Pengertian UTBK & Strategi yang Perlu Kamu Lakukan untuk Sukses UTBK!
pengertian-utbk-strategi-yang-perlu-kamu-lakukan-untuk-sukses-utbk

Bagikan :

Apa itu pengertian UTBK? Sebagai upaya Sukses UTBK apakah kamu sudah melakukan persiapannya? Atau bahkan belum, karena merasa UTBK ini masih jauh?

Saran kami, cari tahu dulu tentang UTBK. Setelah itu, lebih baik kamu melakukan persiapan dari sekarang. Belajar dari jauh-jauh hari sebenarnya lebih mengasyikan dan kamu tidak akan terburu-buru saat ujiannya nanti akan datang.

Yuk simak beberapa tips berikut ini sebagai upaya agar kamu bisa Sukses UTBK.

Pengertian UTBK

UTBK atau Ujian Tulis Berbasis Komputer adalah suatu tes untuk masuk perguruan tinggi yang dilaksanakan oleh LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Kurang lebih seperti itu pengertian UTBK sendiri.

LTMPT sendiri merupakan satu-satunya lembaga yang menyelenggarakan tes masuk ke perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Pelaksanaan UTBK ini nantinya akan digunakan untuk kamu mengikuti SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Jika disederhanakan, UTBK adalah nama ujiannya sedangkan SBMPTN adalah proses seleksinya.

Keunggulan pelaksanaan UTBK oleh LTMPT ini hasil tesnya lebih kredibel, terstandar dan terstruktur dan nilainya diberikan secara individu kepada kamu sebagai peserta. Dengan kamu mengikuti UTBK, itu menjadi syarat utama untuk Seleksi Bersama Masuk PTN, PTKIN hingga Politeknik Negeri.

pengertian UTBK sendiri memiliki tujuan untuk memprediksi calon mahasiswa yang dapat menyelesaikan studinya di perguruan tinggi dengan baik juga tepat waktu. Bukan hanya itu, UTBK juga dapat memberi kesempatan untuk calon mahasiswa mengikuti tes secara fleksibel, yakni memilih lokasi dan waktu tesnya.

Untuk kelompok ujiannya sendiri, UTBK terbagi menjadi tiga kelompok diantaranya:

  • Kelompok Ujian Saintek atau Sains dan Teknologi, yang mana materi untuk ujiannya TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) Saintek, sebut saja Matematika Saintek, Kimia, Biologi dan Fisika.
  • Kelompok Ujian Soshum (Sosial dan Humaniora), dengan materi ujiannya yakni TPS dan TKA Soshum, sebut saja Ekonomi, Geografi, Sejarah dan Sosiologi.
  • Kelompok Ujian Campuran, Saintek dan Soshum. Materi yang dipakai untuk ujian yakni TPS, TKA Saintek hingga TKA Soshum. 

 

Baca Juga : Pengertian SBMPTN

 

Pengertian UTBK & Strategi Sukses UTBKnya

Setelah mengetahui pengertian UTBK sendiri sebagai strategi Sukses UTBK dan persiapan kamu semakin matang, berikut kami berikan beberapa tips yang perlu dipersiapkan agar kamu Sukses UTBK tahun 2022 ini. Yuk simak penjelasannya berikut!

  • Bangunlah kesadaran mental

Mungkin ini adalah hal kecil yang sering dilupakan. Jika memang kamu benar-benar akan menyiapkan UTBK dari sekarang, kesadaran mental tentu diperlukan. Maksudnya, secara mental diri kamu harus memiliki kesadaran bahwa kamu akan menghadapi UTBK.

Sangat penting untuk membangun mindset, bahwa apa yang akan kamu usahakan saat ini memang tidak akan terlihat hasilnya sekarang atau bahkan minggu depan. Namun, hasilnya akan tetap keluar saat hasil UTBK-nya keluar.

Dengan begitu, mindset dan mental kamu akan membentuk pemikiran bahwa perjuangan yang saat ini sedang dijalankan, sifatnya jangka panjang. Banyak orang yang menyepelekan kesadaran mental ini dan sering merasa bahwa UTBK masih jauh hingga persiapannya kurang, dan alhasil waktu kamu akan habis serta output dari persiapan kamu tidak akan efektif.

  • Perbanyaklah informasi tentang UTBK 2022

Perlu kiranya mencari tahu informasi seputar UTBK. Kamu bisa mulai kepoin alur dan penilaian UTBK dari tahun sebelumnya, atau bisa juga cari tahu di Google sambil baca-baca website seputar UTBK tahun lalu.

  • Kerjakanlah soal UTBK serta evaluasi

Selanjutnya, cari tahu bagian mana dari soal-soal UTBK yang masih tidak kamu kuasai. Caranya, mulailah dengan mengerjakan berbagai soal UTBK dari tahun sebelumnya, dengan begitu kamu akan mendapatkan:

  • Pengalaman dalam mengerjakan soal UTBK
  • Bisa mengukur kemampuan kamu

Dengan kedua poin tersebut, kamu akan lebih siap untuk menghadapi ujian masuk ke perguruan tinggi lho!

  • Kepoin PTN dan jurusan impianmu di UTBK 2022

Selain beberapa hal sebelumnya, kamu juga bisa melakukan riset kecil-kecilan. Cari tahu segala sesuatu mengenai jurusan yang kamu impikan, mulai dari skor rata-rata yang bisa lolos di tahun sebelumnya, berapa jumlah peminatnya, hingga berapa banyak kuota mahasiswa baru yang akan diterima di PTN tersebut.

  • Periksalah materi latihan dan konsep dasarnya

Mungkin kamu bertanya-tanya, bagaimana sih cara kita mengetahui apakah sudah paham konsepnya atau tinggal melakukan latihan saja?

Nah, setelah kamu evaluasi bagian-bagian maupun topik mana saja dari soal UTBK sebelumnya yang banyak missed nya saat dikerjakan, kamu hanya perlu fokus di bagian tersebut. Kemudian, kerjakan topik soal untuk topik itu saja.

Kamu perlu fokus pada latihan soal yang sesuai dengan materi yang masih belum kamu kuasai, jangan mengerjakan latihan soal yang berisi campuran dari beberapa materi. Seperti, dari hasil mengerjakan soal UTBK tahun lalu kamu masih banyak salah dalam mengerjakan topik A, B, C, D.

Nah, selanjutnya, kamu coba meluangkan waktu untuk fokus mengerjakan latihan soal yang isinya topik A semua. Jangan mencampur dengan topik lain, dengan begitu akan terlihat apakah kamu kurang melakukan latihan soal ataukah memang kamu masih belum matang secara konsep.

  • Buatlah jadwal belajar

Membuat jadwal belajar juga penting untuk kamu lakukan. Dengan ini, intinya kamu akan membentuk kesadaran mental. Sehingga kamu bisa menentukan strategi yang tepat dari sisa waktu yang kamu miliki hingga pelaksanaan UTBK.

  • Tingkatkan rasa percaya diri

Salah satu kunci Sukses UTBK yakni rasa percaya diri. Ibaratnya, jika kamu akan perang, lalu kamu tidak percaya diri, nyali kamu nanti bisa ciut ketika bertemu lawan di medan tempur.

Jadi tingkatkan rasa percaya diri kamu dan satu lagi, jangan lupa untuk berdoa serta minta doa dari orang tua ya!

  • Ikutilah try out UTBK

Terakhir, setelah kamu melakukan berbagai strategi untuk Sukses UTBK di atas, jangan lupa untuk mengikuti try out UTBK. Hal ini tentu juga penting untuk dilakukan, karena kamu tidak mungkin hanya mempelajari soal UTBK tahun sebelumnya yang terus diulang-ulang.

Try out ini bertujuan agar kamu mempunyai variasi dalam melakukan latihan, dan level soalnya pun setara dengan apa yang akan kamu hadapi nantinya.

Jika memang kamu masih kebingungan mencari soal-soal UTBK tahun lalu yang bisa menjadi acuan kamu untuk ujian nanti. Kamu bisa bergabung bersama Bimbel Bintang Pelajar, disini kami banyak membahas soal-soal untuk UTBK.

Perlu kamu ketahui, soal-soal UTBK juga banyak jebakan yang tentu akan mempersulit kamu. Nah, di Bintang Pelajar, kamu bisa mendapatkan teknik pengerjaannya.

Sukses UTBK Bersama Bintang Pelajar

Jadwal pendaftaran untuk SBMPTN tahun 2022 ini sudah dirilis oleh pihak LTMPT! Maka dari itu, strategi Sukses UTBK yang sudah kami jelaskan sebelumnya perlu untuk kamu lakukan.

Jika memang kamu masih kebingungan mencari soal, bahkan mengerjakan soal-soal yang sudah kamu dapatkan dari berbagai sumber setelah melakukan riset seputar UTBK. Kami menawarkan solusi terbaik untuk membantu kamu menerapkan strategi Sukses UTBK ini, yakni dengan bergabung bersama bimbel kami, Bintang Pelajar.

Program-program kami menargetkan agar kamu bisa Sukses UTBK, seperti bisa lulus seleksi masuk PTN favorit kamu sesuai dengan minat dan bakat, membantu siswa menguasai materi bidang studi UTBK SBMPTN minimal 80%, menanamkan akhlak terpuji bagi siswa, dan banyak kelebihan lainnya.

Ayo, Sukses UTBK bersama Bintang Pelajar

 

Refrensi :

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak