PTN Teknik Terbaik di Indonesia: Seleksi Masuk & Rekomendasi untuk Kamu

Bagikan :

PTN Teknik Terbaik

===

Seleksi masuk perguruan tinggi negeri sudah di depan mata. Berbeda dengan seleksi tahun-tahun sebelumnya, ada perubahan yang cukup signifikan dengan cara penyeleksian mahasiswa baru pada tahun 2023. Hal tersebut diungkapkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada acara peluncuran Merdeka Belajar Episode ke-22 yang dilakukan secara daring.

Salah satu jurusan yang tidak pernah sepi peminat adalah jurusan teknik. Di Indonesia sendiri ada banyak PTN teknik terbaik yang memberikan pembelajaran dan pengetahuan yang bagus. Bagi siswa yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri  teknik terbaik harus benar-benar mengetahui dan peraturan seleksi PTN terbaru. Inilah informasi jalur masuk ke PTN pada tahun 2023.

Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru PTN Teknik Terbaik 2023

Secara umum, akan ada tiga jalur seleksi perguruan tinggi negeri yaitu seleksi nasional berdasarkan prestasi, seleksi nasional berdasarkan tes, dan seleksi secara mandiri oleh PTN. Murid harus lebih mempersiapkan untuk bisa lolos masuk ke PTN favorit kamu. Apalagi untuk kamu yang ingin melanjutkan jurusan ke program teknik, dimana jurusan ini selalu diminati banyak siswa.

Penjelasan lebih detail mengenai jalur seleksi PTN bisa kamu dapatkan melalui informasi berikut ini.

Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)

Jalur seleksi ini adalah versi terbaru dari SNMPTN yang telah digunakan pada tahun sebelum-sebelumnya. Tentunya ada beberapa ketentuan dan peraturan yang diubah dalam seleksi nasional berdasarkan prestasi pada tahun 2023, mulai dari perhitungan peringkat nilai mata pelajaran, lintas jurusan, dan lain-lain.

Pada tahun 2023, seleksi nasional berdasarkan prestasi memperbolehkan siswa untuk lintas jurusan. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang tidak memperbolehkan siswa untuk mendaftar lintas jurusan. Selain itu, semua mata pelajaran akan diperhitungkan untuk menentukan peringkat nilai mata pelajaran. Tidak sama dengan tahun sebelumnya yang hanya menggunakan mata pelajaran sesuai jurusan saja.

Berarti semua mata pelajaran yang diajarkan bisa berpengaruh terhadap seleksi jalur ini. Komposisi nilai semua mata pelajaran yang diperhitungkan melalui skema ini adalah maksimal 50%, sedangkan untuk dua mata pelajaran pendukung, lomba, dan portofolio maksimal 50% untuk perhitungan peringkat nilai yang digunakan untuk jalur seleksi ini.

 

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)

Jalur seleksi masuk perguruan tinggi nasional selanjutnya adalah seleksi nasional berdasarkan tes. Jalur ini merupakan versi pembaruan dari SBMPTN yang sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Pada seleksi nasional berdasarkan tes, hanya akan ada satu tes saja, yaitu tes skolastik yang akan mengukur kemampuan siswa dalam hal potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Tentu hal tersebut berbeda dengan SBMPTN yang menggunakan dua jenis tes yaitu tes skolastik dan tes kemampuan akademik. Tes untuk seleksi nasional PTN pada tahun 2023 ini digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam bernalar, problem solving, kemampuan berlogika dan teks secara mendalam.

 

Seleksi Secara Mandiri oleh PTN (Ujian Mandiri)

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, seleksi jalur mandiri oleh PTN juga diadakan pada tahun 2023. Bedanya, pada tahun ini seleksi masuk jalur mandiri ini akan diadakan lebih transparan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Pasalnya terdapat mekanisme dan standarisasi yang diatur oleh pemerintah terkait dengan seleksi jalur ini.

Pada tahun 2023, seleksi melalui jalur mandiri ini PTN wajib untuk mengumumkan berapa jumlah siswa yang diterima, metode pembelajaran, dan besaran biaya atau metode penghitungan biaya. Selain itu, terdapat waktu sanggah selama 5 hari setelah diumumkannya hasil seleksi jalur mandiri ini.

Tiga jalur seleksi untuk penerimaan mahasiswa baru ini adalah cara agar kamu bisa masuk PTN Teknik terbaik di Indonesia. Oleh karena itu, meskipun dari pihak kementerian sudah memberitahu untuk tidak mengikuti bimbel untuk masuk PTN, tapi alangkah lebih baiknya kamu mempersiapkan diri untuk dengan bimbel berkualitas agar bisa bersaing dengan calon mahasiswa lainnya.

 

5 Rekomendasi PTN Teknik Terbaik di Indonesia

Jurusan teknik menjadi salah satu jurusan yang banyak peminatnya. Tak heran jika banyak calon mahasiswa yang berjuang dengan maksimal untuk bisa masuk ke jurusan teknik di perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Bagi kamu yang tertarik untuk masuk ke jurusan ini, maka kamu wajib tahu rekomendasi PTN teknik terbaik di Indonesia. Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

1.       Institute Teknologi Bandung

Siapa yang tidak tahu tentang Institute Teknologi Bandung ini. Banyak nama-nama besar di Indonesia baik tokoh penting, walikota, maupun public figure yang merupakan alumni dari universitas ini.

Menurut Survey dari Times Higher Education World University Rankings 2022, ITB menempati peringkat utama sebagai kampus teknik terbaik di Indonesia. Kampus yang terletak di Kota Bandung ini punya banyak jurusan teknik yang bisa dipilih oleh calon mahasiswanya yaitu teknik elektro, teknik komunikasi, teknik informatika, teknik biomedis. teknik kelistrikan, dan lain-lain.

2.      Universitas Indonesia

Universitas Indonesia didirikan pada tahun 1849. Kampus ini telah terkenal di seluruh Indonesia dan merupakan salah satu kampus yang bergengsi dan terbaik di Indonesia. Universitas Indonesia menempati peringkat 2 sebagai kampus teknik terbaik di Indonesia berdasarkan hasil dari lembaga pemeringkatan dunia Times Higher Education World University Rankings 2022.

3.      Universitas Gadjah Mada

Rekomendasi perguruan tinggi negeri dengan jurusan teknik terbaik selanjutnya adalah Universitas Gadjah Mada. Kampus yang terletak di Kota Jogja ini menjadi salah satu PTN terbaik yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Jurusan teknik yang tersedia di PTN ini adalah teknik geologi, teknik kimia, teknik mesin dan industri, dan jurusan teknik lainnya.

Kampus ini menjadi salah satu kampus yang menyediakan pembelajaran yang terbaik di Indonesia. Buktinya, kampus ini menempati peringkat ke-3 sebagai kampus jurusan teknik terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings 2022.

4.      Universitas Sebelas Maret

Rekomendasi kampus dengan jurusan teknik terbaik selanjutnya adalah Universitas Sebelas Maret. Kampus yang terletak di Kota Solo ini mempunyai beberapa jurusan teknik yang bisa kamu pilih. Tentunya fasilitas dan metode pembelajaran di kampus ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kampus ini ada di peringkat ke-4 sebagai kampus dengan jurusan teknik terbaik di Indonesia versi Times Higher Education World University Rankings 2022.

5.      Institute Teknologi Sepuluh Nopember

Institute Teknologi Sepuluh Nopember menjadi rekomendasi kampus dengan jurusan teknik terbaik di Indonesia. Kampus ini terletak di daerah Surabaya dan telah didirikan sejak tahun 1957. Kampus ini berada di peringkat 5 menurut Times Higher Education World University Rankings 2022 untuk kategori kampus dengan jurusan teknik di Indonesia.

itulah informasi tentang jalur penerimaan mahasiswa dan rekomendasi PTN teknik terbaik di Indonesia. Untuk kamu yang sedang mencari bimbel online dan offline berkualitas dengan metode pembelajaran terbaik bisa memilih Bintang Pelajar yang sudah dipilih oleh 10.000 siswa lebih di seluruh Indonesia. Wujudkan impianmu ke PTN Favorit dengan bimbel Bintang Pelajar.

===

 

Referensi :

1 2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak