Mau Masuk Fakultas Teknik dengan Prospek Karier Gemilang?
mau-masuk-fakultas-teknik-dengan-prospek-karier-gemilang-persiapkan-les-sbmptn-mulai-dari-sekarang

Bagikan :

Siapa yang ingin kuliah di fakultas teknik? Fakultas ini memang banyak diincar calon maba (mahasiswa baru) karena prospek karirnya yang cemerlang. Untuk kamu yang ingin masuk teknik, lakukan persiapan terbaik contohnya dengan les SBMPTN mulai dari sekarang yuk! 

Deretan Jurusan Teknik dan Prospek Kariernya

Fakultas teknik terkenal sebagai fakultas yang sebagian besar mahasiswanya merupakan laki-laki. Namun, belakangan ini para perempuan juga banyak berminat ke jurusan teknik. Nah sebenarnya jurusan teknik apa saja yang banyak diminati? Lalu, prospek kariernya bagaimana ya?

  • Teknik Mesin
  • Seputar Teknik Mesin

Teknik mesin merupakan salah satu jurusan teknik yang paling banyak diminati calon mahasiswa baru. Pasalnya, jurusan ini menawarkan prospek kerja yang menjanjikan, Bagaimana tidak, hampir semua kegiatan sehari-hari menggunakan mesin untuk efisiensi kerja.

Untuk mempersiapkannya, banyak anak SMA yang sudah mulai les SBMPTN demi mendapatkan jurusan ini. Adapun hal-hal yang dipelajari antara lain prinsip-prinsip fisika yang diimplementasikan pada manufaktur, desain, dan pemeliharaan mesin.

  • Prospek Kerja

Kamu layak mengikuti les SBMPTN karena prospek kerja teknik mesin tersebar ke berbagai industri. Contohnya di industri teknologi, otomotif, manufaktur, pertambangan, dan sebagainya.

  • Teknik Sipil
  • Seputar Teknik Sipil

Selain teknik mesin, teknik sipil juga merupakan jurusan paling banyak peminatnya. Jurusan ini sangat erat kaitannya dengan infrastruktur. Tak jarang kamu menemui mahasiswa yang sedang praktik di proyek bangunan tertentu bukan? Nah itulah mahasiswa teknik sipil.

Dalam jurusan ini kamu mempelajari banyak hal seperti proses rancangan bangunan, renovasi, dan beragam jenis infrastruktur yang dapat digarap. Para pejuang UTBK serius mempersiapkan masuk jurusan ini karena teknik sipil banyak dibutuhkan dalam pembangunan infrastruktur.

  • Prospek Kerja

Adapun prospek kerja teknik sipil juga menjanjikan. Contohnya lulusan teknik sipil bisa bekerja di perusahaan konstruksi, properti, instansi pemerintah hingga menjadi pengembang mandiri. Tunggu apalagi? Siap jadi anak teknik sipil dengan les SBMPTN pada Bintang Pelajar!

  • Teknik Elektro
  • Seputar Teknik Elektro

Teknik elektro sangat erat kaitannya dengan elektron atau kelistrikan. Namun, tak hanya mempelajari listrik saja, sebagai mahasiswa teknik elektro nantinya kamu akan belajar sesuai konsentrasi mata kuliah pilihan yang diambil.

  • Prospek Kerja

Prospek kerja teknik elektro juga sangat luas. Kamu bisa masuk ke perusahaan PLTA, PLTU, industri listrik lainnya, telekomunikasi, otomotif, hingga perusahaan multinasional.

Tentu saja untuk meraih karir yang gemilang dari teknik elektro ini tidak mudah. Kamu harus giat dalam belajar dan bekerja keras dalam segala usaha misalnya mengikuti les SBMPTN. Siapkan fisik dan mental untuk menjadi orang sukses di bidang ini ya!

  • Teknik Industri
  • Seputar Teknik Industri

Jika jurusan teknik lain bisa bekerja di industri, lalu teknik industri bekerja dimana saja ya? Jurusan yang satu ini memang terdengar asing di telinga sebagian maba atau mahasiswa baru kalau kamu tidak mencari informasi lebih lanjut.

Dalam teknik industri, kamu akan belajar mengenai sistem manajemen industri. Nah secara langsung prospek kerja jurusan ini meliputi industri kecil sampai dengan industri besar. 

  • Prospek Kerja

Jenis pekerjaan yang ditawarkan pun tergolong beragam. Misalnya divisi engineering, divisi produksi, supply chain, perencanaan, dan sebagainya. Jika kamu benar-benar menginginkan jurusan ini, persiapkanlah dengan baik ya! Jika perlu, kamu dapat mengikuti les SBMPTN untuk mendukung kesiapanmu masuk kuliah.

  1. Teknik Kimia
  • Seputar Teknik Kimia

Kamu anak IPA yang gemar pelajaran kimia? Bisa jadi jurusan teknik kimia cocok denganmu. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana memanfaatkan proses kimia seperti mengubah bahan mentah menjadi bahan baku dan barang jadi untuk kemudian dijual sebagai produk yang bernilai.

  • Prospek Kerja

Jangan khawatir jika masuk teknik kimia lalu bingung kerja dimana. Jurusan ini memiliki jaringan prospek kerja yang luas. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di industri kimia, farmasi, menjadi konsultan, atau tenaga pengajar. Menarik bukan?

Namun, segala impian besar tersebut tidak mungkin tercapai ketika kamu hanya diam. Segeralah membuka buku dan belajar. Saat mengalami kesulitan, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan guru atau bisa mengikuti les SBMPTN untuk privat mentoring.

  1. Teknik Arsitektur
  • Seputar Teknik Arsitektur

Jenis jurusan teknik yang satu ini ditinjau tidak sesulit jurusan teknik lain. Menariknya lagi, jurusan teknik arsitektur tidak melulu berhubungan dengan keteknikan, tetapi juga memperhatikan sisi estetiknya sebuah bangunan.

Di jurusan ini, kamu akan banyak belajar tentang rancangan dan desain bangunan mulai dari ide, konsep hingga desainnya. Sementara itu, untuk merealisasikan konsep bangunan tersebut, mahasiswa teknik sipil lah yang akan mengambil alih.

  • Prospek Kerja

Mahasiswa teknik arsitektur terkenal akan menjadi arsitek. Ketika lulus, kamu bisa memulai karier dengan bekerja pada perusahaan properti atau konstruksi. Namun, tidak menutup kemungkinan kamu dapat bekerja pada bagian lain seperti perencanaan, peneliti, atau pengajar.

 

Baca juga : Mengenal Lebih Dekat Metode Blended learning

 

Tips Sukses di Jurusan Teknik

Untuk menduduki satu kursi di perguruan tinggi memanglah tidak mudah. Akan tetapi, setiap anak punya kesempatan yang sama. Waktu tiga bulan menuju UTBK banyak dimanfaatkan untuk belajar, latihan soal, atau bahkan les SBMPTN.

Terdapat sejumlah persiapan yang perlu kamu perhatikan sebelum masuk kuliah, khususnya di fakultas teknik dengan sebagian kecil jurusan-jurusannya tadi. Yuk simak informasi berikut ini!

  • Mempersiapkan Fisik dan Mental

Memasuki dunia kuliah pastinya lebih berat dibandingkan ketika kamu SMA. Apalagi untuk masuk jurusan teknik yang terkenal banyak hitungan, sebagian siswa mengikuti les SBMPTN demi mendapatkan pemahaman yang mendalam.

Jika dari segi akademis kamu sudah siap, cobalah untuk mencari informasi mengenai persyaratan fisik dari jurusan teknik. Contohnya beberapa jurusan teknik tidak menerima mahasiswa buta warna. Nah hal itulah yang mesti kamu perhatikan. Kamu juga dapat bertanya pada guru les SBMPTN yang juga merupakan alumni jurusan terkait untuk mendapat informasi seperti ini.

Kedua, siapkan mental untuk menghadapi perkuliahan teknik yang cukup berat. Kamu akan banyak berhubungan dengan praktik lapangan serta tugas-tugas lainnya. Tetap seimbangkan kegiatan kuliahmu dengan kegiatan lain agar mentalmu tetap sehat.

  • Menguasai Hardskill Jurusan Teknik

Jurusan teknik erat kaitannya dengan perhitungan. Dapat dikatakan seluruh jurusan teknik pasti selalu berhitung. Oleh karenanya, pastikan kamu sudah menguasai konsep berhitung dengan matang. Cara sederhananya adalah mendalami konsep dasar matematika. 

Kamu bisa belajar bersama untuk mendapat pengetahuan yang lebih mendalam melalui les SBMPTN Bintang Pelajar. Selain itu, cobalah merujuk pada jurusan yang kamu incar. Jika kamu ingin masuk arsitektur, sebaiknya kamu mulai mengenal perancangan bangunan dan melatih teknik desain. Hal ini akan sangat berguna membantumu beradaptasi pada saat awal masuk kuliah nanti.

  • Mengembangkan Skill Selama Kuliah

Selama berkuliah, jangan membuang waktu. Manfaatkanlah waktu untuk mengembangkan skill yang kamu punya. Hal ini berguna dalam menunjang karir setelah lulus. 

Kamu siap menjadi mahasiswa jurusan teknik yang mana nih? Pastikan untuk mempersiapkannya dengan baik ya. Jika perlu, kamu dapat mengikuti les SBMPTN bersama Bintang Pelajar karena banyak manfaat yang ditawarkan seperti mentoring, konsultasi, relasi, dan sebagainya. Ingat, masa depanmu kamu yang tentukan!

Selain itu, Bintang Pelajar juga telah berhasil membantu ribuan siswa yang ingin masuk ke perguruan tinggi favorit ataupun swasta dengan pilihan jurusannya masing-masing sesuai yang diinginkan untuk mencetak prestasi dan karya terbaiknya di masa depan. Jadi tunggu apalagi persiapkan les SBMPTN terbaikmu sekarang juga bersama Bintang Pelajar.

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak