Rahasia Anti Gagal Masuk PTN Jalur Tes Mandiri

Bagikan :

 

PTN Jalur Tes Mandiri

 

===

Nampaknya, hampir semua siswa pasti ingin masuk ke PTN favorit, ya. Nah, untuk dapat masuk ke PTN impian, tersedia 3 jalur seleksi yang bisa diikuti, yaitu SNBP, SNBT, dan Jalur Mandiri. Kamu bisa mencoba jalur SNBP yang hanya menggunakan nilai rapor. Namun jika belum lolos, jalur SNBT juga bisa dicoba. Belum lolos juga? Jangan bersedih dulu! Masuk PTN jalur tes mandiri masih terbuka lebar kok.

Jalur tes mandiri adalah seleksi PTN yang diadakan oleh Universitas secara mandiri. Metode seleksi jalur mandiri juga berbeda dengan SNBP dan SNBT. Biasanya, ada tes khusus yang dibuat oleh PTN. Namun, ada juga yang menggunakan nilai rapor, prestasi akademik/non akademik, atau nilai UTBK. Ini semua tergantung Universitasnya.

5 Informasi Penting Seputar Masuk PTN Jalur Tes Mandiri

Masuk PTN jalur tes mandiri dilaksanakan tidak serentak oleh kampus-kampus di seluruh Indonesia. Pasalnya, jalur ini memang diselenggarakan mandiri oleh PTN masing-masing. Supaya semakin paham mengenai seluk beluk jalur mandiri ini, maka simak beberapa informasi penting berikut ini:

 

1.       Jalur Mandiri Merupakan Alternatif Terakhir

Jalur mandiri merupakan seleksi yang ditempuh apabila kamu tidak lolos pada SNBP dan SNBT. Jadi, jalur ini adalah opsi terakhir untuk masuk ke PTN favorit. Untuk itu, persiapkan dirimu dengan matang supaya bisa mengikuti jalur mandiri dengan baik. Meski saat tidak lolos SNBP dan SNBT masih bisa mencoba lagi tahun depan, namun apa salahnya mencoba jalur mandiri ini.

 

2.      Memiliki Kuota yang Paling Besar

Seleksi jalur mandiri memiliki kuota yang paling besar daripada seleksi SNBP dan SNBT. SNBP yang melalui jalur undangan atau prestasi memiliki kuota 20%. Sedangkan SNBT yang menempuh UTBK memiliki kuota 30%. Maka, jalur mandiri membuka kesempatan yang lebih besar, yaitu dengan kuota 50%. Kabar gembiranya, peminat pada jalur ini tak sebanyak jalur lainnya, lho.

 

3.      Memiliki Soal Tes yang Lebih Sulit

Walaupun kuotanya paling banyak dan peminatnya masih sedikit, namun bukan berarti jalur ini mudah untuk ditempuh, ya. Justru ujian di jalur ini malah lebih sulit daripada SNBT. Mengingat jalur mandiri adalah opsi terakhir masuk PTN, maka mempersiapkan diri dengan baik adalah sebuah keharusan. Jangan pernah meremehkan jalur ini, jika tak mau menyesal.

4.      Biaya Pendaftaran dan Pendidikan Lebih Mahal

Nah, informasi keempat ini sangat perlu dijadikan bahan pertimbangan, yaitu mengenai biaya. Biasanya, biaya pendaftaran jalur mandiri lebih mahal daripada jalur SNBP dan SNBT. Tak hanya itu, biaya pendidikannya pun juga relatif lebih mahal. Jika kamu memutuskan untuk masuk PTN melalui jalur ini, maka manfaatkan kesempatan emas ini dengan sungguh – sungguh, ya!

5.      Sistem dan Waktu Penyelenggaraan Ujian Berbeda-beda

Mengingat jalur mandiri adalah seleksi yang diselenggarakan sendiri oleh Universitas, maka sistem ujiannya pun berbeda-beda. Ada yang menggunakan tes khusus, prestasi akademik, non akademik, nilai rapor, atau nilai UTBK. Sedangkan, waktu penyelenggaraannya pun juga tidak serentak. Pastikan kamu selalu update informasi tentang jalur mandiri di Universitas pilihanmu.

 

Tips Sukses Lolos PTN Jalur Tes Mandiri

Tentu kamu tidak ingin gagal lagi di opsi terakhir ini, bukan? Maka di kesempatan ini, pastikan kamu memanfaatkan jalur mandiri dengan baik, ya. Lakukan beberapa persiapan dengan matang supaya seleksi berjalan lancar dan peluang lolos lebih besar. Berikut beberapa tips sukses masuk PTN jalur tes mandiri:

> Mencari Informasi Lengkap Tentang Jalur Mandiri

Mengingat jalur ini diselenggarakan mandiri oleh Universitas, maka kamu harus rajin mencari informasi tentang jadwal pelaksanaan, daya tampung, jurusan mana yang peminatnya sedikit, dan lain-lain. Pastikan kamu tidak melewati satu pun informasi dari PTN favorit, ya!

> Mempersiapkan Fisik

Mempersiapkan kondisi badan saat menjelang ujian adalah hal yang penting. Jaga kesehatan badan supaya tidak sakit saat jadwal ujian berlangsung, ya. Makanlah makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, dan tidak terlalu stress bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu.

> Mempersiapkan Mental

Persiapan yang tak kalah penting adalah mempersiapkan mental dengan baik. Latihlah dirimu untuk bersikap tenang dan tidak gugup. Hal ini sangat penting untuk menghindari pikiran blank  saat mengerjakan soal ujian. Jangan lupa perbanyak doa dan minta restu kepada kedua orang tua, ya!

> Rajin Belajar dan Mengikuti Bimbingan Belajar

Sebelum menghadapi ujian, rajin mengerjakan latihan soal adalah sebuah keharusan. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti bimbingan belajar di Bintang Pelajar supaya makin siap menghadapi ujian. Dengan ikut bimbel, kamu bisa lebih mudah memahami materi-materi yang akan diujikan. Hal ini juga membuka peluang lolos yang lebih besar. Tertarik?

Bintang Pelajar: Solusi Belajar Nyaman dan Menyenangkan

Daripada kamu pusing-pusing belajar sendiri, bukannya makin paham, malah jadi makin stress. Lebih baik bergabung saja dengan bimbingan belajar Bintang Pelajar. Bintang Pelajar adalah bimbingan belajar yang berkomitmen untuk menghasilkan siswa-siswi yang tak hanya berprestasi, namun juga berakhlak mulia.

Bintang Pelajar berdiri sejak tahun 1995 dan sudah membimbing kurang lebih 114.600 siswa. Dengan berbekal pengalaman selama puluhan tahun, Bintang Belajar menyediakan program belajar unggulan yang dapat menunjang kesuksesan siswa. Tak hanya itu, Bintang Pelajar juga menerapkan sistem manajemen Islami dengan pemahaman Salafus Shaleh.

Berikut beberapa keunggulan Bintang Pelajar yang bisa kamu dapatkan:

  1. Suasana proses belajar mengajar nyaman dan kondusif.
  2. Bisa belajar dengan fokus dan interaktif.
  3. Interaksi antara guru dengan siswa menjadi lebih intens.
  4. 1 siswa diawasi dan dibimbing oleh 1 guru.
  5. 1 kelas hanya terdiri dari 5 orang.

Tak hanya mengedepankan program belajar akademik saja, Bintang Pelajar juga menerapkan sistem pembinaan akidah dan akhlak bagi para siswa, sebagai berikut:

  1. Wajib menutup aurat.
  2. Membiasakan sholat tepat waktu dan berjamaah.
  3. Menyediakan layanan pembinaan akhlak bagi para siswa.
  4. Menyediakan layanan konsultasi keislaman.
  5. Menyediakan kegiatan pesantren kilat, parenting islami, dan lain-lain.

Bintang Pelajar juga dilengkapi dengan guru pembimbing yang sudah tidak perlu diragukan lagi kemampuannya. Selain itu, kurikulum yang digunakan juga sesuai dengan sekolah dan Dinas Pendidikan. Bintang Pelajar mampu membantu siswa untuk lebih siap menghadapi ujian harian, semesteran, bahkan ujian seleksi sekolah pada jenjang yang lebih tinggi.

Selain itu, ada beberapa hal yang menjadi target Bintang Pelajar dalam menyediakan bimbingan belajar bagi para siswa, yaitu:

  1. Nilai ulangan harian dan rapor baik.
  2. Masuk ke sekolah lanjutan yang favorit atau PTN impian.
  3. Paham rukun iman dan rukun Islam.
  4. Paham cara beribadah sesuai sunnah.
  5. Paham ada sehari-sehari sebagai seorang muslim.

Bintang Belajar menyediakan program belajar yang ditujukan untuk siswa SD (kelas 4 – 6), SMP, dan SMA. Setiap tingkatan terdiri dari beberapa program yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan mengunjungi website Bintang Pelajar dan temukan program belajar terbaik untuk kamu!

 

Sumber:

1 2 3

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak