Syarat dan Tes Masuk MAN Insan Cendekia

Bagikan :

Tes Masuk MAN Insan Cendekia 

 

MAN Insan Cendekia termasuk salah satu sekolah terbaik di Indonesia yang berhasil mempertahankan peringkat satu nasional pada tahun 2022. Dengan menyandang predikat tersebut, banyak orang tua maupun siswa yang penasaran apa saja syarat dan tes masuk MAN Insan Cendekia.

Sebagai sekolah terbaik dengan peringkat 1 di Indonesia, syarat dan tes masuknya pasti tidak mudah. Oleh karena itu, kami akan membagikan informasi syarat pendaftaran yang perlu dipersiapkan dan materi tes masuk ke MAN Insan Cendekia.

Syarat Pendaftaran Tes Masuk MAN Insan Cendekia

Sebelum membahas apa saja syarat pendaftaran MAN Insan Cendekia, kamu perlu tahu bahwa ada kriteria bagi madrasah atau sekolah yang boleh mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) MAN Insan Cendekia. Kriterianya yaitu sebagai berikut.

  1. Madrasah/sekolah memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).
  2. Madrasah terdaftar di EMIS dan sekolah terdaftar di Dapodik.
  3. Madrasah/sekolah memiliki sertifikat Akreditasi dari BAN-S/M atau Surat Izin Operasional.

Selanjutnya adalah syarat pendaftaran yang harus disiapkan oleh calon siswa MAN Insan Cendekia. Perlu diketahui bahwa syarat yang harus dipenuhi tergantung dari jalur seleksi yang akan diikuti.

MAN Insan Cendekia membuka tiga jalur seleksi yang bisa diikuti oleh calon pendaftar, yaitu jalur tes, jalur prestasi dan jalur siswa internasional. Berikut adalah syarat pendaftaran untuk calon siswa MAN Insan Cendekia tahun ajaran 2023/2024.

  1. Terdaftar sebagai siswa kelas IX MTs/SMP pada tahun ajaran 2022/2023.
  2. Berusia maksimal 17 tahun pada Juli 2023.
  3. Memiliki NISN yang terdaftar pada EMIS (bagi siswa MTs) atau Dapodik (bagi siswa SMP).
  4. Mendapatkan surat rekomendasi sebagai siswa terbaik dari Kepala Sekolah/Madrasah asal sesuai dengan kuota pendaftar yang ditetapkan (khusus pendaftar jalur tes).
  5. Mendapatkan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah asal sebagai siswa berprestasi tingkat nasional (OSN, KSM Nasional, OPSI, MYRES) dan penghargaan dari luar negeri (khusus pendaftar jalur prestasi).
  6. Mengunggah berkas-berkas syarat pendaftaran, yaitu sebagai berikut:
    • Pas foto terbaru ukuran 3×4 (maksimal 300KB).
    • Fotocopy Akte Kelahiran/Kenal Lahir.
    • Fotocopy Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)/Kartu Program Keluarga Harapan (PKH)/Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Surat Keterangan Tidak Mampu dari Kepala Desa/Kelurahan (khusus pendaftar yang mengajukan keringanan biaya operasional pendidikan).
    • Fotocopy rapor tingkat MTs/SMP sederajat (khusus jalur siswa internasional).
    • Passport/ID Card (khusus jalur siswa internasional).
    • Portofolio (khusus jalur siswa internasional).
    • Motivation Letter (khusus jalur siswa internasional).

Informasi Jalur Tes Masuk MAN IC

Untuk bisa menjadi siswa di MAN Insan Cendekia, kamu harus mengikuti Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) yang diadakan oleh MAN Insan Cendekia. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa ada tiga jenis jalur seleksi yang diadakan oleh MAN Insan Cendekia. Berikut adalah rincian jalur seleksinya.

1.      Jalur Tes

Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) jalur tes masuk MAN IC ditujukan bagi calon siswa yang telah mendaftar secara online jalur tes dan dinyatakan lulus seleksi berkas. Untuk tes masuk akan menggunakan metode Computer Based Test (CBT).

Materi yang akan diujikan pada tes masuk meliputi Tes Potensi Akademik, Tes Matematika dan Bahasa Inggris, serta Tes Peminatan. Bagi calon siswa yang memilih peminatan IPA akan diberikan soal Fisika dan Biologi. Bagi yang memilih peminatan IPS akan diberikan soal sejarah, ekonomi dan geografi.

Kemudian ada juga Tes Pengetahuan Agama dan Bahasa Arab. Tes Pengetahuan Agama meliputi soal Hadis, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah Akhlak dan Fikih.

2.      Jalur Prestasi

Untuk calon siswa dari jalur prestasi tidak perlu mengikuti tes masuk. Setelah mendaftar secara online jalur prestasi, pihak MAN Insan Cendekia akan melakukan seleksi berkas. Jika sudah dinyatakan lulus seleksi berkas, tahapan selanjutnya adalah tes psikotes yang akan menjadi penentu kelulusan.

3.      Jalur Siswa Internasional

Bagi siswa internasional yang mendaftar di MAN Insan Cendekia harus berasal dari siswa terbaik lulusan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN), Sekolah Kedutaan Luar Negeri di Indonesia, atau Sekolah setingkat MTs di luar negeri.

Calon siswa dari jalur internasional harus melakukan pendaftaran online jalur siswa internasional, melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran dan mengunggah berkas-berkas yang diminta.

 

Kemudian akan menjalani seleksi berkas oleh tim SNPDB MAN Insan Cendekia. Setelah dinyatakan lulus akan ada tes wawancara khusus bagi siswa pendaftar dari jalur internasional.

Jika kamu merasa sudah memenuhi kualifikasi dan persyaratan untuk masuk ke MAN Insan Cendekia, maka bisa mulai menyiapkan berkas-berkas untuk melakukan pendaftaran secara online mulai 9 Januari 2023 mendatang.

Bagi kamu yang akan mendaftar melalui jalur tes, jangan lupa segera bersiap dan belajar untuk mengikuti tes masuknya. Kamu bisa mengikuti les di Bintang Pelajar agar bisa menguasai materi-materi yang akan diujikan pada saat seleksi tes masuk MAN Insan Cendekia.

 

Sumber :

1 2 3 4 5

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak