Tak Boleh Asal, Ini 7 Strategi Sukses UTBK 2022
tak-boleh-asal-ini-7-strategi-sukses-utbk-2022

Bagikan :

Proses seleksi PMB atau Penerimaan Mahasiswa Baru semakin dekat. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah mulai membuka registrasi akun pada 4 Januari yang lalu. Dengan ini tentu kamu harus menyiapkan strategi sukses UTBK 2022.

Saat ini kamu pasti sudah mulai belajar mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022. Namun, perlu diperhatikan bahwa tidak hanya sekadar belajar, kamu juga harus memahami informasi dari LTMPT agar tidak salah langkah.

Informasi Terbaru PMB dari LTMPT  Untuk Bisa Sukses UTBK

Ketua LTMPT, Mochamad Ashari, memberikan penjelasan bahwa seleksi penerimaan mahasiswa baru 2022 terbagi menjadi tiga jalur, yaitu SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri, SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, dan Jalur Mandiri.

Dari ketiga seleksi tersebut, kuota masing-masing jalur berturut-turut adalah 20%, 40%, dan 30%. Sebagai penjelasan, berikut informasi terbaru mengenai masing-masing jalur seleksi. Pahami dengan benar agar kamu meraih sukses UTBK 2022 ya!

  • SNMPTN

SNMPTN adalah jalur seleksi yang didasarkan pada nilai raport dan prestasi akademik lainnya. Jalur seleksi ini ditetapkan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri (PTN).

Jalur SNMPTN dimulai dari pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak sekolah. Registrasi akun sekolah pada laman ltmpt.ac.id dimulai sejak 4 Januari 2022. Sementara itu, untuk registrasi akun siswa juga sudah dimulai pada 10 Januari.

  • SBMPTN

SBMPTN merupakan jalur masuk PTN yang didasarkan pada tes tertulis atau yang terkenal dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk sukses UTBK, kamu harus mengikuti prosedur yang ada dan mempelajari strategi pengerjaan soal UTBK.

Pendaftaran UTBK SBMPTN baru akan dimulai pada 23 Maret hingga 15 April mendatang. Pastikan kamu selalu mendapat informasi terbaru dari LTMPT agar bisa mendapat pengumuman sukses UTBK dan lolos PTN impian pada 23 Juni 2022.

  • Seleksi Jalur Mandiri

Jalur mandiri merupakan seleksi paling akhir yang dilaksanakan untuk dapat masuk PTN. Seleksi jalur mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Artinya, jadwal dan ketentuannya pun mengikuti perguruan tinggi terkait.

Namun, yang perlu digaris bawahi dari jalur mandiri ialah kuota yang ditetapkan maksimal hanya 30% dari total kuota. Adapun untuk prosedur jalur mandiri apakah tertulis atau menggunakan nilai UTBK, hal itu tergantung dari masing-masing perguruan tinggi.

Dari tiga jalur tersebut, jalur UTBK adalah jalur seleksi yang paling mungkin kamu perjuangkan. Nah, untuk sukses UTBK pun tidak mudah. Kamu harus bersaing dengan ratusan ribu pejuang lainnya demi mendapatkan satu kursi di perguruan tinggi negeri impianmu. 

Strategi Sukses UTBK yang Bisa Kamu Terapkan!

Untuk berjuang, kamu harus menempuh cara salah satunya melalui strategi sukses UTBK. Berikut tips dan strategi yang dapat kamu terapkan mulai dari sekarang.

  • Memilih Jurusan dan Universitas Impian

Sebelum memikirkan cara-cara berhasil dalam UTBK, kamu harus sudah memastikan pilihan jurusan dan universitas yang menjadi impianmu. Pilihan ini harus kamu tentukan secara benar, tidak asal-asalan, atau bahkan ikut-ikutan teman.

Dapat diketahui bahwa 87% mahasiswa mengaku salah jurusan. Hal ini pastinya akan berdampak pada studi selama empat tahun berkuliah. Selain itu, pilihan jurusan perlu diperhitungkan dengan peluang yang ada. Sebab, persaingan UTBK SBMPTN sangat ketat dari tahun ke tahun.

  • Pahami Syarat dan Ketentuan yang Ada

Dalam masa berjuang untuk sukses UTBK, semestinya kamu terus mengikuti perkembangan informasi yang ada. Pastikan informasi yang kamu dapatkan merupakan informasi resmi yang merujuk dari LTMPT.

Misalnya terdapat ketentuan pilihan jurusan. Jika kamu anak IPA dan berniat mengambil tes campuran, kamu harus paham bahwa tes yang kamu kerjakan merupakan gabungan dari tes pelajaran IPA dan IPS.

Informasi dan ketentuan seperti itulah yang harus kamu pahami sejak awal. Hal ini sangat penting untuk meminimalisasi agar kamu tidak salah langkah dalam mengambil keputusan kedepannya. Jangan sampai tertinggal update informasi ya!

  • Belajar Mulai dari Sekarang

Tidak ada kata terlambat dalam belajar. Tidak ada kata cukup untuk memulai. Yang paling baik adalah lakukan dari sekarang. Tidak peduli kamu merasa terlalu lambat atau terlalu cepat, belajar saja dulu.

Kesuksesan tidak pernah menunggu waktu kamu menaklukkan ragu. Sebab, apa yang kamu lakukan hari ini pasti akan berdampak pada masa depanmu. Jika kamu belajar sekarang, setidaknya kamu mampu selangkah lebih dekat dengan impianmu.

  • Memperbanyak Latihan Soal

Untuk sukses UTBK, kamu harus menempuh ujian tertulis. Sesuai informasi LTMPT 2022, tes yang diujikan sesuai dengan rumpun yang dipilih. Jika ingin memilih program studi (prodi) rumpun saintek, kamu harus mengambil tes saintek.

Begitu juga sebaliknya jika ingin memilih rumpun soshum, kamu harus mengikuti tes soshum. Adapun jika kamu ingin mengambil prodi campuran misalnya kedokteran dan manajemen, kamu harus menempuh tes campuran.

Masing-masing kelompok ujian tersebut pasti memiliki tingkat kesulitannya tersendiri. Oleh karena itu, untuk menghadapi soal sulit, kamu harus banyak latihan soal. Dengan berlatih soal, kamu akan semakin akrab dengan model soal sehingga bisa menemukan pola jawaban.

  • Mengikuti Tryout

Jika selama ini kamu hanya latihan soal sendirian, cobalah untuk mengikuti tryout atau simulasi SBMPTN. Banyak mengikuti tryout akan membantumu untuk sukses UTBK 2022.

Dalam tryout, selain mendapat model soal yang beragam, kamu juga bisa mengukur kemampuanmu dibandingkan pejuang PTN lainnya. Ingatlah untuk fokus pada peningkatan kemampuan, bukan membandingkan diri dengan orang lain.

  • Banyak Berdoa

Sukses UTBK tidak cukup hanya dengan usaha saja. Selalu ada iringan doa setiap keberhasilan seseorang. Bahkan, doa berperan lebih besar dibandingkan usaha. Perlu diingat juga kamu tidak boleh berdoa secara asal-asalan.

Luruskan niat terlebih dahulu. Kamu berjuang masuk PTN dengan tujuan untuk menuntut ilmu, meningkatkan taraf hidup setelah lulus nanti, dan doa-doa baik lainnya.

Dengan meluruskan niat seperti itu, disertai usahamu dalam belajar yang serius, Tuhan tentu mendengarkan seluruh doamu. Percayalah bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik dalam setiap langkah perjalananmu.

  • Menjaga Kesehatan Menjelang Hari Ujian

Bayangkan jika kamu sudah menyiapkan UTBK selama enam bulan bahkan lebih. Namun, pada saat menjelang pelaksanaan ujian, kesehatanmu justru menurun. Hal ini tentu saja mengganggu performamu dalam berpikir.

Bukankah otak yang jernih diperoleh dari fisik yang sehat? Nah, oleh karena itu, kamu harus menjaga kesehatanmu selalu. Seimbangkan antara belajar dan istirahat serta minum vitamin jika perlu. Ingat, jangan terlalu keras pada diri sendiri karena aset terbesar untuk sukses UTBK ada pada dirimu.

Bagaimana dari 7 tips tersebut, sudah siap untuk sukses UTBK 2022? Selalu lah yakin pada dirimu sendiri karena masa depanmu, kamu yang tentukan. Jangan khawatir jika kamu masih membutuhkan bimbingan belajar.  Bintangpelajar.com telah aktif membantu ribuan siswa dalam mencapai mimpinya untuk sukses dari segi akademik. Sekarang saatnya kamu bergabung!

Baca Juga : Pentingnya Bimbel Masuk PTN untuk Mengantarmu ke Gerbang Perguruan Tinggi Impian

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak