Syarat, Biaya dan Persiapan Tes Masuk SMP SMA Labschool
persiapan test masuk Bimbel SMP SMA Labschool

Bagikan :

Bagi warga Jakarta, Labschool menjadi salah satu sekolah impian untuk mendapatkan pendidikan dengan kualitas terbaik. Banyak yang penasaran apa saja syarat masuk, rincian biaya dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk persiapan tes masuk SMP SMA Labschool.

Labschool merupakan sekolah swasta yang berdiri di bawah Yayasan Pembina Universitas Negeri Jakarta. Sekolah ini menempati urutan keenam untuk peringkat sekolah terbaik berdasarkan nilai UTBK tahun 2022 dengan total skor 634,304.

Bagi kamu yang ingin masuk Labschool, ada dua jalur seleksi yang bisa diikuti, yaitu jalur prestasi dan jalur tes ujian. Untuk jalur prestasi terdiri dari jalur prestasi akademik dan non akademik. Seleksi ini dikenal dengan Program Penjaringan Siswa Baru Berprestasi (PPSBB).

Persiapan Tes Masuk SMP SMA Labschool dan Syarat Pendaftarannya 2023

Tahun 2022, Labschool kembali membuka Penerimaan Siswa Baru (PSB) untuk tahun ajaran 2023/2024. Bagi kamu yang ingin mendaftar di SMP atau SMA Labschool, berikut adalah syarat yang harus kamu penuhi sebagai calon siswa Labschool.

  1. Memiliki nilai minimal 85 (delapan puluh lima) setiap semester pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS dari kelas IV hingga kelas V yang bisa dibuktikan dengan rapor (khusus jenjang SMP).
  2. Memiliki nilai minimal 85 (delapan puluh lima) pada mata pelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS dari kelas VII hingga kelas VIII semester I dan semester II yang dibuktikan dengan rapor (khusus jenjang SMA).
  3. Khusus Calon Siswa Pendaftar jalur prestasi, wajib memiliki sertifikat/piagam/surat keterangan prestasi kejuaraan.

Misalnya Olimpiade Sains Nasional (OSN), International Mathematics and Science Olympiad (IMSO), O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), dan atau Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N).

  1. Memiliki prestasi akademik peringkat 10 besar di sekolah yang dibuktikan dengan validasi dokumen.

Jika sudah memenuhi syarat-syarat tersebut, maka kamu bisa mulai menyiapkan berkas-berkas yang harus diunggah untuk proses pendaftaran online di laman website resminya www.labschool-unj.sch.id/psb. Berkas yang perlu diunggah antara lain sebagai berikut.

  1. Surat pernyataan siswa yang telah diisi dan ditandatangani.
  2. Formulir isian siswa yang telah diisi dan ditandatangani di atas materai.
  3. Fotokopi Kartu Pelajar atau surat keterangan kepala sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan duduk di kelas VI semester 2 atau kelas IX semester 2, dan akan mengikuti ujian akhir pada tahun 2023.
  4. Pas foto terbaru ukuran 3×4 berwarna sebanyak 2 lembar.
  5. Fotokopi rapor kelas IV hingga kelas V (khusus jenjang SMP) atau kelas VII hingga kelas VIII (khusus jenjang SMA) yang dilegalisir oleh kepala sekolah.
  6. Fotokopi sertifikat kejuaraan/lomba dan menunjukkan sertifikat asli juara OSN, IMSO, O2SN, dan atau FLS2N.
  7. Surat keterangan kepala sekolah yang menyatakan termasuk ke dalam 10 besar terbaik di sekolah.

Rincian Biaya Masuk SMP SMA Labschool

Sebelum memutuskan untuk mendaftar, kamu perlu mengetahui rincian biaya masuk SMP maupun SMA Labschool. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah rincian biaya yang harus dikeluarkan untuk masuk ke SMP atau SMA Labschool.

  • Uang Pendaftaran : Rp400.000.
  • Uang Pangkal : Rp34.000.000.
  • SPP : Rp2.100.000.
  • Uang Buku : Rp2.000.000.
  • Uang Seragam : Rp2.000.000.

Jadi jumlah seluruh biaya yang harus dibayar ketika masuk ke Labschool adalah sekitar Rp40.500.000. Rincian biaya tersebut bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan Labschool.

Persiapan Tes Masuk SMP SMA Labschool

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua jalur seleksi yang bisa dipilih untuk masuk ke SMP SMA Labschool. Jika kamu memenuhi persyaratan untuk mendaftar di jalur prestasi, maka tidak perlu mengikuti tes ujian. Tinggal menunggu pengumuman lolos seleksi berkas dan melakukan tes kesehatan.

Mengenai tes masuk SMP SMA Labschool, kamu perlu mempelajari materi-materi yang sekiranya akan keluar pada saat tes Penerimaan Siswa Baru. Materi yang akan diujikan antara lain meliputi pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan pelajaran khusus peminatan IPA dan IPS.

Bagi kamu yang ingin bersekolah di SMP atau SMA bertaraf internasional dengan akreditasi A, maka silahkan mendaftar di Labschool. Terdapat empat cabang Labschool yang tersebar dari wilayah Jakarta sampai Tangerang, yaitu Labschool Jakarta, Labschool Kebayoran, Labschool Cibubur dan Labschool Cirendeu.

Untuk kamu mendaftar di jalur prestasi, maka harus memenuhi syarat termasuk dalam 10 besar terbaik di sekolah. Oleh karena itu penting untuk menjaga nilai akademik tetap stabil. Kamu bisa mengikuti les di Bintang Pelajar supaya lebih fokus dalam meraih prestasi akademik di sekolah.

Baca juga : Bimbel Online Labschool

Atau jika kamu mendaftar melalui jalur tes ujian, maka sebagai persiapan tes masuk SMP SMA Labschool, kamu juga bisa mengikuti bimbel di Bintang Pelajar agar bisa menguasai materi ujiannya sekaligus mendapat bimbingan dari tutor profesional dengan hasil yang memuaskan.

 

Sumber :

1 2 3 4 5

Artikel Lainnya

Persiapkan dirimu untuk menjadi pejuang SNBT tahun ini! 🔥

X

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda yang artinya,

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

HR. Bukhari, no. 1901

24 Ramadhan 1445 H

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,

“Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.”

HR. Ahmad

29 Ramadhan 1445 H

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” 

HR. Ath Thoyalisi

28 Ramadhan 1445 H

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.”

HR. Muslim

27 Ramadhan 1445 H

“Siapa yang menghadiri shalat ‘Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat ‘Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.

HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221

26 Ramadhan 1445 H

Al-Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata:

“Wahai seorang yang telah menyia-nyiakan umurnya dalam perkara yang tidak bermanfaat; perbaikilah apa yang sudah berlalu pada malam lailatul qadar, karena beribadah satu malam padanya sama seperti (beribadah) seumur hidup.”

Lathaiful Ma’arif hal. 272

25 Ramadhan 1445 H

Do’a Lailatul Qadar

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).”

HR.Tirmizi dan yang lainnya

23 Ramadhan 1445 H

Yahya bin Mu’adz pernah berkata,

ليس بعارف من لم يكن غاية أمله من الله العفو

“Bukanlah orang yang arif (bijak) jika ia tidak pernah mengharap pemaafan (penghapusan dosa) dari Allah.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 362-363

22 Ramadhan 1445 H

Dikatakan oleh Imam Malik dalam Al-Muwatha’, Ibnul Musayyib menyatakan,

“Siapa yang menghadiri shalat berjamaah pada malam Lailatul Qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam Lailatul Qadar tersebut.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 329

21 Ramadhan 1445 H