Pentingnya Bimbel Literasi Bahasa Indonesia Bagi Siswa
bimbel literasi bahasa indonesia

Bagikan :

Bimbel Literasi Bahasa Indonesia

 

===

Di era yang hampir serba digital ini, memiliki kemampuan literasi Bahasa Indonesia seolah menjadi hal yang harus kamu kuasai dengan baik. Apalagi kemampuan literasi merupakan salah satu parameter penilaian siswa dan sistem belajar mengajar oleh guru di kelas. Oleh karena itu kamu, terutama siswa sangat penting memiliki kemampuan ini. Kamu bisa mengasah kemampuan yang dimiliki lebih baik lagi dengan mengikuti bimbel literasi Bahasa Indonesia.

Belajar literasi Bahasa Indonesia melalui bimbingan belajar atau bimbel juga tidak kalah serunya dengan mempelajarinya di sekolah. Kamu akan mendapatkan berbagai manfaat yang bisa membantu meningkatkan hasil penilaianmu di sekolah dengan berbagai keunggulan yang didapat dari mengikuti bimbel literasi. Cukup menarik bukan?

 

Pentingnya Mengikuti Bimbel Literasi Bahasa Indonesia

Sudah tahukah kamu apa itu literasi? Literasi adalah keterampilan kognitif seseorang dalam memahami informasi melalui membaca dan menulis. Dalam mempelajari literasi, kamu akan diajak untuk menguasai kemampuan untuk memahami, menganalisis, hingga mentransformasikan tulisan dalam bentuk suatu karya tulisan.

Jadi tidak hanya memiliki kemampuan membaca dan menulis yang mumpuni saja, kamu juga harus mampu mengolah informasi yang tertera pada teks dengan tepat.

Sangking pentingnya memiliki kemampuan literasi Bahasa Indonesia, maka tidak mengherankan jika saat ini gerakan literasi semakin digaungkan besar-besaran. Untuk itu, kamu disarankan mempelajari hingga memahami dengan baik terkait ilmu tersebut.

Kamu bisa mempelajarinya secara mandiri di rumah maupun ketika proses belajar mengajar di sekolah. Namun untuk semakin meningkatkan kemampuan kamu di bidang literasi, mengikuti bimbel literasi Bahasa Indonesia tidak ada salahnya kamu pilih.

Lalu keuntungan apa saja yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti bimbel literasi Bahasa Indonesia ini? Berikut ulasannya!

 

Pembiasaan Diri Akan Membaca dan Menulis

Dengan belajar literasi melalui bimbel, kamu akan dibiasakan untuk membaca buku, baik buku pelajaran, buku pengetahuan umum, jurnal, e-book, hingga artikel edukatif dan informatif di internet.

Pembiasaan diri tersebut bisa dilakukan dengan membuat jadwal rutin mengenai kapan waktunya untuk membaca, menulis, bahkan kunjungan ke perpustakaan.

Kunjungan tersebut dilakukan agar kamu tidak merasa bosan karena hanya membaca dan menulis di tempat bimbel atau rumah saja. Cukup seru bukan? Kamu bisa berkunjung ke perpustakaan bersama teman untuk semakin meningkatkan semangat dalam belajar literasi.

 

Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis

Bagi kamu yang tidak terbiasa dengan membaca apalagi jika buku yang full teks, tentunya akan membosankan. Dengan belajar melalui bimbel literasi Bahasa Indonesia, kamu akan diajak untuk melatih kemampuan literasi melalui menyimak video-video edukatif yang menarik kemudian menuliskan resume melalui informasi yang kamu tangkap.

Jadi bisa dijamin tidak akan membosankan deh belajar literasi Bahasa Indonesia di bimbel.

 

Meningkatkan Semangat Belajar Literasi

Belajar literasi tidak hanya melulu tentang membaca dan menulis terkait topik pengetahuan umum saja. Dengan membuat majalah dinding atau mading tanpa sadar kamu juga telah belajar literasi. Karena kamu akan dituntut untuk mampu menuangkan informasi dari sumber yang terpercaya melalui kemampuan membaca, berpikir kritis dan riset kemudian dituangkan dalam bentuk tulisan. Hal tersebut dapat menjadi semangat bagi kamu untuk belajar literasi lebih giat lagi. Tidak hanya itu saja, menulis catatan kecil di sticky notes berupa kata-kata motivasi, bisa menjadi peningkat semangatmu juga.

 

Penggunaan Strategi Yang Tepat

Menggugah minat siswa untuk belajar literasi apalagi bagi kamu yang sebelumnya tidak terlalu tertarik dengan ilmu ini, dapat dilakukan dengan mudah melalui bimbel. Di tempat bimbel, kamu akan diajak memilih teks bacaan dengan topik yang kamu sukai.

Itu karena jika berawal dari suatu hal yang disukai, dapat meningkatkan persentase keberhasilan dalam menggugah minat mempelajari literasi lebih besar.

Dari buku teks yang dipilih tersebut, kamu juga akan diajarkan mengaitkan isi pokok pembahasan buku dengan lingkungan sekitar. Sehingga tidak hanya meningkatkan minat membaca dan menulis, tetapi kemampuan berpikir kritis kamu juga akan diasah menjadi lebih baik.

 

Tujuan dan Manfaat Mempelajari Literasi Bahasa Indonesia

Mungkin sebagian dari kamu menganggap mengapa perlu mempelajari literasi Bahasa Indonesia? Hanya membuang-buang waktu saja dan membosankan.

Jangan salah, perlu kamu ketahui dengan mempelajari literasi Bahasa Indonesia kamu akan mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan sekolah maupun ketika menyaring informasi digital yang benar. Menguntungkan bukan?

Lalu apa tujuan dan manfaat mempelajari literasi bahasa Indonesia?

  1. Meningkatkan kemampuan membaca dan menulis
  2. Melatih berpikir kritis terutama pada karya tulis
  3. Menambah pengetahuan melalui membaca dan menulis
  4. Meningkatkan pemahaman  pada tulisan yang dibaca
  5. Menambah kosakata
  6. Mengembangkan kemampuan verbal dan interpersonal
  7. Meningkatkan fungsi kerja otak
  8. Meningkatkan budi pekerti siswa

 

Jenis-Jenis Literasi Bahasa Indonesia

Literasi Bahasa Indonesia, dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Literasi Dasar

Literasi dasar adalah kemampuan dasar siswa dalam membaca, menulis, mendengar, dan berhitung. Jenis literasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan empat kemampuanmu tersebut menjadi lebih baik lagi.

  • Literasi Perpustakaan

Literasi perpustakaan adalah kemampuan siswa dalam memahami dan membedakan karya tulis fiksi dan non fiksi secara tepat. Tidak hanya itu saja, literasi perpustakaan juga melalui proses pemahaman siswa dalam cara menanggapi penggunaan katalog dan indeks. Sehingga akan memudahkan kamu dalam memahami informasi dari suatu karya tulis.

  • Literasi Media

Media elektronik, cetak, dan jenis lainnya termasuk dalam jenis literasi media yang sangat berguna bagi kamu dalam memahami cara penggunaan media tersebut dengan tepat. Hal tersebut dimaksudkan guna siswa dapat memilah informasi yang tepat untuk dikonsumsi sehingga terhindar dari informasi hoaks.

  • Literasi Teknologi

Pengguna internet di Indonesia dapat dibilang cukup banyak karena dianggap mampu membantu menyelesaikan berbagai tugas baik bagi siswa maupun pekerja. Namun tidak sedikit pula penggunaan internet ini disalahgunakan sehingga menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu penting halnya bagi kamu untuk menguasai literasi teknologi ini.

Literasi jenis ini berhubungan erat dengan hardware dan software dalam cara penggunaan internet. Literasi teknologi mengajarkan kemampuan memiliki etika yang tepat dalam berselancar di internet.

  • Literasi Visual

Literasi visual adalah kemampuan dan pemahaman siswa dalam menginterpretasikan suatu informasi dalam bentuk gambar atau visual. Kamu akan belajar dalam menyikapi suatu gambar kemudian dijabarkan dalam bentuk tulisan.

 

Hal yang Melandasi Pentingnya Mempelajari Literasi Bahasa Indonesia

Apa yang membua literasi Bahasa Indonesia ini sangat penting di pelajari disamping sebagai kebutuhan sekolah siswa? Pertanyaan tersebut mungkin sering muncul dalam pemikiran kamu.

Kesadaran akan pentingnya kemampuan literasi guna mendukung Indonesia menjadi negara cakap dan unggul di bidang literasi bisa menjadi landasan pentingnya mempelajari literasi ini.

Apalagi dalam gempuran informasi dari perkembangan globalisasi saat ini yang semakin pesat, berbagai sektor seperti teknologi, budaya, hingga alat komunikasi mulai merambah hingga ke akar terdalam suatu lingkungan masyarakat.

Jika kamu tidak mampu menganalisis dan memilah mana informasi yang tepat, tentunya akan menjerumuskanmu pada jalan yang salah hingga merugikan. Nah itulah pentingnya literasi dalam menyikapi masalah tersebut.

Meningkatkan budaya literasi akan membuat kamu berpikir kritis sebelum menindaklanjuti suatu topik permasalahan, baik dari lingkungan maupun buku teks. Sehingga semakin baik kemampuan literasi kamu, semakin tinggi pula kemampuanmu dalam menyingkapi fenomena sosial yang terjadi di sekitar.

Sekarang kamu sudah tahu kan pentingnya budaya literasi Bahasa Indonesia? Oleh karena itu kini saatnya kamu mempelajari literasi lebih jauh dan baik lagi guna memiliki kemampuan yang mumpuni.

Kamu bisa mempelajarinya melalui bimbel literasi Bahasa Indonesia dari kami Bintang Pelajar. Kami akan membantumu mewujudkan kemampuan literasi yang baik guna meningkatkan penilaian siswa di sekolah.

 

Sumber :

1 2 3 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak