Informasi Jadwal dan Cara Pendaftaran PPDB 2022
informasi-jadwal-dan-cara-pendaftaran-ppdb-2022

Bagikan :

Saat bilangan tahun sudah berganti, maka tidak sedikit orang tua yang mulai gencar mencari informasi mengenai pendaftaran PPDB. Pasalnya, sejak beberapa tahun lalu Penerimaan Peserta Didik Baru sudah menerapkan sistem online.

Berkat aturan ini, para calon peserta didik hanya perlu mengakses situs tertunjuk untuk melakukan pendaftaran. Tak dimungkiri, hal tersebut mampu menghemat waktu dan tenaga, baik bagi pihak sekolah, orang tua, maupun pemerintah. 

Informasi Lengkap Tentang Pendaftaran PPDB 

Menilik dari kesuksesan PPDB online sebelumnya, tahun ajaran baru 2022/2023 juga tetap akan menerapkan sistem tersebut. Agar tidak sampai ketinggalan, berikut informasi mengenai PPDB 2022, khususnya daerah Bogor dan sekitarnya.

Jadwal Pendaftaran PPDB Tahun 2022

Seperti yang sudah diketahui bersama, setiap tahun ajaran baru akan dimulai pada bulan Juli. Oleh karena itu, pemerintah setempat memperkirakan bahwa pendaftaran PPDB tahun 2022 akan berlangsung sesuai jadwal berikut:

KegiatanLokasiPelaksanaanWaktu
PendaftaranDaringJuni 202208.00 – 16.00 WIB
Verifikasi dan Validasi DataDaringJuni 202208.00 – 16.00 WIB
Pengesahan dan PelaporanDaringJuni 202208.00 – 16.00 WIB
PengumumanDaringJuni 202224 jam
Daftar UlangLuringJuni 202208.00 – 16.00 WIB

Tabel di atas baru sebuah prediksi saja, sehingga belum ada ketetapan yang pasti mengenai tanggal pelaksanaan. Untuk memperoleh informasi mengenai pendaftaran PPDB, Anda bisa langsung memantau pada website resminya.

Cara Pendaftaran PPDB Online 

Bagi orang tua yang anaknya baru akan melanjutkan ke SMP atau SMA/SMK, berikut adalah tata cara untuk mendaftar PPDB online. Pastikan koneksi internet dalam kondisi stabil, lalu ikut langkah-langkah berikut ini:  

  • Jalankan browser, lalu masuklah ke laman kotabogor.siap-ppdb.com. Anda bisa menyesuaikan alamat tersebut, sesuai dengan tempat tinggal. 
  • Tekan tombol Pengajuan Akun, lalu isi identitas yang diperlukan pada formulir pendaftaran sampai bagian akhir. 
  • Silakan cek ulang data dan pastikan semua informasi benar, lalu ceklis pada kolom persetujuan. Klik Lanjutkan. 
  • Anda akan memperoleh PIN atau token yang bisa digunakan untuk aktivasi. Silakan cetak lembar pengajuan akun tersebut sebagai tanda bukti.
  • Setelah mendapatkan token, kembali ke menu utama dari laman pendaftaran PPDB, lalu klik Aktivasi.
  • Input token dan nomor peserta, lalu ganti password. Klik Login.
  • Masuklah ke menu Daftar, kemudian lanjutkan dengan mengunggah berkas yang dibutuhkan. 
  • Selanjutnya, pada “Pilih Sekolah” Anda bisa mengisi dengan nama sekolah tujuan. Klik Lanjutkan. 

Tunggu sampai muncul notifikasi pernyataan, bahwa pendaftaran PPDB yang Anda lakukan sudah berhasil. Silakan unduh dan cetak formulir tersebut, karena nantinya akan diminta saat proses verifikasi dan validasi data di sekolah tujuan. 

Peringkat Sekolah Favorit

Belum ada gambaran akan memasukkan anak ke sekolah mana? Berikut sedikit ulasan mengenai peringkat sekolah favorit di Indonesia, berdasarkan hasil LTMP 2021 yang dirangkum dari beberapa sumber:

NoNama SekolahWilayahNilai
1.MAN Insan Cendekia SerpongTangerang Selatan637.807
2.SMAN Unggulan M.H. ThamrinJakarta635.675
3.SMAN 8 JakartaJakarta630.860
4.SMAS Unggul DelToba Samosir, Sumut630.177
5.SMAS BPK 1 PenaburBandung, Jabar618.415
6.SMAS 1 Kristen BPK PenaburJakarta Barat617.214
7.SMAN 3 YogyakartaD.I. Yogyakarta616.584
8.SMAN 5 SurabayaSurabaya615.600
9.SMAN 28 JakartaJakarta611.727
10.SMAN 1 YogyakartaD.I. Yogyakarta609.308
11.SMAN 81 JakartaJakarta607.402
12.SMA LABSCHOOL Kebayoran, Jakarta607.014
13.SMA Katolik St. Louis 1Surabaya604.896
14.SMAS Kristen 5 BPK PenaburJakarta Utara604.204
15.SMAS Santa Ursula BSDTangerang Selatan603.309
16.SMAS Kanisius Jakarta603.144
17.SMAN 8 YogyakartaD.I. Yogyakarta602.369
18.SMAS PAHOATangerang602.107
19.SMAN 34 JakartaJakarta601.490
20.SMAS Kristen 3 PenaburJakarta600.743
21.SMAN 68 JakartaJakarta598.806
22.SMAN Banua Banjar, Kalsel598.449
23.SMAS Kolese LoyolaSemarang598.006
24.SMAS Santa UrsulaJakarta597.814
25.MAN Insan Cendekia Gorontalo597.665

 

Baca Juga : Update Terbaru! Ketentuan Biaya UTBK dan Informasi Penting LTMPT Lainnya

 

Tips Masuk SMP dan SMA Unggulan

Melihat daftar di atas, semakin semangat untuk mengarahkan anak-anak tercinta ke sekolah favorit, bukan? Keinginan seperti ini sangat wajar, sebagai orang tua tentu Anda menginginkan yang terbaik bagi anak-anak.

Selain mengarahkan, Anda juga harus siap untuk mendampingi anak dan memberikan fasilitas pembelajaran yang lebih memadai. Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan, agar anak sukses pendaftaran PPDB dan bisa masuk ke sekolah unggulan:

  • Tentukan target sekolah tujuan, agar bisa memperkirakan hal apa saja yang perlu dilakukan. Dalam hal ini, sebaiknya orang tua melibatkan anak untuk berdiskusi dan menentukan pilihan sekolah.
  • Kuatkan niat dan tekad, agar anak tidak mudah menyerah karena harus berjuang lebih keras lagi. Inilah keuntungan mencari sekolah sesuai minat, sehingga anak tidak keberatan untuk berjuang.
  • Kurangi waktu bermain dan membuang-buang waktu tidak penting. Boleh main bersama teman-teman untuk sekadar bercengkerama, tetapi atur kapasitasnya agar tidak sampai mengganggu fokus anak. 
  • Belajar secara bertahap dan hindari sistem kebut semalam yang malah hanya akan membebani otak anak. Ujian sekolah adalah rangkuman dari seluruh pembelajaran di sekolah, maka sebaiknya dicicil perlahan agar tidak terlalu berat. 
  • Mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah, agar target pendaftaran PPDB berjalan sesuai impian.

 

Kenapa Harus Bimbel?

Sebenarnya, tidak ada aturan yang mengharuskan anak untuk mengikuti bimbingan belajar atau bimbel di akhir sekolah. Namun, beberapa manfaat berikut akan anak dapatkan dengan mengikuti bimbel:

  • Meningkatkan semangat belajar, karena biasanya peserta bimbel lebih dari satu anak. Secara tidak langsung, suasana pembelajaran akan semakin terasa seru dan menyenangkan. 
  • Anak mempunyai teman baru, sehingga ia mempunyai tempat sharing dan bertukar pengalaman lebih banyak lagi. Hal kecil seperti ini cukup bermanfaat, karena bisa menghindarkan anak dari stres. 
  • Mempelajari hal-hal baru, misalnya mengenai rumus atau teknik untuk menyelesaikan suatu soal yang belum diajarkan di sekolah.
  • Lebih terlatih, karena pihak bimbel seringkali memberikan soal-soal atau try out untuk melatih anak-anak. Latihan seperti ini bukan hanya menambah intelegence anak, tetapi juga mengasah mentalnya. 
  • Menambah wawasan, baik mengenai mata pelajaran, pendaftaran PPDB, maupun keberadaan sekolah yang sesuai minat anak. 
  • Meningkatkan kepercayaan di dalam diri anak, karena ia benar-benar merasa lebih siap, baik dari segi materi maupun mental.

Untuk mendapatkan semua manfaat di atas, tentu orang tua harus selektif dalam memilih bimbingan belajar. Anda bisa mencari informasi dari orang terdekat atau langsung menghubungi pihak Bintang Pelajar. 

Kunjungi langsung ke situsnya atau klik Bintangpelajar.com untuk mencari informasi lebih lengkap. Di sana, Anda bisa mengetahui tentang program dan layanan, fasilitas, fitur, dan tentunya paket harga.

Bagi yang masih meragu, silakan klik opsi Coba Kelas Gratis untuk sesi trial atau percobaan. Jika cocok dan sesuai dengan sistem pembelajaran, Anda baru melanjutkan ke tahap selanjutnya atau pembayaran. 

Fokus Bintang Pelajar bukan hanya mempersiapkan anak untuk menghadapi pendaftaran PPDB, tetapi juga menyelipkan pendidikan karakter. Sebab, ilmu akan terasa percuma tanpa adanya iman dan akhlak.

 

Referensi:

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak