Tips Ampuh Memilih Bimbel Masuk MAN IC – Bintang Pelajar
Bimbel masuk MAN IC

Bagikan :

Ayah Bunda ingin sekolah di MAN Insan Cendekia? Ikutilah bimbel masuk MAN IC yang pastinya bisa membantu kamu untuk mengerjakan soal-soal tes dengan mudah. Terkadang belajar di sekolah saja tidak cukup untuk bisa memahami materi, sehingga kamu perlu aktivitas belajar tambahan di luar sekolah.

Agar tidak salah pilih dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal, kami akan memberikan beberapa tips kepada kamu untuk memilih bimbel terbaik dan nyaman sebagai tempat belajarnya. Baca artikel ini sampai habis.

6 Tips Memilih Bimbingan Belajar Masuk MAN IC

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk memilih bimbel agar bisa masuk ke sekolah impian.

1.      Budget Bimbel 

Terkait hal ini, kamu bisa berdiskusi dulu dengan orang tua. Memang sebaiknya, sebelum kamu memilih bimbel, kamu harus meminta izin sekaligus menanyakan kesiapan finansial orangtua.

Pilihlah bimbel yang sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga. Jangan sampai keinginanmu ini akan memberatkan keuangan keluarga.

2.      Metode Belajar

Tips kedua yang harus kamu perhatikan adalah metode belajar dari bimbel yang dipilih. Karena ini adalah kunci dari keberhasilan kamu dalam mengikuti bimbel. Saat ini ada banyak sekali metode belajar yang digunakan, salah satunya adalah metode two-ways communication, dimana peserta harus lebih aktif di kelas.

Atau bahkan ada juga bimbel yang banyak menyuruh pesertanya untuk menyelesaikan soal-soal.

Oleh karena itu, semuanya harus disesuaikan dengan karakter dan keinginan kamu saat memilih tempat bimbel yang cocok dengan metode apakah yang sebenarnya kamu inginkan. Atau metode yang bisa membuat kamu lebih mengerti dan menerima materi dengan baik.

3.      Kualifikasi Guru 

Selanjutnya kamu juga bisa menilai guru yang mengajar di bimbel tersebut. Karena guru adalah orang yang memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan kamu pemahaman terkait materi yang diajarkan.

Pastikan dulu latar belakang pendidikan guru, pengalaman mengajarnya, bidang apa yang paling dikuasai, dan karakternya. Hal tersebut sangatlah penting agar dalam proses belajar, kamu menjadi lebih cepat paham.

4.      Fasilitas

Sudah seharusnya kamu melihat kualitas dari sebuah bimbingan belajar dari fasilitas yang tersedia. Bimbel yang baik tentunya akan memberikan fasilitas yang lengkap dan terbaik untuk pesertanya.

Karena dengan adanya fasilitas yang memadai, peserta akan merasa nyaman dan materi pun jadi lebih mudah terserap. Pastikan kamu sudah melihat kondisi ruang belajar, lingkungan di sekitarnya, serta kelengkapan media belajar.

Apakah cukup rapi, bersih, dan nyaman sehingga kamu jadi semakin betah disana. Pastikan juga semua fasilitasnya benar-benar bisa menunjang aktivitas belajar. Mulai dari tempat duduk yang nyaman, LCD Proyektor, pendingin ruangan, meja belajar, buku-buku, dan lainnya.

5.      Testimoni 

Tips kelima yang jangan sampai kamu lewatkan adalah melihat bukti atau testimoni dari para peserta sebelumnya. Misalnya bimbel masuk MAN IC, maka kamu perlu tahu berapa jumlah peserta yang berhasil mendapatkan nilai memuaskan untuk bisa masuk ke sekolah impiannya melalui testimoni tersebut.

Selain itu juga, cari tahu tanggapan tentang mereka yang pernah belajar disana. Tanyakan fasilitas, metode dan lainnya.

Dengan melihat beberapa testimoni ini, bisa menjadi cara yang paling efektif dan ampuh untuk menentukan kualitas dari sebuah bimbingan belajar.

6.      Rasio Peserta

Terakhir, pastikan kamu juga melihat rasio peserta yang ikut serta dalam aktivitas belajar. Idealnya dalam satu kelas ada 10 peserta dan 1 satu guru yang bertugas untuk memandu kegiatan belajar mengajar.

Itulah 6 tips memilih bimbel masuk MAN Insan Cendekia yang bisa kamu coba. MAN Insan Cendekia (IC) sendiri merupakan sekolah yang sudah menerapkan kurikulum atau pembelajaran dengan mutu sesuai ketentuan standar nasional, persaingan untuk masuknya pun cukup sulit.

Sehingga kamu perlu mengikuti bimbingan belajar untuk bisa mematangkan kemampuan dalam mengerjakan soal-soal ujiannya. Saat ini, sudah hadir bimbel Bintang Pelajar yang siap membantu kamu untuk masuk ke sekolah impian.

Baca juga : Keunggulan MAN IC yang membuatnya betah jadi SMA terbaik versi LTMPT

Kami tidak hanya mengajarkan materi saja, melainkan memberikan try out, tips pengerjaan soal, dan sesi konsultasi dengan para peserta. Untuk informasi lebih lanjut terkait Bimbel MAN Insan Cendekia di Bintang Pelajar, silakan kunjungi website kami : bintangpelajar.com

 

Referensi

1 2 3

Artikel Lainnya

Persiapkan dirimu untuk menjadi pejuang SNBT tahun ini! 🔥

X

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda yang artinya,

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

HR. Bukhari, no. 1901

24 Ramadhan 1445 H

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,

“Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.”

HR. Ahmad

29 Ramadhan 1445 H

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” 

HR. Ath Thoyalisi

28 Ramadhan 1445 H

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.”

HR. Muslim

27 Ramadhan 1445 H

“Siapa yang menghadiri shalat ‘Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat ‘Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.

HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221

26 Ramadhan 1445 H

Al-Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata:

“Wahai seorang yang telah menyia-nyiakan umurnya dalam perkara yang tidak bermanfaat; perbaikilah apa yang sudah berlalu pada malam lailatul qadar, karena beribadah satu malam padanya sama seperti (beribadah) seumur hidup.”

Lathaiful Ma’arif hal. 272

25 Ramadhan 1445 H

Do’a Lailatul Qadar

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).”

HR.Tirmizi dan yang lainnya

23 Ramadhan 1445 H

Yahya bin Mu’adz pernah berkata,

ليس بعارف من لم يكن غاية أمله من الله العفو

“Bukanlah orang yang arif (bijak) jika ia tidak pernah mengharap pemaafan (penghapusan dosa) dari Allah.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 362-363

22 Ramadhan 1445 H

Dikatakan oleh Imam Malik dalam Al-Muwatha’, Ibnul Musayyib menyatakan,

“Siapa yang menghadiri shalat berjamaah pada malam Lailatul Qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam Lailatul Qadar tersebut.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 329

21 Ramadhan 1445 H