4 Alasan Memilih Jurusan Kedokteran, Ketahui Lebih Detail!
alasan memilih jurusan kedokteran

Bagikan :

Baik di universitas negeri maupun swasta jurusan kedokteran selalu memiliki banyak peminat setiap tahunnya. Apakah anak ayah dan bunda salah satunya?. Tentu ada banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum siap bersaing dan berhasil masuk ke kampus dengan Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia.

Langkah pertama, anak ayah bunda harus paham betul pengertian jurusan kedokteran, mata kuliah hingga alasan memilih jurusan kedokteran. Simak detailnya di bawah ini.

Pengertian Jurusan Kedokteran

Jurusan kedokteran adalah salah satu dari sekian banyaknya jurusan pendidikan tinggi, khususnya di bidang kesehatan. Jika anak ayah bunda masuk jurusan ini maka akan mempelajari berbagai hal mengenai masalah kesehatan, meliputi bagaimana cara memelihara kesehatan, upaya pencegahan penyakit dan pengobatannya.

Supaya bisa menguasai ilmu di juruan kedokteran, anak ayah bunda diharuskan memahami anatomi, fungsi dan interaksinya dalam tubuh manusia.

Selain itu, anak ayah bunda akan belajar mengenai jenis-jenis penyakit dan metode pengobatan yang tepat. Serta, bagaimana cara melakukan pemeriksaan kepada pasien dan mendiagnosis penyakit dari hasil pemeriksaan tersebut.

Sebagai calon dokter, anak ayah bunda juga akan dibekali ilmu yang berkaitan dengan obat-obatan yang berhubungan dengan penyakit yang mereka tangani.

Mata Kuliah Jurusan Kedokteran

Seperti yang ayah bunda ketahui, menjadi mahasiswa di jurusan kedokteran membutuhkan waktu kuliah yang lebih lama dibandingkan jurusan lainnya, yaitu rata-rata 7-8 tahun, bisa juga lebih.

Selama masa perkuliahan, anak ayah bunda akan sering melakukan praktik terutama Koas. Lalu, mata kuliah apa saja yang harus mereka pelajari?

1. Kardiovaskuler

Adalah ilmu wajib yang harus dikuasai oleh calon dokter. Mata kuliah ini mempelajari sistem kerja organ jantung dan pembuluh darah.

2. Anatomi

Merupakan mata kuliah wajib mahasiswa kedokteran. Pada mata kuliah ini, anak ayah bunda akan belajar mengenai susunan bagian tubuh dan organ di dalam tubuh manusia.

3. Respiratori

Selanjutnya, respiratori adalah mata kuliah yang mempelajari saluran pernapasan dan penyakit-penyakit yang ada di saluran pernapasan serta cara mengobatinya.

4. Reproduksi

Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar mengenai organ atau saluran reproduksi di dalam tubuh manusia. Selain itu, juga berbagai jenis penyakit yang terjadi di saluran reproduksi.

5. Ilmu penyakit dalam

Anak ayah bunda juga akan dibekali ilmu penyakit dalam. Ilmu ini terbilang sangat penting bagi calon dokter. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa di jurusan kedokteran akan mengenal jenis-jenis penyakit dalam, cara pemeriksaan, menentukan jenis obat dan metode pengobatan yang tepat untuk menanganinya.

6. Gastrointestinal

Mata kuliah gastrointestinal mempelajari saluran pencernaan dan prosesnya di dalam tubuh manusia. Lewat mata kuliah ini, anak ayah bunda akan memahami sistem pencenaan manusia lebih dalam.

Baca juga : Ketahui Hal Ini! Sebelum Mendaftar Mahasiswa Kedokteran UGM

Alasan Memilih Jurusan Kedokteran

Apa alasan memilih jurusan kedokteran? Berikut beberapa alasan memilih jurusan kedokteran, yaitu:

1. Belajar tentang banyak ilmu

Dengan masuk ke jurusan kedokteran, anak ayah bunda akan belajar tentang banyak ilmu dan sangat kompleks. Ilmu yang dipelajari tidak hanya yang berkaitan dengan kesehatan manusia, obat-obatan dan bagaimana memberikan pelayanan kesehatan.

Tetapi juga, belajar tentang ilmu psikologis, virus, bakteri, manajemen, keselamatan kerja dan ilmu sabar. Ini mengingat, dikemudian hari calon dokter akan menghadapi banyak pasien dengan karakter yang berbeda-beda.

2. Belajar bersyukur

InsyaAllah, melalui jurusan kedokteran, anak ayah bunda bisa menyadari kuasa Allah Azza Wa Jalla dalam menciptakan anatomi tubuh manusia. Serta, menciptakan penyakit sekaligus menyediakan obatnya. Tidak sebatas itu, mereka juga dapat meningkatkan rasa syukurnya atas nikmat sehat yang diberikan Allah Azza Wa Jalla.

3. Belajar menghargai waktu

Bagi mahasiswa di jurusan kedokteran, time is life. Karena setiap detik waktu yang berjalan berhubungan dengan nyawa manusia, sehingga setiap detik memiliki arti yang berharga. Berkuliah di jurusan ini akan membantu anak ayah bunda belajar disiplin waktu dan menggunakannya untuk kegiatan yang bermanfaat.

4. Memahami dunia kesehatan

Alasan memilih jurusan kedokteran berikutnya adalah memahami dunia kesehatan. Menjadi seorang dokter akan membuat anak ayah bunda lebih memahami dunia kesehatan. Karena mereka tahu cara menjaga kesehatan, upaya pencegahan dan cara mengatasi badan yang tengah terserang penyakit.

 

Hubungi kami di nomor WA : 0822-2666-8651, untuk mendapatkan bimbel masuk kedokteran dengan konsep belajar online + karantina.

Artikel Lainnya