Kini Bimbel Online Jadi Alternatif Terbaik untuk Siswa Berprestasi
bimbel online

Bagikan :

Bimbingan belajar online atau bimbel online sudah menjadi pilihan para orang tua dalam memberikan pelajaran tambahan kepada anaknya. Hadirnya bimbel dinilai sangat efektif dalam membantu meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang dipelajari di sekolah.

Pelaksanaan bimbel secara online merupakan transformasi setelah pandemi. Sejak diterapkannya sistem belajar di rumah, para pelajar harus beradaptasi dengan teknologi untuk mendukung pembelajaran. Nah, bimbel ini menjadi solusi yang paling banyak dipilih lantaran mudah dan praktis.

 

Apa Itu Bimbel Online?

Bimbingan belajar online adalah pembelajaran luar sekolah yang dilaksanakan secara online. Bentuknya bisa berupa kelas daring atau mentoring secara online. Sebagian besar mengenalnya dalam platform digital yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Hadirnya bimbel bertujuan untuk membantu siswa mengatasi kesulitan belajar di sekolah. Tutor di bimbel biasanya memiliki metode belajar yang unik sehingga lebih efisien dalam membantu pemahaman materi.

Melalui bimbel secara online, kamu bisa berkonsultasi langsung dengan tutor mengenai soal-soal yang kamu anggap sulit. Sebab, jika diselesaikan di sekolah, waktunya tidak akan cukup. 

Sementara itu, belajar sendiri di rumah juga malah membuatmu semakin pusing mengerjakan soalnya. Itulah sebabnya bimbel menjadi alternatif terbaik bagi para siswa.

 

Mengapa Harus Bimbel Online?

Alih-alih memilih bimbel offline, sekarang sudah banyak pelajar yang memanfaatkan platform online sebagai media belajarnya. Apa saja keuntungan jika mengikuti bimbingan belajar secara online?

  • Fleksibilitas

Bimbel yang dilakukan secara online tidak memiliki batasan tempat. Dengan kata lain, kamu bisa mengakses website bimbel dimanapun. Termasuk jika pembelajaran yang dipilih adalah Kelas Live interactive learning, maka akan mudah dalam memilih jadwal belajar. 

Hal ini tentu saja sangat memudahkan siswa dalam belajarnya. Kamu tidak perlu pergi jauh dan membuang banyak waktu, cukup di rumah dan memakai HP atau laptop saja sudah bisa belajar dengan efektif.

  • Materi Pelajaran Lengkap dan Berkualitas

Pihak bimbel memiliki database materi, soal, ataupun buku-buku referensi pendukung yang setiap tahunnya terus diperbarui. Dibandingkan buku cetak, sistem seperti ini sangat membantu siswa dalam belajar. Kamu mendapatkan banyak materi tanpa harus mengeluarkan biaya besar untuk mencetaknya.

Kualitas materi dan soal-soal pada bimbel online pun tidak boleh diragukan. Lembaga bimbel selalu mengikuti perkembangan kurikulum. Artinya, bimbel memastikan materi telah sesuai sehingga output belajar siswa pun berkualitas.

  • Belajar Lebih Menyenangkan

Bimbingan belajar yang tersaji secara online umumnya memiliki banyak inovasi. Contohnya saja dari segi video pembelajaran. Video dibuat sekreatif mungkin untuk menarik siswa agar memiliki semangat belajar. Dengan animasi-animasi dalam video, kamu pasti tidak mudah bosan bukan?

Belum lagi dengan tutor dengan metode mengajar yang menyenangkan. Siswa tidak perlu khawatir atau tegang, tetapi malah semakin menikmati kelasnya. Kondisi seperti ini pada akhirnya membuat pembelajaran lebih berkesan sehingga materi belajarnya juga mudah diingat

  • Melatih Disiplin dan Tanggung Jawab

Bimbel online bukan hanya meningkatkan kemampuan akademik. Akan tetapi juga turut membentuk karakter siswa. Belajar melalui internet berarti kamu diberikan kepercayaan untuk memanfaatkan waktu dengan baik. Meskipun online tetap harus disiplin dan bertanggung jawab agar output belajar sesuai yang diharapkan.

Dengan pembiasaan aspek disiplin dan tanggung jawab, siswa akan terbiasa sehingga menjadi karakter. Karakter seperti inilah yang membantumu sukses di kemudian hari.

  • Orang Tua Bisa Memantau Perkembangan Anak

Bukan hanya kamu yang ingin berhasil, orang tuamu juga pasti memiliki tujuan yang sama. Orang tua selalu mengupayakan yang terbaik untuk anak, termasuk dalam hal belajar. 

Melalui bimbingan belajar online, orang tua bisa memantau perkembangan belajarmu. Misalnya saja ada fitur rapor online yang memberi gambaran kemampuan anak dalam satu semester. Lalu akan ada evaluasi sehingga orang tua juga mengetahui hal-hal yang perlu kamu perbaiki atau tingkatkan.

Bimbingan online membantu meningkatkan prestasi belajar siswa secara efektif, yang terpenting, kamu mengikuti keseluruhan kelasnya agar tidak tertinggal ya. Tentu, tempat bimbel online terbaik dan menyenangkan saat ini hanya di tempat kami, Bintang Pelajar. Yuk, gabung bersama kami sekarang juga!

Referensi Artikel:

Artikel Lainnya

Persiapkan dirimu untuk menjadi pejuang SNBT tahun ini! 🔥

X

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda yang artinya,

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

HR. Bukhari, no. 1901

24 Ramadhan 1445 H

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,

“Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.”

HR. Ahmad

29 Ramadhan 1445 H

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” 

HR. Ath Thoyalisi

28 Ramadhan 1445 H

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.”

HR. Muslim

27 Ramadhan 1445 H

“Siapa yang menghadiri shalat ‘Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat ‘Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.

HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221

26 Ramadhan 1445 H

Al-Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata:

“Wahai seorang yang telah menyia-nyiakan umurnya dalam perkara yang tidak bermanfaat; perbaikilah apa yang sudah berlalu pada malam lailatul qadar, karena beribadah satu malam padanya sama seperti (beribadah) seumur hidup.”

Lathaiful Ma’arif hal. 272

25 Ramadhan 1445 H

Do’a Lailatul Qadar

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).”

HR.Tirmizi dan yang lainnya

23 Ramadhan 1445 H

Yahya bin Mu’adz pernah berkata,

ليس بعارف من لم يكن غاية أمله من الله العفو

“Bukanlah orang yang arif (bijak) jika ia tidak pernah mengharap pemaafan (penghapusan dosa) dari Allah.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 362-363

22 Ramadhan 1445 H

Dikatakan oleh Imam Malik dalam Al-Muwatha’, Ibnul Musayyib menyatakan,

“Siapa yang menghadiri shalat berjamaah pada malam Lailatul Qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam Lailatul Qadar tersebut.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 329

21 Ramadhan 1445 H