Kenali dan Pahami Informasi SBMPTN 2023 Terbaru

Bagikan :

Informasi SBMPTN

 

Siswa-siswi SMA/SMK sederajat di tahun terakhir pasti akan fokus untuk lulus dan bisa masuk ke perguruan tinggi negeri. Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri tentu tidak mudah, kamu harus belajar dengan giat dan mempertahankan nilai selama sekolah. Salah satu cara untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri adalah melalui jalur SNMPTN. Informasi SBMPTN akan dijelaskan lebih lengkap pada pembahasan selanjutnya, ya.

 

Informasi SBMPTN yang Penting Kamu Ketahui

Informasi pertama yang penting kamu ketahui, yakni tentang SBMPTN itu sendiri. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan suatu jalur seleksi masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur tes. Ini adalah momen yang paling ditunggu oleh siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Namun, rupanya sebelum SBMPTN dilakukan, sudah ada yang namanya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

SNMPTN dilakukan dengan cara menggunakan nilai raport semasa sekolah yang dapat menjadi pertimbangan PTN apakah kamu dapat lolos masuk ke jurusan dan PTN yang diinginkan tersebut atau tidak. Sementara itu, SBMPTN adalah jalur tesnya, ini merupakan opsi kedua apabila kamu tidak lulus jalur SNMPTN.

SBMPTN ini memang opsi kedua yang bisa dilakukan oleh kamu sebagai siswa, namun rupanya tidak semudah itu juga untuk melakukannya. Karena, tes SBMPTN membutuhkan persiapan yang matang. Disini kamu harus banyak berlatih soal-soal SBMPTN jauh-jauh hari bahkan sebelum SNMPTN dilakukan.

Sainganmu di luar sana tentu masih banyak, sehingga dengan persiapan yang matang akan memudahkan kamu untuk melalui tes SBMPTN dengan baik.

Informasi SBMPTN yang akan dijelaskan disini adalah bagaimana proses seleksinya dan juga seperti apa ketentuannya. Maka dari itu, ketahui lebih lengkapnya pada pembahasan selanjutnya, ya.

Tujuan SBMPTN

Perlu diketahui bahwa untuk bisa melakukan SBMPTN, kamu harus melakukan UTBK terlebih dahulu. Hal ini memang menjadi syarat agar kamu bisa melanjutkan proses seleksi masuk perguruan tinggi negeri ini. Adapun tujuan SBMPTN yang perlu kamu ketahui, antara lain:

  • Menyeleksi calon mahasiswa apakah mampu menyelesaikan studi di perguruan tinggi dengan baik dan tepat waktu atau tidak. Hal ini ditentukan dari hasil UTBK dan kriteria lainnya yang telah ditentukan oleh pihak PTN, PTKIN, atau Politeknik Negeri.
  • Memberikan kesempatan untuk calon mahasiswa agar bisa memilih PTN, PTKIN, dan Politeknik Negeri secara lebih luas
  • Membantu perguruan tinggi untuk mendapatkan calon mahasiswa yang diperkirakan mampu menyelesaikan studi di PTN tersebut berdasarkan pada nilai akademik atau prestasi lain yang dimiliki oleh calon mahasiswa tersebut.

Syarat dan Ketentuan Informasi SBMPTN

Informasi SBMPTN ada ketentuan umumnya, yaitu terdiri dari materi tes seperti TPS, bahasa Inggris, dan juga TKA. Lalu, ada metode tes yang terdiri dari ujian tulis berbasis komputer (UTBK). Dalam proses SBMPTN ini terdapat 3 kelompok ujian, diantaranya saintek, soshum, atau campuran (saintek dan soshum).

Setiap siswa hanya dapat mengikuti tes SBMPTN satu kali setiap tahunnya. Sementara itu, untuk hasil tes, para siswa akan mendapatkan hasil tes secara individu.

Jadi, kamu dapat mengetahui secara mandiri lolos atau tidaknya ke perguruan tinggi negeri yang dipilih tersebut. Berikut ini merupakan persyaratan informasi SBMPTN yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Mempunyai akun LTMPT yang sudah permanen.
  • Siswa merupakan Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Siswa merupakan calon lulusan tahun 2022 yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Siswa atau peserta didik Paket C tahun 2022 dengan maksimal usia 25 tahun per 1 Juli 2022.
  • Siswa merupakan lulusan tahun 2020 dan 2021 yang dibuktikan dengan ijazah atau peserta didik Paket C tahun 2020 serta 2021 dengan maksimal usia 25 tahun per 1 Juli 2022.
  • Siswa yang tidak lulus jalur SNMPTN pada tahun 2020, 2021, 2022.
  • Untuk program studi Kedokteran dan Kedokteran Gigi hanya dapat dipilih oleh siswa dengan jurusan IPA saja.
  • Mempunyai kesehatan yang baik agar tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Untuk siswa yang memilih program studi Seni dan Olahraga diwajibkan untuk mengunggah portofolio.
  • Untuk siswa yang tuna netra maka wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra
  • Membayar biaya UTBK di bank Mandiri, BNI, BTN, dan BRI.

Daya Tampung SBMPTN 2022

Informasi SBMPTN berikutnya ialah mengenai daya tampung. Daya tampung ini adalah seberapa banyak calon mahasiswa yang dapat masuk ke perguruan tinggi negeri dengan persentase tertentu. Sebab, setiap perguruan tinggi menerapkan jumlah calon mahasiswa yang berbeda-beda, maka hal ini yang menjadi patokan bagi kamu juga untuk dapat bersaing dengan ribuan bahkan jutaan siswa lain di luar sana.

Diketahui daya tampung perguruan tinggi negeri di jalur seleksi SBMPTN ialah minimal 40% dari keseluruhan kuota mahasiswa baru yang dapat masuk. Jika kamu merupakan peserta UTBK maka sebaiknya kamu mempersiapkan diri juga untuk menghadapi SBMPTN karena kamu akan berebut kursi di PTN yang kamu inginkan dengan orang lain.

Informasi SBMPTN ini diperoleh menurut data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), untuk SBMPTN 2022 ini telah diikuti oleh 85 PTN di seluruh Indonesia. Sebagai contoh, tahun ini Universitas Lampung (Unila) menerima 5.729 orang di jalur SBMPTN untuk total 60 program studi.

Sementara itu, informasi SBMPTN lainnya dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang membuka 101 program studi dan menerima 4.741 orang di jalur SBMPTN. Jumlah calon mahasiswa tersebut memang lebih banyak daripada di jalur SNMPTN, namun rupanya akan terasa lebih sedikit ketika kamu mengikuti SBMPTN. Hal ini karena banyak juga siswa lain yang tertantang untuk turut bersaing di jalur SBMPTN.

Belajar Materi SBMPTN Bersama Bintang Pelajar

Apabila kamu memiliki tekad yang kuat untuk lolos perguruan tinggi negeri di jalur SBMPTN, maka kamu harus rajin belajar dan fokus pada perkembangan pengetahuanmu. Untuk itu, kamu dapat mengikuti bimbingan belajar dari Bintang Pelajar.

Bintang Pelajar merupakan salah satu lembaga bimbingan belajar yang dapat dilakukan secara offline maupun online. Dengan mengikuti bimbingan belajar, kamu tentu memiliki kesempatan yang lebih besar dibanding siswa lainnya, karena kamu akan diajarkan cara belajar yang cermat, tepat, dan cepat di bimbingan belajar.

Kami memiliki tim pengajar yang profesional dan berpengalaman, sehingga dapat membantu kamu untuk memahami materi-materi sekolah, khususnya yang berfokus untuk SBMPTN dan memperoleh informasi SBMPTN. Di sini, kamu akan belajar secara privat yaitu hanya 5 orang dalam 1 kelas. Tentu ini dapat membantumu untuk lebih fokus dan interaksi antara siswa dan guru lebih terarah.

Jika kamu berminat, sebaiknya langsung telusuri website Bintang Pelajar ini untuk mengetahui seputar informasi SBMPTN yang kamu butuhkan. Kamu juga bisa langsung datang ke alamat kami di Komp Ruko 24, Jl. Sholeh Iskandar No. 2, RT 01/RW 05, Kedung Jaya, kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor, Jawa Barat.

Sumber:

1

2

3

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu