakukan lebih maksimal dengan kampus Merdeka.

Kurikulum Merdeka PTN ini kini sudah banyak diterapkan di banyak perguruan tinggi. Rajinlah belajar agar bisa masuk PTN favorit sesuai keinginan.

Disamping itu, untuk hasil maksimal kamu juga bisa mengikuti bimbingan belajar dari bimbel terbaik dan terpercaya, salah satunya kami Bintang Pelajar. Sudah banyak lulusan dari kami yang diterima di PTN favorit dan sesuai keinginan.

Untuk informasi selengkapnya seputar tempat bimbel kami, bisa kunjungi laman website kami disini.

 

Sumber:123

 

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak