Simak Tips Memilih Prodi PTN yang Sesuai Minat dan Bakat

Bagikan :

Tips Memilih Prodi PTN

===

Memilih prodi PTN memang hal yang tidak mudah. Untuk itu, kamu memerlukan tips memilih prodi PTNnya, agar tidak salah mengambil jurusan kuliah. Dalam pemilihannya, kamu harus mempertimbangkan kecocokan dengan minat dan bakat kamu, serta kamu juga harus mengimbanginya dengan bakat. Untuk mengetahui kecocokan keduanya, maka kamu perlu mengetahui kemampuan/skill terlebih dahulu sebelum memilih prodi PTN yang diinginkan.

Kamu bisa menyesuaikan minat dengan bakat yang kamu miliki saat akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. Mengingat saat ini juga diterapkan beberapa perubahan kurikulum penerimaan calon mahasiswa yang mungkin membuat kamu akan sedikit kebingungan. Oleh karena itu, dibutuhkan juga beberapa tips memilih prodi PTN yang paling cocok.

 

Tips Memilih Prodi PTN yang Sesuai Minat dan Bakat

 

Adanya perubahan kurikulum juga mempengaruhi kebijakan tes masuk PTN di tahun ini. Dengan kebijakan terbaru yakni, para calon mahasiswa atau peserta hanya mengerjakan Tes TPS Kemampuan Skolastik (TPS).

Selain itu, peserta tes juga harus betul-betul memahami tesnya. Dimana tes ini berisi penalaran-penalaran, sehingga menimbulkan banyak pertanyaan apakah pemilihan prodi bisa dilakukan dengan tes penalaran saja? Jawabannya, tentu saja bisa. Sebab, penalaran yang kamu lakukan akan menunjukkan kemampuan yang kamu miliki. Apalagi jika kamu menerapkan tips di bawah ini.

 

1.       Mengenali Minat dan Bakat yang Dimiliki

Proses mengenali bakat dan minat dapat kamu lakukan jauh-jauh hari sebelum memilih prodi di PTN favorit. Kamu juga bisa meminta bantuan orang lain yang sudah ahli untuk berkonsultasi, apakah minat tersebut memang cocok dengan bakat yang kamu miliki.

2.      Memiliki Pandangan Karir yang Akan Dicapai di Masa Depan

Setidaknya sebelum memasuki dunia kuliah, kamu juga harus memiliki pandangan karir untuk masa depan. Dengan demikian, kamu dapat memilih prospek program studi yang sesuai.

3.      Melakukan Riset Berbagai Prodi yang Kamu Inginkan

Melakukan riset sederhana terkait prodi yang kamu inginkan merupakan salah satu langkah yang baik. Metode tersebut dapat kamu lakukan melalui bantuan internet. Beberapa informasi yang kamu butuhkan untuk hal tersebut antara lain, jenis mata kuliah yang akan dipelajari, daya tampung, serta prospek karirnya.

Dengan melakukan riset tersebut, maka akan menghindari adanya kasus salah jurusan. Sebab, kamu sudah mengetahui terlebih dahulu kemampuan apa saja yang perlu dipersiapkan ketika masuk prodi tersebut.

4.      Berkonsultasi dengan Orang yang Berpengalaman

Jika kamu sudah melakukan tiga tips di atas, kamu bisa melengkapinya dengan berkonsultasi. Konsultasi akan memberi kesempatan bagi kamu berdiskusi dan mendapat saran terbaik.

Proses konsultasi tersebut dapat kamu lakukan bersama dengan orang terdekat, seperti orang tua, kakak, atau kakak kelas. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan orang yang sudah berpengalaman, sehingga mampu menganalisis serta memberi saran terbaik.


5.     
Mempertimbangkan Biaya Kuliah

Biaya menjadi hal penting yang digunakan untuk mendukung kelancaran perkuliahan. Kamu juga perlu mendiskusikan biaya prodi yang dipilih dengan orang tua/wali. Dengan demikian, tidak akan terjadi kendala biaya jika suatu saat kamu sudah memulai perkuliahan di prodi tersebut.

Itulah tips memilih prodi PTN yang perlu kamu perhatikan. Tips tersebut dapat kamu terapkan supaya tidak salah saat memilih prodi. Melakukan riset sederhana juga dapat membantu kamu mempersiapkan materi yang dibutuhkan untuk bekal masuk prodi yang diinginkan.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Tips Memilih Prodi PTN

Terdapat beberapa hal yang dapat dipersiapkan jika kamu ingin tips memilih prodi PTN di atas tidak sia-sia. Salah satu persiapan yang dapat kamu lakukan yaitu dengan rajin belajar. Namun, masih ada beberapa hal lain yang perlu kamu persiapkan agar sukses memilih prodi PTN.

 

Menggunakan Jalur Seleksi yang Tepat

Seperti yang telah diketahui, bahwa tahun ini pemerintah menetapkan 2 jalur masuk PTN. Pertama yaitu menggunakan jalur prestasi dan yang kedua menggunakan jalur tes. Setiap jalur tersebut tentunya memiliki persyaratan dan karakteristik masing-masing.

Dengan ditetapkannya dua jalur tersebut, kamu bisa memilih mana yang bisa kamu ikuti. ika kamu memiliki prestasi tinggi bagian akademik maupun non akademik, maka bisa mencoba menggunakan jalur yang satu ini.

Sebagai contoh, kamu memiliki prestasi yang tinggi di bidang seni budaya. Dalam mata pelajaran tersebut kamu juga memiliki ketertarikan yang cukup tinggi. Maka, kamu bisa mencoba jalur prestasi untuk masuk ke Prodi Seni di PTN pilihan.

Mengenali Potensi yang Dimiliki

Potensi atau skill yang kamu miliki dapat kamu gunakan untuk memilih prodi yang cocok. Beberapa penelitian menyatakan bahwa kegagalan seseorang masuk PTN tidak selalu disebabkan karena kurang pintar, tapi kurangnya strategi. Oleh karena itu, terus gali potensi diri kamu sebelum memilih prodi PTN yang diinginkan.

Memperbanyak Latihan Soal

Apabila kamu telah menentukan jalur seleksi yang dipilih, jangan lupa untuk mempersiapkannya dengan matang. Jika kamu tidak memiliki kesempatan untuk masuk prodi PTN dengan jalur prestasi, maka bisa mencobanya dengan jalur tes.

Untuk mempersiapkan tes masuk PTN ini, kamu dapat terus melatih mental. Tujuannya agar tidak kaget ketika menghadapi tes yang mungkin saja terasa asing bagi kamu. Salah satu hal yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memperbanyak latihan soal. Latihan soal ini bisa kamu dapatkan juga dengan mengikuti bimbel.

Mengapa perlu bimbel? Sebab tidak dapat dipungkiri juga bahwa sekolah tidak banyak mengajarkan materi yang berkaitan dengan tes masuk PTN. Dengan demikian, materi tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengikuti bimbel.

Memahami Prosedur yang Ditetapkan

Tanpa memahami prosedur yang telah ditetapkan, maka usaha kamu akan sia-sia. Memahami prosedur dan melaksanakannya dengan tertib akan melatih rasa tanggung jawab dan disiplin. Oleh karena itu, pastikan jika kamu selalu memperhatikan jadwal, mulai dari pendaftaran hingga tanggal ujian.

Mengerjakan Tes dengan Maksimal Disertai Doa

Jika langkah-langkah di atas telah kamu lakukan, maka langkah terakhir yaitu dengan mengerjakan tes sesuai prosedur. Selain itu, usahakan untuk selalu menjawab soal dengan maksimal sesuai dengan ilmu yang telah dipelajari.

Setelah semua soal dan prosedur dilakukan dengan penuh tanggung jawab, serahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa. Hasil yang terbaik akan datang jika kamu mengawali dan mengakhirinya dengan doa.

 

Demikianlah langkah dan tips memilih prodi PTN agar sukses. Kamu bisa menerapkannya dengan maksimal supaya mendapatkan hasil terbaik. Namun, tahukah kamu bagaimana agar usaha yang kamu lakukan mendapat hasil yang lebih maksimal?

Supaya kamu bisa mendapatkan soal-soal latihan yang berkualitas, maka tidak ada salahnya mengikuti program bimbel. Bimbel ini juga akan membantu kamu memonitoring hasil, sehingga bisa dilakukan evaluasi dan analisis minat serta bakat yang cocok.

Melalui program bimbel, kamu juga bisa mendapatkan layanan konsultasi bersama orang-orang yang sudah berpengalaman. Dengan berkonsultasi inilah, maka kamu akan mendapatkan arahan yang tepat.

Salah satu tempat bimbel yang bisa kamu pilih adalah Bintang Pelajar. Kami menyediakan paket bimbingan, baik secara online maupun offline. Program-program yang kami sediakan telah terbukti mampu memberikan lulusan terbaik yang berakhlak mulia.

Dengan menerapkan tips memilih prodi PTN yang sesuai minat dan bakat siswa, kami siap membantu mewujudkannya. Sebab, telah terbukti banyak lulusan kami yang bisa tembus PTN favorit. Segera daftarkan diri kamu untuk mendapatkan penawaran menarik!

===

 

 

Sumber:

1 2 3

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak