PTN Sistem Informasi Terbaik di Indonesia
Jurusan Sistem Informasi PTN Terbaik

Bagikan :

PTN Sistem Informasi

 

Program studi atau jurusan Sistem Informasi menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia. Pasalnya, di era yang serba digital, kebutuhan akan tenaga ahli di bidang ini meningkat pesat. Banyak yang percaya jika masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan jurusan Sistem Informasi, maka peluang untuk bekerja pun meningkat.

Sebagaimana keahlian di bidang ini dibutuhkan banyak perusahaan masa kini, seperti halnya perusahaan startup. Apakah kamu salah satu yang berencana berkuliah di jurusan Sistem Informasi? Jika iya, kamu bisa intip informasi lengkap PTN Sistem Informasi terbaik di sini!

Daftar PTN Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

 

  1. Universitas Indonesia

Universitas Indonesia (UI) adalah salah satu PTN Sistem Informasi dengan akreditasi A pada BAN-PT. UI memiliki tiga program pada jurusan Sistem Informasi, di antaranya yaitu, S1 kelas reguler, S1 kelas paralel, dan S1 ekstensi (khusus bagi lulusan D3).

Kurikulum yang diajarkan meliputi dasar ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi informasi beserta penyeimbangan aspek pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan sistem informasi.

Melalui kurikulum ini, mahasiswa diharapkan mampu dan terampil dalam merancang dan menemukan program, serta mampu memahami berbagai komponen sistem informasi penting lainnya.

Selain itu, di UI, mahasiswa juga dibekali dengan berbagai soft skill sebagai bekal bagi mahasiswa di dunia kerja.

  1. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Sebagaimana yang kita ketahui, ITS menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia, termasuk jurusan Sistem Informasi. Kamu juga tidak perlu khawatir, jurusan Sistem Informasi ITS telah tercatat dengan akreditasi yang cukup baik di BAN-PT.

Perguruan tinggi yang berlokasi di Surabaya ini memfasilitasi mahasiswanya untuk mempelajari pemodelan proses bisnis hingga pengembangan dan manajemen informasi.

Bukan hanya itu, para mahasiswa juga dibekali dengan berbagai softskill seperti di antaranya, creative thinking, leadership, dan juga kerja sama dalam tim, dimana hal ini sangat diperlukan bagi mahasiswa untuk mencapai kesuksesan masa depan.

 

  1. UIN Syarif Hidayatullah

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah meraih akreditasi A dari BAN-PT dan akreditasi internasional dari Asean University Network Quality Assurance, sehingga tidak perlu diragukan lagi jika kualitas yang diberikan pun pasti unggulan.

Bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan Sistem Informasi, UIN Syarif Hidayatullah patut kamu jadikan pilihan.

Lulusan Sistem Informasi pada universitas Islam ini cenderung mencetak alumni sebagai system analyst, namun tidak menutup kemungkinan pula jika lulusannya bisa menjadi seorang UX designer, developer, project manager, dan berkarir di berbagai bidang lainnya.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya juga bisa menjadi salah satu list PTN Sistem Informasi yang harus masuk dalam list pilihanmu!

Jurusan Sistem Informasi di Universitas Brawijaya  berfokus pada peningkatan kemampuan manajerial teknologi Sistem Informasi serta sumber daya manusia. Dimana lulusan dari jurusan ini diharapkan mampu mengakomodir kebutuhan informasi yang semakin pesat.

  1. Universitas Negeri Surabaya (UNESA)

Selain ITS, bagi kamu yang ingin berkuliah di jurusan Sistem Informasi di Surabaya, kamu bisa mempertimbangkan UNESA sebagai PTN pilihanmu. Jurusan Sistem Informasi yang telah berdiri sejak 2015 ini berada  di bawah Fakultas Teknik.

  1. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Program studi Sistem Informasi di UNNES adalah jurusan dengan jenjang S1 yang berada di bawah naungan Jurusan Ilmu Komputer.

Mahasiswa lulusan program studi ini diharapkan dapat menjadi tenaga ahli muda yang profesional dan terampil dalam hal pengembangan, pemanfaatan, dan pengelolaan Sistem Informasi dalam suatu organisasi.

Hal-hal yang Wajib Dipersiapkan Sebelum Masuk PTN Sistem Informasi

PTN dengan jurusan banyak peminat tentunya memiliki pesaing yang banyak. Nah, agar kamu mampu bersaing dengan mereka, kamu perlu mempersiapkan beberapa hal berikut agar diterima di PTN Sistem Informasi.

Belajar Coding

Kamu perlu mengasah kemampuan coding mulai dari sekarang. Pasalnya, di jurusan ini kamu akan menjumpai tugas dan kegiatan yang berkaitan dengan coding. Jangan sampai nanti ketika perkuliahan dimulai, kamu keteteran mempelajarinya,

 

Persiapkan Kemampuan Matematika yang Cukup

Jika kamu ingin berkuliah di jurusan Sistem Informasi, salah satu pelajaran yang harus kamu sukai yaitu Matematika, jurusan ini berkaitan erat dengan Matematika.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari berkaitan dengan statistic. Kalkulus, aljabar, dan matematika diskrit.

Tak perlu  khawatir, kamu bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang, salah satu yang bisa dilakukan dalam meningkatkan kemampuan Matematika kamu yaitu dengan mengikuti Bimbingan Belajar.

 

Mengasah Logika

Sebagaimana matematika, logika juga memiliki peran penting dalam bidang komputer. Pasalnya, kemampuan logika menjadi dasar pemahaman ilmu pemrograman, struktur data, dan kecerdasan buatan.

Disamping itu. Logika juga dibutuhkan dalam mempelajari sistem digital, rekayasa perangkat lunak, basis data, dan teori komputerisasi.

Kamu bisa mengasah kemampuan logika dengan mendengarkan musik dan berjemur di pagi hari. Dimana supply vitamin D ketika berjemur salah satu fungsinya yaitu dapat meningkatkan kapasitas otak sehingga lebih kreatif dan aktif.

 

Melatih Kemampuan Analisis

Keterampilan analisis menjadi salah satu yang dibutuhkan ketika kamu masuk di jurusan Sistem Informasi, yaitu ketika mempelajari analisis data dan manajemen proyek.

 

Persiapkan Laptop dan Perangkat Pendukungnya

Tak bisa dipungkiri jika jurusan Sistem Informasi sudah pasti memerlukan laptop dan berbagai perangkat pendukungnya. Artinya, laptop wajib kamu miliki sebagai mahasiswa jurusan ini.

Tidak perlu membeli laptop yang mahal, cukup perhatikan spesifikasi dan fungsinya. Minimal siapkan laptop yang memiliki kapasitas RAM 4GB dan kapasitas penyimpanan yang cukup besar. Hal ini dikarenakan banyak perangkat lunak maupun aplikasi yang akan digunakan pada laptop kamu.

 

Melatih Kemampuan Leadership

Kamu bisa melatih sisi kepemimpinan dalam diri sebelum memasuki dunia perguruan tinggi, dimana kamu akan bertemu dengan orang-orang baru dengan karakter dan sifat yang beraneka ragam.

Terkadang kamu akan dihadapkan dengan beberapa masalah yang perlu diselesaikan dengan jiwa yang besar.  Agar dapat menghadapi hal-hal in, kamu bisa mulai melatih sikap disiplin, menurunkan ego, serta belajar menerima perbedaan di lingkungan sekitarmu.

 

Belajar Bahasa Pemrograman

Salah satu mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Sistem Informasi yaitu Bahasa Pemrograman, agar kamu bisa lebih mudah dalam memahami mata kuliah ini, mulai sekarang kamu perlu mempelajari dasar-dasar pemrograman di sebuah lembaga kursus atau dengan membaca referensi berupa buku dan media yang mendukung.

Kamu bisa mulai mempelajari istilah-istilah penting dalam Bahasa Pemrograman dan jenis-jenisnya. Misal, contoh Bahasa Pemrograman untuk website, seperti PHP, Python, Ruby, dan Javascript, dan istilah-istilah lainnya.

 

Mengikuti Program Kursus Masuk PTN Favorit

Tips selanjutnya jika ingin diterima di PTN Sistem Informasi yang kamu dambakan yaitu dengan mengikuti program kursus masuk PTN.  Program ini dirancang untuk menyukseskan siswa dalam menghadapi seleksi masuk PTN favorit.

Kamu akan dibekali dengan materi-materi yang berkaitan dengan soal-soal tes UTBK beserta metodologi penyelesaian soalnya yang tidak banyak dipelajari di sekolah.

Materi, latihan-latihan, dan metode penyelesaian inilah yang nantinya akan memudahkan kamu ketika menjawab soal UTBK, hingga mampu meraih score tinggi dan diterima di PTN Sistem Informasi impianmu. Salah satu tempat kursus yang bisa membantu terwujudnya impianmu ini yaitu Bimbel Bintang Pelajar.

Ada dua program yang tersedia dalam program kursus persiapan masuk Perguruan Tinggi dari Bimbel Bintang Pelajar, yaitu paket bidang studi saintek dan soshum. Bagi kamu yang memilih PTN Sistem Informasi, kamu bisa mendaftarkan diri di program paket bidang studi saintek. Informasi selengkapnya bisa menghubungi kontak kami.

 

Referensi

1 2 3

===

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak