Sukses Masuk Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Ternama Melalui Bimbel PTN
sukses-masuk-jurusan-administrasi-bisnis-universitas-ternama-melalui-bimbel-ptn

Bagikan :

Jurusan administrasi bisnis termasuk jurusan dengan peminat yang paling banyak. Pada beberapa kampus, jurusan ini dikenal sebagai administrasi niaga. Untuk masuk jurusan ini, kamu harus mempersiapkannya dengan baik, misalnya mengikuti bimbel PTN.

Bimbel PTN: Mengenal Jurusan Administrasi Bisnis

  • Seputar Administrasi Bisnis

Dari namanya, apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar jurusan administrasi bisnis atau administrasi niaga? Sekilas dapat dipahami jurusan ini berhubungan dengan hal-hal keadministrasian di bidang bisnis.

Secara lebih mendalam, administrasi bisnis adalah jurusan yang mempelajari tentang kegiatan operasional perusahaan atau organisasi bisnis. Adapun kegiatan operasional ini meliputi pengelolaan keuangan, produksi, SDM, pemasaran, dan sebagainya.

Adapun keahlian yang dikuasai antara lain kemampuan manajerial, kemampuan berpikir strategis, kemampuan analisis, kemampuan mengelola organisasi, kemampuan komunikasi, dan sebagainya.

Lulusan administrasi bisnis bisa menjadi staff bidang bisnis yang profesional. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan lulusan jurusan ini sukses menjadi entrepreneur yang berhasil.

Tentu tidak mudah masuk dan menempuh perkuliahan di jurusan ini. Dalam setiap langkah perjuangan, kamu harus mempersiapkannya dengan baik. Belajar dengan giat, latihan soal, atau bahkan bimbel Perguruan Tinggi Negeri menjadi cara yang dapat kamu tempuh.

  • Mata Kuliah Jurusan Administrasi Bisnis

Bimbel Perguruan Tinggi Negeri akan mengantarkanmu menjadi mahasiswa administrasi bisnis seiring dengan sikap kerja kerasmu dalam belajar. Nah ketika sudah masuk jurusan ini, beragam mata kuliah menarik akan kamu pelajari.

Mahasiswa administrasi bisnis banyak belajar mengenai cara mengelola perusahaan dengan baik. Misalnya dari segi perencanaan, produksi, pemasaran, keuangan, dan sebagainya. Berikut sebagian kecil mata kuliah yang akan kamu pelajari.

  • Pengantar ilmu administrasi bisnis
  • Statistik bisnis
  • Dasar akuntansi
  • Manajemen pemasaran
  • Pengantar corporate governance
  • Manajemen operasi
  • Azas-azas manajemen
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Akuntansi manajemen
  • Internal audit
  • Keuangan bisnis
  • Digital marketing
  • Perpajakan
  • Manajemen risiko
  • Investasi dan portofolio
  • Startup dan business plan
  • Kepemimpinan bisnis
  • Dan lain-lain.

Deretan mata kuliah tersebut pasti menarik untuk dipelajari ketika kamu memiliki minat di bidang ini. Jadi, pastikan sebelum memilih jurusan, kamu melakukan riset mata kuliahnya dahulu ya!

  • Prospek Kerja Lulusan Administrasi Bisnis

Sarjana administrasi bisnis memiliki prospek kerja yang luas seiring dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Adapun prospek kerja lulusan administrasi bisnis di antaranya sebagai berikut.

  • Staf administrasi
  • Staf human resource development (HRD)
  • Staf pemasaran
  • Konsultan bisnis
  • Akademisi
  • Entrepreneur
  • PNS
  • Dan sebagainya.

Tentu saja prospek kerja lulusan administrasi bisnis tidak hanya terbatas pada bidang kerja tersebut. Prospek kerja jurusan ini terbuka sangat luas mengingat ilmu yang dipelajari cukup banyak. Tidak salah jika kamu mengikuti bimbel Perguruan Tinggi Negeri demi mendapatkan jurusan kece ini.

  • Deretan Kampus yang Menawarkan Jurusan Administrasi Bisnis

Deretan universitas ternama menawarkan jurusan administrasi bisnis dengan mata kuliah yang memiliki karakteristik masing-masing. Kampus yang menawarkan jurusan ini diantaranya yaitu Universitas Diponegoro, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Padjadjaran, Universitas Telkom, UPN Veteran Jawa Timur, dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan satu kursi pada kampus-kampus tersebut pastilah tidak mudah. Rata-rata jurusan administrasi bisnis memiliki keketatan 1:30 atau bahkan lebih. Oleh karenanya, kamu harus mempersiapkan SBMPTN dengan baik. Jika masih butuh konsultasi, kamu dapat mengikuti bimbel Perguruan Tinggi Negeri untuk mendapat tambahan pemahaman.

Alasan Kamu Harus Masuk Jurusan Administrasi Bisnis

Jurusan ini layak kamu perjuangkan karena memiliki prospek kerja yang sangat luas, keterampilan yang dikuasai juga kompleks, dan dapat menjadi jalur sukses yang kamu andalkan. Berikut keuntungan yang didapat oleh lulusan jurusan ini. 

  • Bidang Pekerjaan yang Beragam

Seperti yang sudah dipaparkan, lulusan administrasi bisnis dapat bekerja di beragam bidang pekerjaan. Tak salah jika kamu benar-benar berjuang seperti mengikuti bimbel PTN demi mendapatkan kesempatan menjadi mahasiswa jurusan ini.

Dari bidang pekerjaan tersebut, kamu bisa menyesuaikan dengan pasion yang kamu miliki. Jika kamu lebih senang menjadi pengusaha, kamu bisa merintis bisnis bahkan sedari kuliah. Begitu juga jika kamu lebih suka bekerja, kamu bisa mendapatkan bidang pekerjaan profesional asalkan kamu menguasai skill yang dibutuhkan.

  • Tak Hanya Jadi Pebisnis

Sering kali orang menyebut jurusan ini selalu menjadi pebisnis. Dengan kata lain, setiap pebisnis pasti lahir dari jurusan ini. Padahal hal itu tidak sepenuhnya benar loh!

Lulusan administrasi bisnis juga bisa memilih bidang pekerjaan mereka, seperti contohnya menjadi konsultan bisnis, staf marketing, C-level pada perusahaan, dan masih banyak lagi.

  • Pandai Mengelola Organisasi

Selama perkuliahan, kamu banyak belajar mengenai komunikasi bisnis dan pengelolaan organisasi itu sendiri. Misalnya mulai dari sumber daya manusia, keuangan, hingga pemasaran event atau kegiatan.

Ditambah lagi jika selama kuliah kamu mengikuti organisasi sebagai wadah pengembangan diri. Dengan begitu tentu skill jurusan ini dapat langsung kamu terapkan. Kamu juga bisa mendapatkan sharing pengalaman ini melalui guru atau mentor di bimbel PTN Bintang Pelajar loh!

  • Jenjang Karir yang Menjanjikan

Saat bekerja di perusahaan, lulusan administrasi bisnis berpotensi memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Misalnya saat masih fresh graduate kamu baru menjadi staf. Setelah setahun atau beberapa tahun bekerja, kamu bisa naik jabatan menjadi supervisor atau manajer.

Kuncinya kamu harus tetap menjaga dan meningkatkan performa dan attitude selama bekerja. Dengan menjadi karyawan yang baik, tentulah kamu dapat naik jenjang karier.

  • Lanjut S2 Kenapa Tidak?

Alasan selanjutnya mengapa kamu harus memperjuangkan jurusan ini, bahkan dengan persiapan melalui bimbel PTN adalah karena jurusan ini terbuka untuk melanjutkan ke jenjang pascasarjana. Artinya, jika ingin meraih gelar yang lebih tinggi, kamu bisa mengawali kuliah dari jurusan ini.

Adapun untuk jenjang pascasarjana yang bisa kamu masuki antara lain magister manajemen, magister administrasi bisnis, magister ilmu sosial, dan sebagainya.

Baca Juga : Lancar Seleksi Tes Masuk Perguruan Tinggi Dengan Bimbel UTBK Terbaik

Dunia Perkuliahan Administrasi Bisnis

Perkuliahan administrasi bisnis diakui sangat menyenangkan. Hal ini dapat ditinjau dari sisi mata kuliahnya, universitasnya, hingga lingkungan sekitar yang mendukung. Tak heran banyak calon mahasiswa yang bimbel PTN demi memperoleh pengetahuan unggul untuk masuk jurusan ini.

Menurut pengalaman salah satu alumni administrasi bisnis di salah satu universitas di Bandung, kuliah di jurusan ini tidak hanya belajar tentang hal-hal administratif saja. Namun, administrasi bisnis juga mempelajari hal yang lebih kompleks.

Bahkan, dapat disebut bahwa jurusan ini mengajarkan mahasiswanya untuk menjadi pengelola atau pemilik perusahaan. Banyak siswa SMA yang akhirnya mengikuti bimbel PTN demi mendapatkan cerita dari alumni seperti ini. 

Di jurusan administrasi bisnis, para mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan atau tujuan untuk mensejahterakan seluruh elemen perusahaan. Sejak awal masuk, jurusan ini juga menyajikan informasi yang lengkap. Biasanya informasi ini tertera pada website program studi di universitas terkait.

Sukses Masuk Jurusan Administrasi Bisnis Favorit Melalui Bimbel PTN

Secara keseluruhan, masuk jurusan administrasi bisnis menyenangkan jika kamu benar-benar memiliki minat di bidang ini. Untuk mengetahui minatmu, cobalah riset daftar mata kuliah yang akan kamu pelajari. Jika kamu tertarik, berarti kamu memiliki minat masuk di jurusan ini.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan bimbel PTN Bintang Pelajar untuk mendapatkan informasi akurat seputar SBMPTN, latihan soal, dan pengalaman lainnya. Dapatkan bimbel PTN sekarang karena sukses dalam dunia kampus dimulai sedari perjuangan kamu mendapatkannya.

Bimbel PTN Bintang Pelajar membantu para siswa untuk menggapai cita-cita sekaligus membuat mereka lebih berprestasi dengan akhlak terpuji. Yuk ikut bimbel PTN bersama kami untuk bisa masuk ke jurusan favoritnya.

 

Referensi:

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak