Belajar Online: Praktis, Murah Dan Fleksibel
belajar-online-praktis-murah-dan-fleksibel

Bagikan :

Belajar online harus dilakukan pada kondisi tertentu.  Hal ini harus dilakukan agar proses Pendidikan tetap dapat terlaksana. Bagaimana agar tetap efektif? 

Proses belajar online harus menggunakan metode yang tidak membosankan namun tetap efektif. Materi harus disajikan dengan jelas menggunakan audio visual. Keterbatasan ini tentu membuat beberapa hal tidak maksimal. 

Memaksimalkan Proses Belajar Online

Jika sebelumnya hampir semua metode pelajaran dilakukan dengan tatap muka sejak pandemik, metode online digunakan. Cara ini mau tidak mau harus dijalankan. Baik pengajar maupun siswa harus menyesuaikan diri.

Tentu hal ini tidak mudah mengingat kedua proses belajar tersebut sangat beda. Dalam belajar secara online, interaksi pelajar dan pengajar sangat terbatas. Belum lagi jika ada kendala peralatan atau jaringan internet.

Kelebihan Belajar Online

Sebagian orang menganggap belajar online membatasi proses belajar mengajar karena antara siswa dan pengajar tidak bisa bertatap muka secara langsung. Namun sebenarnya banyak keuntungan. Berikut diantaranya:

  • Proses Belajar Tidak Dibatasi Waktu

Jika belajar dengan tatap muka maka siswa dan pengajar harus bertemu dalam satu ruang dan waktu. Apabila siswa berhalangan datang, maka akan tertinggal pelajaran. Sedang jika pengajar berhalangan maka pelajaran tidak bisa berlangsung.

Namun dengan daring, siswa dapat mengikuti pelajaran di luar waktu yang ditentukan dengan menggunakan media seperti video atau materi dalam bentuk presentasi. Begitu juga pengajar dapat menyiapkan jauh hari.

  • Tidak Membutuhkan Biaya Tinggi

Belajar daring hanya membutuhkan perangkat berupa smartphone yang hampir dimiliki oleh semua orang atau PC. Fasilitas lain yang diperlukan adalah jaringan internet yang memadai.

Untuk belajar daring tidak membutuhkan transportasi dan seragam atau pakaian khusus. Dana untuk kedua hal tersebut bisa dialokasikan bagi keperluan lain atau disimpan.

  • Tidak Terbatas Lokasi

Mengikuti proses belajar mengajar secara online dapat dilakukan dari mana saja. Bagi yang di luar kota tidak harus tinggal di kost. Semua dapat dilakukan dari rumah. bahkan sambil mengerjakan pekerjaan lain pun bisa. 

Sifat belajar fleksibel ini menjadikan semua orang, termasuk yang mempunyai kesibukan lain dapat terus menimba ilmu. Jadi tidak ada alasan karena jarak tempat sekolah yang jauh. 

  • Banyak Ilmu Yang Bisa Diperoleh

Ketika belajar tatap muka, hanya satu fokus atau disiplin ilmu yang mungkin dikuasai dalam satu waktu. Berbeda dengan belajar online, dimana banyak ilmu yang bisa dipelajari bersama.

Kekurangan Belajar Online

Meski mempunyai banyak kelebihan, namun proses belajar online juga ada kekurangan. Hal ini yang perlu diantisipasi agar hasil tetap maksimal. Jika tidak, maka kualitasnya tentu dipertanyakan. Berikut kekurangannya:

  • Kurang Evaluasi

Dalam proses belajar online, pengajar tidak bisa memberi penilaian atau mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menangkap materi. Evaluasi penilaian hanya dapat diperoleh dari evaluasi tertulis atau lisan, tidak bisa secara langsung.

  • Interaksi Dua Arah Terbatas

Pengajar dan siswa tidak dapat berinteraksi secara langsung. Komunikasi kedua pihak terbatas. Tentu hal ini bisa mengurangi kualitas Pendidikan dan hasil belajar. Meski ada forum diskusi namun kurang maksimal.

  • Tergantung Dengan Internet

Jaringan internet sangat berpengaruh pada proses belajar mengajar secara online. Jika jaringan buruk, maka siswa tidak bisa menyerap pelajaran dengan baik. Terlebih saat dilakukan evaluasi. Ini merupakan kendala besar.

  • Penguasaan Materi Terbatas

Beberapa siswa mempunyai kecenderungan untuk menguasai materi dengan cara berinteraksi langsung dengan pengajar. Bisa dengan melihat gestur maupun intonasi pembicaraan yang digunakan.

Dalam belajar online tentu hal tersebut tidak dapat diperoleh. Kendala ini bisa menjadi penyebab rendahnya daya serap terhadap materi yang diberikan atau pemahaman terhadap tema yang dibahas.

Blended Learning

Blended learning adalah metode belajar dengan menggunakan sistem tatap muka dan online. Penggabungan keduanya diharapkan mampu memfasilitasi kebutuhan siswa akan prosedur belajar yang tepat.

Sebelum pembatasan belajar tatap muka, beberapa lembaga pendidikan sudah menjalankan prosedur belajar ini. Metode ini cukup efektif bagi siswa yang ketika tatap muka kurang paham atau tertinggal pelajaran.

Beberapa lembaga pendidikan seperti bimbingan belajar sudah lama menerapkan metode ini. Siswa mendapat penjelasan materi di kelas, kemudian juga mendapat media belajar online. Bisa berupa soft copy atau link materi. 

Dengan demikian siswa bisa belajar dan mengulang materi di rumah. Jadi proses belajar bisa lebih maksimal. apakah hal ini cukup efektif. Ya, karena materi online membackup pelajaran yang disampaikan secara langsung. 

Tips dan Trik Minat Bakat

Proses belajar akan menyenangkan jika memang siswa mempelajari sesuatu yang disuka. Namun secara umum sistem belajar mewajibkan anak didik untuk mengetahui beberapa materi sekaligus.

Bagi yang tidak suka dengan materi tersebut, untuk mendapatkan nilai standar minimal saja cukup berat. Oleh karena itu, perlu lebih banyak effort untuk menguasainya.  Mempelajari materi tersebut wajib, mau tidak mau harus dilakukan.

Akan tetapi untuk sukses, sebaiknya fokus pada minat dan bakat. Hal ini akan mudah Anda kuasai secara maksimal. Beberapa cara untuk mengetahui potensi adalah dengan cara:

  • Lihat Apa yang Paling Mudah Dikerjakan

Jika Anda paling mudah menyelesaikan persoalan hitungan dibanding hafalan, maka minat dan bakat yang paling kuat adalah bidang matematika. Fokuslah pada hal tersebut. Untuk pendidikan lanjut bisa mengambil jurusan matematika.

  • Memperhatikan Sesuatu yang Disuka

Anda suka dengan percobaan menggunakan cairan kimia di laboratorium.  Bisa jadi bakat Anda adalah sebagai ahli kimia. Tekuni dan terus tambah pengetahuan agar semakin mumpuni.

  • Hal yang Menghasilkan Prestasi Paling Banyak

Beberapa kali memenangkan kontes pidato? Minat Anda pasti di bidang Bahasa. Coba terus asah kemampuan agar prestasi tersebut semakin maksimal. Belajar sesuatu yang disuka akan lebih mudah.

  • Bertanya Pada Orang Tua Dan Guru BP

Terkadang Anda tidak menyadari minat dan bakat yang dimiliki, namun orang lain bisa mengetahuinya. Bertanya pada orang tua tidak salah. Saran terbaik dari keduanya perlu diperhatikan. Begitu juga dengan guru BP.

  • Berani Mencoba

Terkadang minat dan bakat tidak bisa keluar karena belum pernah dicoba. Anda tidak akan pernah tahu bahwa berbakat dalam sesuatu yang berhubungan dengan fisika jika tidak mencobanya. Demikian juga dengan yang lain.

Baca Juga : Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Masa New Normal

Metode Belajar

Cara atau metode belajar sangat banyak. diantaranya metode tanya jawab dan resitasi. Tanya jawab mempunyai kelebihan kedua pihak saling berinteraksi sehingga membantu siswa lebih mudah menguasai pelajaran.

Berikutnya metode resitasi adalah dengan membuat ringkasan. Dengan cara ini siswa harus membaca semua materi kemudian menulisnya. Menurut penelitian, metode ini sangat efektif.

Kedua cara tersebut merupakan metode belajar yang banyak dijalankan di lembaga bimbingan belajar seperti Bintang Pelajar. Siswa diajak berperan aktif dalam proses belajar sehingga cepat paham. 

Sebagai institusi yang mendampingi siswa dalam belajar, Bintang Pelajar melakukan nya dengan cara blended learning, yaitu dengan tatap muka dan online. Bahan belajar online berupa materi soft copy, video dan lainnya.

Bintang Pelajar telah membantu ribuan siswa di berbagai kota dalam mencapai mimpinya untuk berprestasi tinggi dan akhlak terpuji. Sekarang saatnya Anda bergabung dan buktikan!” gabungan belajar online dan offlinenya sangat ok.

 

Refrensi :

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak