Manfaat Bimbel Online UTBK
Manfaat Bimbel Online UTBK, Serta Biaya Pendaftaran SBMPTN Lengkap

Bagikan :

Dengan kondisi saat ini dimana kegiatan pembelajaran sudah sebagian besar offline, namun masa pandemi kemarin membawa kebiasaan baru yaitu belajar online, dan memadukan antara dua cara belajar ini menimbulkan kebiasaan baru dan pada umumnya siswa memilih kelas tambahan atau ikut bimbel yang online karena dinilai lebih fleksibel. Setelah dijalani, ternyata cukup banyak manfaat bimbel online UTBK, berikut penjelasannya.

Manfaat Bimbel Online UTBK

 

Dalam menghadapi kerasnya persaingan ketika mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi favorit, tentunya kamu perlu melakukan persiapan yang matang. Sebab, bukan hanya kamu saja yang ingin lulus ujian ini, namun kamu perlu bersaing dengan ribuan calon peserta yang tentu memiliki niatan sama.

Banyak sekali siswa-siswi yang berjuang sekuat tenaga dengan belajar mati-matian agar dapat lulus serta masuk PTN impian mereka. Mulai dari mempelajari buku terkait, belajar secara intensif, les privat, bimbel secara offline, hingga melakukan bimbel online.

Salah satu alternatif belajar terbaik yang bisa kamu lakukan yakni dengan melakukan bimbel online UTBK. Bimbingan belajar yang satu ini bisa membuatmu mendapatkan ilmu tambahan dengan cara belajar yang menyenangkan, di mana saja dan kapan saja.

Bahkan, kesulitan dalam memahami materi PR ketika kamu belajar di rumah pun bisa teratasi hanya dengan bermodal gadget dan kuota internet. Agar lebih jelasnya simak ulasan berikut seputar manfaat dari melakukan bimbingan belajar secara online sebagai persiapan UTBK kamu nanti.

1. Lebih praktis dan fleksibel

Melakukan bimbingan belajar secara online ini dinilai lebih praktis, sebab kamu tidak perlu merasa repot untuk pergi ke lokasi atau tempat belajar terkait. Kamu hanya perlu duduk manis di rumah, sudah bisa mendapatkan ilmu tambahan dari tutor atau guru melalui handphone, komputer, atau laptop kesayanganmu.

Bukan itu saja, ini juga akan membuatmu lebih fleksibel saat menentukan jadwal serta cara belajarnya. Apakah kamu ingin belajar sambil rebahan di kamar? Atau ingin belajar di tengah malam atau pagi hari?

Ini cukup bebas, kamu hanya tinggal mengatur jadwal sesuai keinginan. Dengan adanya fleksibilitas seperti ini tentu bisa membuat proses belajar menjadi lebih fokus dan menyenangkan.

Sebab, kesiapan belajar kamu ditentukan oleh diri sendiri, bukan hanya mengacu pada guru atau tutor bimbel tersebut. Dengan hal ini, kesempatan kamu masuk PTN favorit semakin terbuka lebar, karena kamu bisa belajar dengan fokus dan konsisten.

2. Bimbel UTBK secara online memiliki fitur yang beragam

Uniknya dari bimbingan belajar online ini yakni menawarkan banyak fitur yang beragam serta menarik untuk mengoptimalkan proses belajar kamu. Sebut saja video pembelajaran yang berkualitas.

Misalnya video pembahasan mudah soal-soal UTBK, rangkumannya, hingga bank soal. Dengan adanya video yang disajikan tersebut bisa diputar berkali-kali. Jadi, saat kamu ingin mempelajari materi sebelumnya, kamu hanya perlu menonton ulang video tersebut.

Lebih menariknya lagi, biasanya bimbel secara online akan selalu memperbaharui dan meningkatkan fiturnya secara terus menerus sesuai dengan keperluan siswa. Ini bertujuan agar proses belajar semakin efektif dan kamu tidak bosan mengotak-atik berbagai fiturnya nanti.

3. Proses belajar akan semakin menyenangkan

Apabila materi pelajaran disampaikan oleh guru dalam bentuk yang sama secara terus menerus, sebut saja melalui tulisan pada buku pelajaran. Kemungkinan besar kamu akan semakin jenuh dan tidak akan fokus dalam menyerap materi tersebut.

Nah, dengan bimbel online UTBK ini biasanya para tutor akan menyajikan materi pembelajaran secara berbeda dan bervariasi.

4. Orangtua bisa mendampingi kamu belajar

Oleh karena bimbingan online ini bisa diakses di mana saja dan kapan saja, orang tua kamu bisa dengan bebas mendampingi selama kegiatan belajar di rumah. Meskipun tidak semua orang senang diperhatikan orang tuanya saat belajar, namun ini bisa memicu para siswa untuk lebih fokus belajar.

Dengan hal ini, orang tua pun bisa memantau sejauh apa pemahaman kamu dalam menguasai materi pelajaran tersebut. Jadi, peluang kamu dalam mengerjakan soal-soal UTBK pun bisa terukur dengan baik.

Dengan beberapa manfaat manfaat bimbel online UTBK tersebut, peluang kamu masuk ke perguruan tinggi favorit tentu akan semakin terbuka lebar. Jadi, dari sekarang coba daftarkan dirimu untuk mengikuti bimbel online UTBK di tempat terbaik.

Biaya UTBK SBMPTN

 

Sebagai langkah dalam persiapan UTBK SBMPTN, tentunya perlu dilakukan dalam berbagai hal. Bukan hanya masalah akademik, serta ketentuan spesifik lainnya. Namun, biaya UTBK pun perlu kamu persiapkan agar nanti tidak keberatan untuk mengeluarkannya.

Di tahun 2022, untuk UTBK sendiri terdapat dua jenis biaya, yang pertama jika kamu memilih ujian SAINTEK atau SOSHUM, kamu perlu mengeluarkan biaya pendaftaran sebesar Rp 200.000,00. Sementara itu, jika kamu memilih kelompok ujian campuran yakni SAINTEK dan SOSHUM, biaya pendaftaran yang harus dikeluarkan lebih tinggi, yakni sekitar Rp 300.000,00.

Jika sudah mengetahuinya, kamu bisa melakukan persiapan ini dari sekarang. Perlu diketahui, biaya pendaftaran UTBK SBMPTN ini bisa kamu bayarkan melalui bank BNI, BRI, BTN, serta bank Mandiri.

Sementara itu, bagi kamu yang berencana mendaftarkan diri untuk UTBK SBMPTN menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. Calon peserta sebelumnya sudah mendaftar di website KIP-K, dan selanjutnya perlu melalui tahap verifikasi.

Terdapat berbagai data penting yang nantinya perlu kamu lengkapi. Sebut saja data-data keluarga, keadaan ekonomi, kondisi rumahmu, jumlah hutang, hingga bagaimana jalur yang kamu ambil.

Dalam memastikan bahwa kamu terdaftar di KIP-K UTBK, kamu perlu memilih seleksi UTBK SBMPTN di website KIP-K tersebut. Untuk para calon peserta KIP Kuliah yang sudah lolos di tahap persyaratan, nantinya tidak akan dipungut biaya pendaftaran UTBK SBMPTN.

Jika kamu ingin mengetahui bahwa ini benar-benar free, saat nanti proses pendaftaran, kamu akan secara otomatis terverifikasi sudah membayar biaya pendaftaran.

Dengan begitu, kamu tidak perlu mengeluarkan uang senilai Rp 200.000,00. hingga Rp 300.000,00. bukan?

Bagi yang sudah membayarkan biaya tersebut, itu tidak bisa ditarik kembali dengan alasan apapun. Nah, apabila kamu sudah mengetahui hal ini, segala persiapan bisa dilakukan, bahkan bisa mendukung semangat serta kesiapan kamu dalam mengikutinya.

Tips Belajar UTBK SBMPTN

 

Melakukan bimbel online UTBK ini tentunya tidak bisa setiap hari. Untuk itu, ada beberapa tips dalam belajar untuk meraih hasil terbaik di UTBK dengan efektif yang bisa kamu terapkan sendiri, diantaranya:

Buatlah jadwal belajar secara rutin, dan akan lebih baik jika kamu menetapkan waktu yang sama setiap harinya agar terbiasa.
Pelajari konsep dasar materi, atau putar ulang video dari bimbel online yang sudah kamu dapatkan.
Rutinlah melakukan uji coba UTBK SBMPTN.
Selalu pelajari berbagai materi atau mata pelajaran baik dari sekolah maupun dari tempat bimbingan belajar kamu. Kerjakanlah materi yang sulit di waktu-waktu yang paling produktif serta materi yang mudah di saat yang sebaliknya.
Kamu perlu menetapkan prioritas serta goal, sebut saja akan mempelajari materi tertentu dalam dua jam.
Bintang Pelajar: Pilihan Bimbel Online UTBK Terbaik

 

Referensi: 1  2

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak