Saintek Adalah: Definisi, Materi, dan Trik Lolos UTBK

Bagikan :

Saintek Adalah

 

Saintek adalah kelompok ujian masuk perguruan tinggi yang mempunyai banyak peminat. Butuh tips dan trik khusus untuk mempersiapkan diri dan mental, agar lolos UTBK

====

Saintek adalah kepanjangan dari (Sains & Teknologi) yang termasuk ke dalam kelompok ujian masuk perguruan tinggi. Kepopuleran kelompok ujian saintek ini tidak kalah saing dengan ujian kelompok soshum.

Pada dasarnya, di Indonesia kelompok ujian masuk perguruan tinggi terbagi menjadi 2 bagian, yakni Saintek dan Soshum. Akan tetapi, kamu bisa memilih untuk mengikuti kelompok ujian keduanya. Kamu bisa memilih kelompok ujian masuk perguruan tinggi IPC atau Campuran.

Ada pun dalam artikel berikut ini, kami akan menjelaskan tentang kelompok ujian masuk perguruan tinggi saintek dengan segala kelebihannya. Berikut ulasannya :

Kelompok Ujian Saintek Adalah Pilihan Tepat?

UTBK sendiri ialah ujian tulis dengan basis komputer yang salah satu fungsinya untuk bisa masuk ke Perguruan Tinggi Negara. Dengan kata lain, nasib kamu masuk ke PTN juga tergantung pada hasil skor saat mengikuti UTBK.

Bagaimana, tertarik untuk masuk ke kelompok studi Saintek? Sebelum membuat keputusan, mari mengenal dan memahami kelompok studi dan jurusan ini secara mendalam terlebih dahulu.

Saintek sendiri merupakan kependekan dari “Sains dan Teknologi”. Maka pengertian saintek adalah kelompok ujian masuk perguruan tinggi yang masih berhubungan dengan dunia sains serta teknologi.

Siswa yang ingin mengambil kelompok studi ini harus berasal dari jurusan IPA, semasa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya, agar siswa bisa mengikuti pembelajaran di bangku kuliah, tanpa harus mengejar materi.

Sebab, secara materi memang berkesinambungan dengan beberapa mata pelajaran IPA. Dengan begitu, kamu tidak harus melompat terlalu jauh dan dosen juga tidak perlu mengulang pembahasan secara mendalam, cukup sekilas saja.

Kelompok Ujian Saintek Lumayan Banyak Diminati

Perlu kamu ketahui, bahwa jurusan Sains dan Teknologi ini masih terbagi lagi menjadi beberapa program studi atau biasa dikenal Prodi. Pada SBMPTN 2022 lalu, persaingan ketat prodi Sains dan Teknologi adalah sebagai berikut:

  • Prodi Keperawatan di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan keketatan 0.99%
  • Teknik Informatika di Universitas Padjadjaran dengan keketatan 1.09%
  • Jurusan Gizi di Universitas Sumatera Utara dengan keketatan 1.16%
  • Farmasi di Universitas Diponegoro dengan keketatan 1.32%
  • Ilmu Komputer di Universitas Negeri Jakarta dengan keketatan 1.42%
  • Teknik Informatika di Universitas Hasanuddin dengan keketatan 1.46%
  • Gizi di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan keketatan 1.54%
  • Psikologi di Universitas Sriwijaya dengan keketatan 1.56%
  • Farmasi di Universitas Syiah Kuala dengan keketatan 1.57%
  • Kedokteran Gigi di Universitas Diponegoro dengan keketatan 1.62%
  • Farmasi di Universitas Padjadjaran dengan keketatan 1.65%
  • Kedokteran di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dengan keketatan 1.67%
  • Farmasi di Universitas Mataram dengan keketatan 1.71%
  • Farmasi di Universitas Sebelas Maret dengan keketatan 1.74%
  • Teknologi Informasi di Universitas Sumatera Utara dengan keketatan 1.76%
  • Teknik Informatika di Universitas Negeri Malang dengan keketatan 1.77%
  • Teknik Mesin di Universitas Negeri Jakarta dengan keketatan 1.80%
  • Ilmu Komputer di Universitas Sumatera Utara dengan keketatan 1.82%
  • Informatika di Universitas Sebelas Maret dengan keketatan 1.84%
  • Psikologi di Universitas Padjadjaran dengan keketatan 1.84%

Materi Kelompok Ujian Saintek dan Tips Mengerjakan UTBK

Saintek adalah kelompok ujian masuk perguruan tinggi yang paling banyak diminati, sehingga persaingan pun pasti semakin pelik. Daftar di atas setidaknya bisa kamu jadikan sebagai gambaran, sekeras apa harus bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan diri.

Sebab, kamu akan bersaing dengan ribuan calon mahasiswa lain di seluruh Indonesia dengan latar belakang pendidikan dan kemampuan yang berbeda-beda. Perlu kamu ketahui, bahwa UTBK saintek adalah kumpulan dari beberapa materi berikut:

  1. Matematika

Soal matematika dalam UTBK saintek membahas materi tentang Aljabar 1 dan 2, Kalkulus (Integral, Turunan, dan Limit), Postulat Dasar, Probabilitas DP, Trigonometri DP, Matriks, Vektor dan Geometri Analisis, Suku Banyak, serta Dimensi Tiga.

Sedikit berbeda dengan matematika dasar, pada saintek lebih fokus pada subjek-subjek pelajaran yang tingkat kesulitannya terbilang lebih tinggi. Kunci mengerjakan materi matematika saintek adalah penguasaan materi tentang fungsi-fungsinya.

  1. Kimia

Pada dasarnya, soal-soal UTBK kimia saintek tidak terlepas dari konsep mol atau satuan pengukuran untuk zat-zat yang berukuran kecil (mikroskopik). Poin-poin penting di sini juga berkaitan dengan persamaan reaksi kimia beserta dinamikanya.

Dengan kata lain, materinya akan membahas seputar Sifat Koligatif, Larutan Buffer, Keseimbangan Kimia, Stoikiometri, Struktur Atom dan Sistem Periodik, Gas Ideal dan Kinetika Gas, Radioaktif, dan lain-lain.

  1. Biologi

Pembahasan yang sering muncul dalam biologi saintek adalah Metabolisme, Biokimia, Reproduksi Sel, Genetika, Mikroorganisme, Ekologi, Evolusi, Bioteknologi, Jaringan Tumbuhan, Anatomi dan Fisiologi Manusia, dan sebagainya.

Tips untuk mengerjakan biologi ini, kamu harus lebih rajin berlatih dari kumpulan soal UTBK tahun-tahun yang sebelumnya. Selain itu, pahami juga beberapa kosakata atau istilah biologi yang sering muncul dari keseharian, seperti fag atau makan.

  1. Fisika

Materi fisika pada saintek terbagi menjadi 2 bagian, yakni ringkas dan lengkap. Fisika ringkas terdiri dari Getaran Gelombang dan Bunyi (GGB), Starting Physics, Mekanika, Fisika Modern, serta Zat dan Kalor.

Sementara itu, fisika lengkap meliputi Mekanika Level Dasar, Mekanika Lanjutan, Fluida, Optika Geometri dan Optika Fisis, Special Physics Exploration, Starting Physics, dan lain-lain.

Konon, materi fisika saintek adalah soal yang paling sulit. Namun tidak perlu takut, kamu bisa mencoba dua tips untuk menaklukkannya. Pertama, pada materi tentang analisa dimensi, kenali satuan yang diketahui dan ditanyakan terlebih dahulu.

Kedua, interprestasi atau pahami soal tersebut secara saksama, jangan terburu-buru. Hal ini akan membantumu dalam memahami dan menganalisa hukum-hukum apa yang berlaku pada soal tersebut.

Trik Untuk Lolos UTBK SBMPTN Saintek

Meski harus bersusah payah terlebih dahulu, tetapi UTBK SBMPTN senantiasa diserbu para siswa setiap tahunnya. Hal ini tidak terlepas dari anggapan, bahwa perguruan tinggi milik negara mampu memberi prospek kerja yang menjanjikan.

Tak dimungkiri, rata-rata perusahaan memang akan memberi pertimbangan khusus bagi lulusan PTN, baik perusahaan milik pemerintah maupun swasta. Adapun trik lolos UTBK saintek adalah :

  1. Pilih Jurusan yang Tepat

Pemilihan jurusan sangat mempengaruhi perjuanganmu di UTBK. Pertama-tama, buat dan peringkatkan daftar jurusan yang kamu inginkan. Sebaiknya, pilihlah jurusan yang sesuai dengan bakat, minat, serta kemampuanmu.

Jangan mengikuti tren atau teman, karena memilih jurusan turut menentukan masa depanmu. Tidak sedikit mahasiswa semester akhir yang merasa, jika dia sudah salah dalam memilih jurusan.

Selanjutnya, cari tahu terlebih dahulu kira-kira seberapa besar minat para siswa pada jurusan tersebut. Dari sini kamu bisa mempersiapkan diri serta mental untuk menghadapi persaingan.

  1. Usahakan Pilih 3 PTN dengan Jurusan Sama

Menulis jurusan sama pada tiga universitas yang berbeda akan membuka peluang keberhasilan UTBK menjadi lebih besar. Lolos Saintek adalah gambaran konsistensi dan keseriusanmu dalam memilih jurusan serta bukti tanggungjawab untuk meraih masa depan.

  1. Belajar dengan Serius

Hal utama yang harus kamu miliki saat memiliki mimpi adalah bersungguh-sungguh dalam memperjuangkannya. Begitu juga saat kamu ingin lolos UTBK, maka niatkan diri untuk lebih serius belajar.

Meski sudah tidak lagi bersekolah, tetapi tidak ada salahnya jika kamu membuat jadwal belajar. Trik ini akan menghindarkanmu dari rasa malas, tetapi tentu butuh konsistensi untuk menjalankannya.

  1. Mengikuti Bimbel

Apabila kamu termasuk tipe yang gampang terkecoh dengan lingkungan, solusinya adalah mengikuti Bimbel atau Bimbingan Belajar. Di sini, kamu akan mendapatkan tambahan materi, bimbingan, serta latihan soal-soal.

Salah satu bimbel terbaik adalah Bintang Pelajar yang aktif membantu ribuan siswa di Indonesia untuk mencapai prestasi serta berakhlak terpuji. Lolos saintek adalah tanggung jawabmu, tetapi kami siap untuk membimbingmu mencapai kesuksesan belajar.

 

Link Referensi:

1

2

3

4

5

6

===

 

 

 

 

 

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak