Macam Macam Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja yang Luas

Bagikan :

Macam Macam Jurusan Kuliah

==

Sudah kelas 12 SMA, tapi masih galau menentukan jurusan kuliah yang punya prospek kerja bagus ? Mau jurusan yang keren, tapi juga mudah untuk merebut kursinya ? Daripada bimbang, mending kamu simak baik-baik informasi tentang macam macam jurusan kuliah yang lulusannya selalu dibutuhkan di dunia kerja berikut ini.

Salah satu hal yang dipertimbangkan oleh orang tua atau siswa saat memilih jurusan kuliah adalah prospek kerja lulusan. Macam macam jurusan kuliah yang lulusannya langsung bisa diterima kerja jumlahnya banyak dan tentunya punya banyak peminat. Apa saja sih jurusan-jurusan kuliah tersebut?

 

Macam Macam Jurusan Kuliah beserta Prospek Kerjanya

Bicara tentang harapan setelah lulus kuliah, pasti tidak sedikit siswa yang mengidamkan bekerja di perusahaan terkemuka dengan gaji yang lumayan. Karena itu, banyak siswa yang sudah memikirkan matang-matang tentang jurusan kuliah yang akan diambil.

Namun kalau masih galau, kamu bisa mempertimbangkan beberapa jurusan kuliah berikut yang memiliki prospek kerja menjanjikan. Karena lulusannya selalu dibutuhkan di dunia kerja, macam macam jurusan kuliah berikut cocok untuk kamu yang ingin langsung bekerja setelah lulus.

 

1. Jurusan Teknik Informatika (IT)

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, perusahaan-perusahaan di Indonesia kini semakin gencar memanfaatkan teknologi untuk menggaet lebih banyak pelanggan.

Apalagi di dunia yang serba online seperti saat ini, semua kegiatan mulai dari jual beli, mengumpulkan informasi, hingga sosial dapat dilakukan melalui aplikasi atau situs web.

Agar dapat memenuhi tantangan akan kemudahan akses, perusahaan banyak membutuhkan lulusan Teknik Informatika untuk posisi programmer, web developer, pengembang aplikasi, dan lainnya.

2. Jurusan Ilmu Komunikasi

Salah satu dari macam macam jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang luas adalah Ilmu Komunikasi. Jurusan Ilmu Komunikasi biasanya ada di fakultas berbasis ilmu sosial. Karena lulusan jurusan ini banyak dibutuhkan di dunia kerja, Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang paling diminati calon mahasiswa.

Lulusan Ilmu Komunikasi bisa bekerja di berbagai bidang, seperti jurnalis, market research analyst, public relation, atau bidang yang berkaitan media lainnya.

3. Jurusan Kedokteran

Kalau jurusan yang satu ini, bukan rahasia lagi kalau termasuk jurusan yang banyak diminati. Bisa jadi, hampir semua calon mahasiswa pernah memimpikan masuk ke jurusan ini.

Lulusan jurusan Kedokteran sangat dibutuhkan tidak hanya di dunia kerja, namun juga di masyarakat. Perjalanan untuk menjadi dokter sangat panjang dan membutuhkan tenaga ekstra. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di rumah sakit atau membuka klinik sendiri.

4. Jurusan Keperawatan

Sama seperti jurusan Kedokteran, tenaga ahli di bidang kesehatan seperti perawat juga selalu dibutuhkan. Dokter tidak bisa bekerja sendiri dalam mengawasi pasien, karena itu dibutuhkan perawat untuk bekerja sama menangani pasien.

Di jurusan Keperawatan, nantinya kamu juga akan mendapat ilmu tentang bidang spesialisasi untuk setiap kelas perawat, di antaranya perawat dewasa, perawat anak-anak, perawat manula, perawat untuk mental, dan perawat jalan.

5. Jurusan Farmasi

Satu lagi jurusan di bidang kesehatan yang memiliki prospek kerja menjanjikan, yakni jurusan Farmasi. Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, farmasi berkutat dengan ilmu obat-obatan.

Apa saja yang dipelajari? Untuk menghasilkan obat yang layak konsumsi, kamu akan nantinya akan belajar untuk mengenali struktur senyawa dan bagaimana cara sintesisnya. Lulusan jurusan Farmasi bisa bekerja di apotek sebagai apoteker, perusahaan farmasi, atau industri kosmetik.

6. Jurusan Desain Grafis dan Seni Rupa

Kalau kamu suka menggambar, mahir dan berminat di bidang desain, jurusan yang satu ini bisa jadi pertimbangan kamu. Jurusan Desain Grafis dan Seni Rupa juga menjadi salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja di posisi digital marketing, content creator, seniman, bahkan desainer sampul buku. Tidak hanya bekerja di perusahaan, saat ini sudah banyak desainer maupun seniman yang bekerja sebagai freelancer atau pekerja lepas dengan menjual desainnya untuk perusahaan atau individu yang berbeda-beda.

7. Jurusan Ekonomi dan Bisnis

Jurusan Ekonomi dan Bisnis menjadi jurusan favorit lainnya selain jurusan-jurusan di atas. Biasanya jurusan Ekonomi dan Bisnis akan dibagi menjadi beberapa disiplin ilmu, seperti akuntansi, manajemen, dan bisnis.

Tidak hanya bekerja di perusahaan atau instansi yang berkaitan dengan bidang keuangan saja, kamu juga bisa menjadi konsultan bisnis atau wirausaha sukses. Ilmu yang kamu dapatkan selama kuliah, bisa langsung kamu terapkan saat hendak membuka bisnis sendiri.

8. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan di bidang teknik selain Teknik Informatika yang memiliki prospek kerja yang luas adalah Teknik Elektro. Di sini, kamu akan belajar tentang kelistrikan dan bagaimana pengaplikasiannya di kehidupan sehari-hari.

Kamu akan belajar tentang listrik dan elektronik mulai dari dasarnya, seperti konsep, perancangan, pengembangan, serta produksinya. Dengan berbekal ilmu teknik elektro, kamu bisa bekerja sebagai teknisi telekomunikasi, teknisi radar, navigasi, hingga ahli robotik.

9. Jurusan Psikologi

Buat yang gemar membahas mental awareness, jurusan yang satu ini mungkin bisa kamu tekuni di perkuliahan nanti. Jurusan Psikologi mempelajari tentang manusia, seperti perilaku dan apa yang mempengaruhi tindakan manusia.

Kalau kamu mengira lulusan jurusan Psikologi hanya menjadi seorang psikolog, jangan salah, karena prospek kerjanya lebih luas dari itu. Perusahaan-perusahaan banyak yang menggaet lulusan Psikologi untuk membantu mengelola SDM hingga mengurus penerimaan pegawai baru. Posisi ini juga bisa disebut sebagai HRD atau Human Resource Development.

10. Jurusan Statistika

Posisi kerja yang sedang gencar-gencarnya dicari dan diminati adalah data analyst. Untuk menjadi seorang data analyst, kamu harus memiliki ilmu tentang bagaimana proses pengolahan data.

Selain menjadi data analyst, lulusan jurusan Statistika bisa menjadi data scientist. Kedua profesi ini dibutuhkan oleh banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga ahli dalam mengolah data yang dimiliki.

11. Jurusan Pendidikan

Jurusan selanjutnya dengan prospek kerja yang luas adalah jurusan Pendidikan. Jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan sebelumnya, mungkin jurusan Pendidikan menjadi salah satu jurusan yang masih dianggap remeh.

Padahal, kalau kamu mengantongi gelar sarjana Pendidikan, kamu bisa melamar menjadi guru atau tutor kursus dengan mudah, loh. Hal ini karena kamu sudah mengantongi ilmu tentang instrumen pendidikan yang penting untuk diketahui sebelum mengajar.

Tidak hanya sebagai guru dan tutor kursus, kamu juga bisa bekerja di bidang keilmuan yang kamu tekuni. Misalnya kamu mengambil jurusan Pendidikan Bahasa, baik bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Selain mengajar, kamu juga bisa bekerja sebagai penerjemah bahasa di perusahaan-perusahaan asing. Menggiurkan, bukan?

 

Memilih yang Tepat dari Macam Macam Jurusan Kuliah

Kalau kamu masih membayangkan dunia perkuliahan sebagai dunia yang kegiatannya hanya belajar di kampus kemudian hangout bareng teman-teman, sebaiknya kamu buang jauh-jauh pemikiran itu.

Kesempatan untuk bisa kuliah merupakan hal yang berharga, menjalaninya selama 4 tahun pun butuh perjuangan yang tidak kecil. Sama seperti kamu yang mempersiapkan untuk tes masuk perguruan tinggi sejak awal kelas 12 atau bahkan kelas 11, gunakan waktu kuliahmu sebaik mungkin untuk bersiap-siap terjun ke dunia kerja.

Sebaiknya kamu tidak memilih satu jurusan kuliah karena anggapan keren, tapi pilih jurusan yang benar-benar ingin kamu pelajari. Dengan begitu, kamu akan selalu merasa haus akan ilmu dan bisa merasakan bagaimana pribadi kamu berkembang ke arah yang lebih baik.

Tips yang terakhir, kamu bisa mempersiapkan tes masuk perguruan tinggi dengan matang melalui bimbel terpercaya. Bimbel terbaik yang bisa kamu pilih untuk menemanimu bersiap-siap sebelum menghadapi dunia perkuliahan adalah Bintang Pelajar.

Di Bintang Pelajar, kamu akan bergabung dengan ribuan siswa lainnya dalam mencapai mimpi untuk berprestasi tinggi dan akhlak terpuji. Dengan bimbel berpengalaman, kamu bisa mendapatkan informasi-informasi akurat seputar tes masuk hingga macam macam jurusan kuliah yang kamu idamkan. Menarik, bukan? Segera hubungi kami di sini, ya!

 

 

Sumber:

1

2

3

4

5

6

7

==

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu