Belum Banyak yang Tahu! Ini Dia Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Bagikan :

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

 

 

Setelah lulus SMA/SMK, banyak para siswa/i yang ingin melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri. Namun, kebanyakan dari kamu mungkin akan memilih jurusan-jurusan favorit yang memiliki daya saing yang tinggi. Padahal, masih ada juga jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan untuk karir kedepannya.

Tidak hanya jurusan IPS, untuk jurusan IPA pun juga banyak yang jarang diminati. Nah, bagi kamu yang masih bingung ingin mengambil program studi apa saat setelah lulus SMA, lebih baik simak penjelasan kali ini. Karena, kali ini akan dibahas jurusan kuliah IPS apa saja yang jarang diminati banyak orang namun memiliki prospek kerja yang menjanjikan.

 

Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

Disaat banyak orang yang berlomba-lomba untuk bisa lolos masuk ke perguruan tinggi dengan program studi favorit, kamu tidak perlu khawatir jika merasa masih bingung dalam menentukan program studi yang cocok untukmu. Masih banyak program studi di perguruan tinggi yang jarang diminati para siswa, namun sebenarnya memberikan jenjang karir yang cukup bagus.

Kamu bisa mencoba untuk memilih jurusan-jurusan kuliah IPS ini yang pastinya tetap menjadi jurusan kuliah yang baik dan bisa menunjang karir masa depan kamu. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

 

1. Administrasi Fiskal

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan yang pertama ialah Administrasi Fiskal. Prospek kerja dari jurusan yang satu ini cukup menjanjikan. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari dasar-dasar perpajakan, kebijakan fiskal, tata kelola aset negara, dan masih banyak lagi.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa bekerja sebagai seorang peneliti, akademisi, petugas bea cukai, petugas imigrasi, ataupun konsultan perencanaan pajak. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa menggeluti profesi lainnya yang lebih beragam yang masih relevan dengan jurusan Administrasi Fiskal.

2. Arkeologi

Selanjutnya ada jurusan Arkeologi. Jurusan Arkeologi mempelajari tentang kebudayaan manusia di masa lampau dan masa kini, melalui suatu kajian yang berdasarkan pada data-data dan juga benda peninggalan yang ditemukan. Jika mengambil jurusan Arkeologi, kamu akan mempelajari dan juga menganalisis benda-benda peninggalan purbakala. Bagi yang suka mata pelajaran sejarah, pasti mata kuliah yang diajarkan di jurusan Arkeologi ini akan sangat menyenangkan.

Jika sudah lulus dari jurusan Arkeologi ini, kamu bisa berkecimpung di berbagai bidang pekerjaan yang berkaitan, seperti menjadi peneliti, akademisi, atau bahkan bekerja di museum. Bahkan, kamu bisa berkesempatan untuk bergabung dengan penelitian yang berskala internasional.

3. Kriminologi

Jurusan Kriminologi merupakan jurusan yang akan mempelajari teori dan praktik yang berhubungan dengan kriminalitas dalam lingkup nasional ataupun internasional. Setelah menyelesaikan studi di jurusan Kriminologi, kamu bisa berkarir menjadi seorang intelijen, detektif, dan juga investigator.

Untuk saat ini, hanya ada tiga perguruan tinggi negeri saja di Indonesia yang menyediakan jurusan Kriminologi, yaitu Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, dan juga Universitas Budi Luhur.

4. Ilmu Sejarah

Berikutnya ada Ilmu Sejarah. Mungkin, bagi orang-orang yang belum paham tentang jurusan ini akan beranggapan hanya mempelajari masa lalu atau sejarah saja. Selain itu, prospek kerjanya hanya sebagai sejarawan saja. Padahal, di jurusan ini kamu akan mempelajari sejarah dari berbagai aspek, mulai dari politik, ekonomi, budaya, militer, geografi, dan juga maritim.

Prospek kerja dari lulusan Ilmu Sejarah juga luas dan beragam, mulai dari peneliti, penulis, diplomat, atau bidang lainnya yang masih berkaitan dengan sejarah. Jadi, jika kamu mengambil jurusan ini untuk kuliah, kamu akan belajar banyak hal lebih luas. Kamu bahkan bisa berbagi informasi mengenai prospek kerja kedepannya bersama orang-orang yang sudah ahli di bidang sejarah.

5. Aktuaria

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan berikutnya yaitu program studi Aktuaria. Aktuaria merupakan sebuah bidang ilmu yang menerapkan metode matematika dengan ilmu statistika yang bertujuan untuk menganalisis dan meminimalisir terjadinya risiko yang mungkin terjadi di dunia asuransi dan keuangan.

Jurusan Aktuaria ini memang masih terbilang sebagai program studi yang masih baru di Indonesia. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan prospek kerja kedepannya. Sebab, bidang ilmu Aktuaria ini sedang menjadi salah satu kebutuhan yang banyak dan sering dicari oleh banyak perusahaan besar.

6. Ekonomi Kreatif

Selanjutnya ada program studi Ekonomi Kreatif. Jurusan kuliah IPS ini memang masih memiliki peminat yang sedikit, sebab mungkin masih banyak orang belum familiar dengan program studi ini, atau bahkan dianggap tidak keren dibanding dengan program studi yang lain. Namun, rupanya program studi Ekonomi Kreatif menawarkan jenjang karir yang sangat menjanjikan untuk masa depan kamu.

Saat ini Ekonomi Kreatif menjadi salah satu hal yang sangat berpengaruh untuk dapat mendukung ekonomi mikro di suatu wilayah. Apabila kamu mengambil jurusan Ekonomi Kreatif, kamu bisa mengembangkan ekonomi kreatif di suatu wilayah supaya bisa membantu perkembangan ekonomi negara Indonesia.

7. Bisnis Digital

Jurusan kuliah IPS yang jarang diminati selanjutnya adalah Bisnis Digital. Jurusan yang satu ini mungkin masih terbilang baru, sehingga belum banyak orang yang mengetahui bahkan berminat. Padahal, Bisnis Digital menjadi salah satu jurusan yang mulai berkembang dan sedang banyak dibutuhkan perusahaan-perusahaan digital.

8. Kesejahteraan Sosial

Terakhir, ada jurusan Kesejahteraan Sosial. Program studi ini mempelajari dan mengembangkan pemikiran serta metode untuk dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Setelah lulus, kamu bisa menjadi seorang Corporate Social Responsibility Officer, Manajer Layanan Sosial dan Komunikasi, atau bekerja di suatu industri sosial.

 

Tentukan Pilihan Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi menjanjikan untuk Karir Kedepan

Walaupun program studi yang satu ini masih memiliki peminat yang sedikit, tetapi program studi ini sedang sangat dibutuhkan. Kamu juga akan belajar tentang prosedur dan metode dalam hal peningkatan kualitas dari hidup masyarakat. Dengan memilih jurusan ini, kamu akan memberi banyak manfaat untuk masyarakat di kehidupan.

Dari pemaparan di atas, kini jurusan kuliah IPS yang jarang diminati tapi menjanjikan karir yang cukup bagus dan cemerlang bisa menjadi pilihan untuk kamu. Kamu tetap bisa bereksplorasi dan bahkan menciptakan hal-hal baru untuk jurusan kamu. Mari konsultasikan jurusan kuliah pilihanmu bersama Bintang Pelajar.

===

 

Referensi:

1

2

3

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak