Persiapan Menghadapi SBMPTN dengan Ikut Les SBMPTN Terdekat!

Bagikan :

Les SBMPTN Terdekat

 

===

Berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri menjadi impian bagi semua siswa yang sudah memasuki kelas 12. Salah satu jalur masuk PTN yang favorit adalah SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Saat kamu mengikuti les SBMPTN terdekat, biasanya akan diajarkan bagaimana cara mengerjakan soal dengan efektif waktu dan memaksimalkan usaha dengan skor yang besar.

Meski favorit, jalur yang satu ini sepertinya menjadi momok menakutkan bagi sebagian siswa karena dianggap memiliki tingkat soal yang sulit. Oleh karena itu, kamu harus sudah mempersiapkan segala hal untuk menghadapi SBMPTN di tahun 2023, terutama kamu yang sudah naik ke kelas 12. Yuk, simak uraian di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut seputar SBMPTN!

Daftar di Tempat Les SBMPTN Terdekat, Yuk!

Bagi kamu para pejuang PTN, jalur SBMPTN adalah jalur yang worth it untuk kamu perjuangkan, terlebih nilai ujian yang kamu pertaruhkan akan diadu dengan siswa-siswa lain di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, tidak jarang apabila jalur ini selalu banyak pesaing dan menjadi jalur terfavorit. Apabila kamu ingin bisa mengejar target SBMPTN, persiapkanlah semuanya minimal mulai dari memasuki kelas 11. Kamu bisa mulai ikut bimbingan belajar di les SBMPTN terdekat.

Kenapa harus kelas 11? Setelah kamu memasuki kelas 12, kamu akan dihadapkan banyak sekali ujian, tugas individu atau kelompok, dan masih banyak lagi. Tentunya kamu perlu menentukan prioritas utama dalam segala hal untuk mempersiapkan menghadapi SBMPTN. Kamu juga dipaksa untuk bisa mengatur waktu dengan baik supaya jadwal tugas dan persiapan jalur masuk PTN tidak berantakan.

Maksimalnya, kamu harus sudah mulai belajar materi SBMPTN saat memasuki semester 5, yaitu di waktu-waktu awal kamu naik ke kelas 12. Setidaknya kamu sudah harus tahu serba-serbi seputar SBMPTN, mulai dari persebaran materi, timeline, hingga persyaratan mengikuti ujiannya.

Persebaran Materi dari Tahun 2021 — 2022

Perlu kamu ketahui bahwa opini mengenai soal SBMPTN yang sulit itu memang benar adanya jika kamu salah mengambil strategi dan tidak mempersiapkan dari jauh-jauh hari. Biasanya, saat kamu mengikuti bimbel di les SBMPTN terdekat, kamu akan mendapat tips dan trik supaya bisa memaksimalkan hasil SBMPTN dengan usaha yang cukup.

Materi SBMPTN yang dirancang pun tidak sembarangan karena dibuat langsung oleh profesor-profesor yang sudah ahli pada bidangnya. Tingkat kesulitan soal SBMPTN adalah soal HOTS (high order thinking skill), yaitu soal yang harus dianalisa dan butuh pemikiran yang jauh lebih dalam.

Berdasarkan rumpunnya, materi SBMPTN dibagi 2, yaitu tes TPS dan TKA Saintek atau Soshum.

1. TPS (Tes Potensi Skolastik)

Soal TPS akan selalu ditemukan di berbagai tes tulis masuk PTN atau PTS. Ini karena TPS terdiri dari beberapa soal dengan materi dasar yang memiliki tingkat nalar yang cukup tinggi. Meski masih materi dasar, kamu tidak boleh meremehkan kelompok tes ini karena TPS sendiri memiliki bobot yang lebih tinggi daripada TKA di penilaian SBMPTN.

Banyak siswa-siswa yang juga kesulitan dengan soal TPS karena sebagian besar dari mereka sudah lupa materi SD dan SMP. Kelompok TPS di tahun-tahun sebelum 2022 memiliki 4 subtes, yaitu PU (Penalaran Umum), PBM (Pemahaman Bacaan Menulis), PPU (Pengetahuan dan Pemahaman Umum), dan PK (Pengetahuan Kuantitatif). Materi bahasa Inggris disatukan dalam subtes PPU.

Namun, di tahun 2022, ada perubahan dalam sistem pembagian subtesnya, yaitu PPU yang sepenuhnya berbahasa Indonesia.

2. TKA

TKA (Tes Kemampuan Akademik) mencangkup materi-materi yang dipelajari di sekolah sejak kelas 10. Tentu dengan materi yang lebih dalam dan luas.

Untuk kamu yang mengambil jurusan IPA atau Saintek, kamu bisa mengikuti SBMPTN rumpun Saintek dengan TKA yang terdiri dari Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Sedangkan untuk jurusan IPS atau Soshum, kamu harus menghadapi soal-soal TKA yang terdiri dari Ekonomi, Geografi, Sejarah, dan Sosiologi.

3. Bahasa Inggris

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, di tahun 2022, subtes PPU sudah sepenuhnya berbahasa Indonesia dan materi bahasa Inggris dipisahkan sendiri di kelompok tes yang berbeda.

Hal yang Perlu Dipersiapkan untuk Menghadapi SBMPTN 2023

Sebelum menghadapi soal-soal UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) pada jalur SBMPTN, kamu harus mempertimbangkan sekaligus memperhatikan beberapa hal ini supaya usaha belajar kamu akan berhasil :

1. Niat

Usaha akan berjalan searah dengan adanya niat. Tanpa niat, sampai kapan pun kamu tidak akan bisa berjalan maju meski memiliki cita-cita tinggi. Niatkan bahwa kamu ingin masuk PTN di tahun ini dan berhasil mendapatkan jurusan kuliah yang kamu inginkan.

Jangan lupa juga untuk menemukan motivasi belajar kamu supaya pantang menyerah dan hambatan proses belajar yang kamu persiapkan bisa dihadapi dengan bijak dan tepat.

2. Siapkan Mental

Menghadapi tes tulis masuk PTN rasanya seperti berperang dengan siswa-siswa lainnya di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kamu harus bisa mengasah mental agar bisa bertahan. Tidak hanya kemampuan otak saja, tetapi juga ketahanan mental supaya tidak berhenti di jalan.

Usahakan untuk tidak terlalu ambis di awal waktu. Ini ditakutkan akan membuat kamu kelelahan di tengah jalan sebelum menghadapi UTBK dan menjadi malas belajar. Materi yang sudah kamu persiapkan dengan matang jauh-jauh hari akan terlupakan. Oleh karena itu, belajarlah secukupnya dan mulai mempelajari materi yang menurut kamu sulit.

Di les SBMPTN terdekat biasanya akan memberikan kamu program pelatihan untuk mempersiapkan mental dan pemikiran yang kuat ketika UTBK nanti. Kami dari bimbel Bintang Pelajar, akan memberikan tips bagaimana caranya memaksimalkan usaha tanpa membuat kamu bosan dan tetap ambis sampai di hari-H.

3. Cicil Materi

Ambis bukan berarti sampai membuat kamu lupa waktu dan jatuh sakit. Belajarlah dengan santai dan nikmati prosesnya meski berat dan sulit. Kamu bisa mulai mencicil materi dari sekarang. Fokuskan pada subjek materi yang menurut kamu mudah lebih dahulu di awal. Ketika sudah mendekati hari-H, barulah pelajari materi yang sulit.

Untuk mendapatkan materi yang lebih lengkap dan informasi terkait persebaran materi dari tahun ke tahun, kamu bisa mengikuti bimbingan belajar di les SBMPTN terdekat atau belajar kelompok dengan teman supaya bisa berbagi soal.

4. Pilih Jurusan dari Sekarang

Banyak mahasiswa Indonesia yang mengaku salah memilih jurusan, lho! Kenapa ini bisa terjadi? Faktor penyebab utama adalah mereka terlalu terburu-buru dalam memilih jurusan dan tidak mencari lebih detail informasi terkait jurusan tersebut.

Salah jurusan sering dianggap hal sepele. Padahal, ketika kamu memasuki dunia perkuliahan yang tidak sesuai dengan passion atau kemampuan, kamu akan merasakan kesulitan beradaptasi dan ketidaknyamanan untuk beberapa waktu ke depan. Oleh karena itu, tentukanlah jurusan yang kamu inginkan dari sekarang. Jangan lupa untuk diskusikan juga dengan keluarga.

5. Bimbel

Meski harus mengeluarkan biaya, ada banyak manfaat ketika kamu mengikuti bimbingan belajar di les SBMPTN terdekat. Salah satu contohnya adalah bisa mendapatkan materi yang lengkap dengan bantuan tutor ahli dan informasi-informasi lainnya terkait SBMPTN.

Di bimbel, kamu juga akan diarahkan bagaimana cara belajar yang konsisten dan efektif untuk menghadapi UTBK. Kamu bisa mulai mengambil kelas bimbel ketika memasuki semester 5 atau 6.

Itulah dia terkait beberapa informasi SBMPTN 2023. Meski informasi resminya belum diumumkan oleh pihak LTMPT, setidaknya kamu bisa mendapatkan sedikit gambaran.

Bintang Pelajar – Tempat Les SBMPTN Terdekat

Untuk mendapatkan fasilitas belajar yang lengkap dengan kualitas tepat, kamu bisa belajar di Bintang Pelajar, tempat les SBMPTN terdekat yang sudah mengajar ribuan siswa dan membantu mereka dalam mencapai prestasi tinggi.

Yuk, ini saatnya kamu bergabung bersama Bintang Pelajar!

 

===

Sumber referensi :

1

2

===

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu