8 Manfaat Mengikuti Les UTBK Terdekat
Les UTBK

Bagikan :

Dunia perguruan tinggi dinilai menjadi gerbang awal untuk memulai babak baru pendidikan dan persiapan karir. Bagaimana tidak, melalui perguruan tinggi, kamu bisa mendapatkan gelar sehingga mendorong pencapaian kariermu.

Tidak jarang murid kelas tiga SMA mengikuti Les UTBK atau Bimbel UTBK terdekat  mendapatkan kampus dan jurusan impiannya. Apakah kamu salah satunya tetapi sedang bingung manfaat mengikuti bimbel seperti ini?

Manfaat Mengikuti Les UTBK Terdekat untuk SBMPTN

Mengikuti les untuk persiapan UTBK sangat dianjurkan. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang tujuannya untuk membantu mempersiapkan ujian masuk kampus. Berikut ini manfaat les UTBK yang akan kamu dapatkan :

1. Mendapat latihan soal rutin

Kamu yang mengikuti les UTBK terdekat di daerahmu akan dimudahkan dengan adanya bank soal. Lembaga les terkemuka memiliki database soal yang lengkap dari beberapa tahun terakhir. Artinya, kamu bisa lebih banyak berlatih soal.

Soal-soal di bimbel pun merupakan soal yang terus diperbarui. Selain itu, biasanya soal yang diberikan dapat dimaknai sebagai soal uji coba yang dirancang mirip dengan ujian sesungguhnya.

Melalui bimbel seperti ini kamu akan lebih terfokus mengerjakan soal yang penting-penting saja. Sebab, bisa jadi tidak semua materi akan keluar dalam ujian. Nah, lembaga bimbel ini berperan dalam mengarahkan soal yang telah teruji.

2. Membimbing dan mendampingi belajar

Tidak peduli seberapa kemampuanmu, pihak mentor atau guru akan selalu mendampingimu selama belajar di tempat les. Materi yang dipelajari bisa disesuaikan dengan kemampuanmu saat ini.

Kamu juga bisa berkonsultasi secara langsung pada saat jadwal bimbel. Selain jadwal bimbel, biasanya mentor memberikan kebebasan khusus untuk konsultasi misalnya secara online. Intinya, pembimbing akan membantu setiap kamu mengalami kesulitan saat belajar atau berlatih soal.

Hal ini tentu sangat menyenangkan, apalagi jika kamu sudah mulai benar-benar fokus pada UTBK. Didampingi guru bimbel juga dapat memicu motivasi belajarmu. Alhasil, semangat belajar pun terus meningkat.

3. Lebih nyaman

Sebagian pelajar merasa lebih nyaman ketika belajar sendiri. Akan lebih baik jika dibimbing satu tutor khusus. Tutor ini sering disebut juga sebagai guru privat yang mendampingi belajar. Kamu bisa mendapatkan tutor privat melalui les UTBK terdekat.

Belajar dengan satu pembimbing secara khusus bisa membuatmu lebih nyaman. Kamu tidak perlu malu jika belum memahami materi tertentu. Tutor siap sedia menjawab pertanyaanmu. Selain itu, belajar bersama guru privat membuat kemampuanmu anti dibanding-bandingkan dengan pelajar lain.

Tentu sangat menguntungkan jika demikian. Ditambah lagi dengan “privilege” lain seperti mendapatkan tips khusus, bank soal, hingga analisis hasil belajar. Semua hal itu akan kamu dapat saat mengikuti les UTBK di daerahmu.

4. Mudah dipantau

Belajar UTBK di sekolah cenderung lebih mandiri. Jika ada kesulitan, kamu tidak bisa leluasa bertanya. Guru di sekolah pun sangat jarang yang mengajarkan materi SBMPTN.

Berbeda halnya ketika kamu mengikuti les UTBK terdekat. Kamu akan lebih terpantau dan diperhatikan, bahkan didampingi penuh saat belajar. Tutor atau guru privat di les tersebut juga selalu memantau progres belajarmu dari hari ke hari. Hal ini didukung dengan sistem bimbel yang memiliki kurikulum khusus.

Materi yang diajarkan di bimbel biasanya sesuai dengan kemampuan murid. Misalnya kamu belum bisa mengerjakan soal dengan cepat dan sering membuka buku kembali. Metode belajar yang dapat diterapkan yakni dengan memperdalam konsep materi mulai dari yang paling dasar.

Tenang, progres belajarmu pasti akan terpantau. Saat kamu telah menguasai materi, guru bimbel akan memberikanmu latihan soal. Begitu seterusnya hingga kemampuanmu meningkat.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Intensitas belajar yang lebih sering akhirnya berdampak pada peningkatan pemahaman. Jika awalnya kamu hanya menghafal, dengan terus belajar, kamu akhirnya bisa paham atau mengerti lebih dalam tentang materi yang kamu pelajari.

Nah inilah keuntungan belajar intens yang bisa kamu dapatkan melalui les UTBK terdekat. Bimbel melatih kebiasaan belajar. Hal ini sangat penting diterapkan menjelang ujian SBMPTN. Saat sudah terbiasa belajar, kamu bahkan rela belajar berjam-jam karena nyaman dengan proses belajarnya.

Dengan peningkatan intensitas ini, rasa percaya dirimu pun semakin meningkat. Kamu menjadi lebih yakin saat menjawab soal. Hingga akhirnya, kamu bisa lebih optimis lolos SBMPTN di kampus impianmu.

6. Terlatih dengan soal HOTS

Saat sekolah SMA, guru-guru melatih kamu untuk sekadar menuntaskan materi pelajaran. Contohnya dengan mengujikan soal yang telah dipelajari. Namun, tidak sedikit guru yang juga melatih kemampuan analistismu.

Sebagian guru di bimbel berkomitmen mengajar dengan cara yang berbeda yakni melatih kemampuan analisis melalui soal HOTS. Seperti yang kamu tahu juga bahwa soal HOTS ini merupakan soal-soal yang diujikan di UTBK.

Soal HOTS memiliki level pemikiran tinggi, butuh analisis, dan tidak sekadar diperoleh dari hafalan. Nah, di les UTBK terdekat nanti, kamu akan dilatih melalui pemberian soal-soal HOTS. Tidak hanya itu, kamu juga diberikan tips khusus untuk menjawabnya. Semakin sering latihan soal, kamu pasti akan terbiasa dengan jenis soal HOTS ini.

7. Mendapatkan kiat-kiat masuk kampus

Ujian masuk kampus merupakan ujian paling penting sepanjang sejarah dunia pendidikan. Bagaimana tidak, kamu akan bersaing dengan ratusan ribu orang untuk mendapatkan puluhan ribu kursi PTN. Nah, di sinilah guru bimbel berperan membantumu melalui kiat-kiat masuk kampus.

Guru bimbel merupakan pengajar berpengalaman yang telah mendampingi murid selama bertahun-tahun. Artinya, mereka memiliki “resep” khusus untuk meningkatkan kemampuan akademik para muridnya.

Di bimbel UTBK, kamu tidak hanya diajarkan materi secara teknis, tetapi juga diberikan motivasi dari segi psikologis. Contohnya melalui tips-tips masuk kuliah, apa saja yang harus dipersiapkan, ketentuan seleksi kampus yang perlu dipahami, dan sebagainya.

Saat mengikuti bimbel UTBK, kamu tidak perlu bingung lagi mencari informasi. Para tenaga pendidik di sana siap sedia membantumu. Bahkan, mereka bisa dijadikan tempat curhat saat motivasimu menurun. Bisa disebut tempat bimbel juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat belajar kembali. Sebab, lingkungan yang suportif akan membantumu untuk bangkit.

8. Relasi mahasiswa

Pada les UTBK terdekat, tutor-tutor tidak hanya berasal dari kalangan akademisi. Sebagian besar tutor bahkan merupakan mahasiswa yang menekuni ilmu di bidangnya. Mahasiswa tersebut juga biasanya diseleksi secara ketat agar layak menjadi pengajar bimbel.

Pihak bimbel akan memilih mahasiswa yang berprestasi, aktif selama kuliah, dan tentunya menguasai ilmu yang sedang dipelajarinya. Hal ini akhirnya memberikan value khusus bagi pihak bimbel.

Kamu sebagai peserta bimbel pun diuntungkan. Kamu bisa mendapatkan relasi mahasiswa meskipun masuk SMA. Relasi ini sangat penting karena bisa membantumu dalam berbagai hal. Misalnya sharing pengalaman, mengenalkan dengan orang-orang hebat, dan sebagainya.

Ikuti Les UTBK Terdekat di Kotamu Melalui Bimbel Bintang Pelajar

Banyak sekali manfaat yang akan kamu dapat ketika mengikuti les SBMPTN bukan? Di luar sana ribuan orang sedang berlomba mendapatkan satu kursi PTN. Apakah kamu masih ingin bersantai dan enggan belajar? Nah, kamu bisa tertinggal jauh, bahkan bisa gagal masuk PTN!

Segera sajalah bergabung dengan les UTBK terdekat di daerahmu. Aksesnya mudah dijangkau dan kamu tentu sangat terbantu dalam persiapan menghadapi seleksi SBMPTN.  Nah, jika kamu masih bingung untuk mencari tempat les UTBK terbaik di kotamu. Kamu bisa mengikuti les UTBK yang diadakan di bimbel  Bintang Pelajar. Kami telah memiliki berbagai cabang tempat les terbaik di kota-kota besar seperti halnya Jabodetabek dan sekitar. Kamu bisa mengunjungi situs website kami untuk mendapatkan informasi menarik mengenai layanan bimbelnya.

 

Referensi: 1   2

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak