Latar Belakang

Menurut World Economic Forum yang membahas tentang visi baru di bidang Pendidikan (Fostering Social and Emotional Learning through Technology), melaporkan bahwa ada 16 Keterampilan yang diperlukan oleh siswa di abad ke 21. Ke 16 Keterampilan tersebut tersaji pada gambar di bawah ini:

Maka, literasi membaca dan Numerasi merupakan bagian penting dari hal yang perlu dimiliki oleh setiap siswa Sekolah di Indonesia. Kemampuan menalar literasi dan numerasi ini akan mendukung siswa untuk sukses di masa depan, baik ketika akan melanjutkan sekolah pada jenjang yang lebih tinggi, maupun ketika berada di dunia kerja (dalam keseharian:  adaptasi, berinovasi, problem solving). Contoh konkrit : Ketika ingin masuk PTN, maka sajian soal UTBK-SBMPTN itu juga dominan dengan menguji daya nalar baik  pada subject bidang studi (MTK, FISIKA, KIMIA, dll) maupun pada subject skolastik.

Berdasarkan hal tersebut inilah, serta dalam rangka mewujudkan visi dan misi Bintang Pelajar dalam mendukung kemajuan pendidikan nasional, juga diharapkan dapat mendukung terlaksananya dengan baik Asesmen Kompetensi Minimum sebagai bagian dari Asesmen Nasional yang dicanangkan oleh Kemendikbud, maka kami mengadakan Kompetisi Nasional Literasi Membaca dan Numerasi 2021.

Tujuan

  1. Sekolah dapat mengukur level kognitif siswa terkait dengan literasi membaca, dan numerasi yang nantinya berguna bagi sekolah dalam menghadapi AKM
  2. Sekolah mendapatkan informasi level kompetensi literasi membaca dan numerasi siswa untuk peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah
  3. Memupuk jiwa kompetitif siswa untuk menjadi yang terbaik dan bersaing dengan siswa dari sekolah lain se-Indonesia.
Untuk informasi lebih lanjut. klik disini
WhatsApp chat