Tes Masuk PTN Favorit Jadi Lebih Mudah dengan Ikut Bimbel
tes masuk ptn favorit

Bagikan :

Tes Masuk PTN Favorit

======

Sebelum hari kelulusan sekolah, sebagian besar siswa Menengah Atas akan mulai mempersiapkan berbagai hal untuk bisa masuk ke perguruan tinggi. Sudah jadi rahasia umum bahwa Perguruan Tinggi Negeri menjadi favorit kebanyakan siswa. Tak heran jika banyak siswa belajar kembali. Agar bisa lolos saat ikut tes masuk PTN favorit.

Untuk masuk PTN favorit pasti banyak pesaingnya. Seluruh calon maba di Indonesia akan berlomba-lomba mempersiapkan segala hal supaya bisa diterima PTN favoritnya. Kamu juga harus ikut mempersiapkan hal tersebut dengan cara mulai memperbanyak mengerjakan latihan soal. Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar untuk bisa mengerjakan contoh-contoh soal tes masuk PTN nya.

Seberapa Penting Ikut Bimbel Agar Lolos Tes Masuk PTN Favorit?

Masuk PTN favorit memang menjadi impian sebagian besar siswa. PTN favorit pastinya memiliki keunggulan lebih dibanding Perguruan Tinggi lain. Seperti halnya dari segi biaya, PTN biasanya lebih terjangkau dibanding PTS untuk biaya semesterannya.

Alasan tersebut menjadi salah satu hal yang membuat banyak siswa ingin lolos tes masuk PTN favorit. Tidak heran jika terdapat banyak siswa ikut bimbel agar bisa lolos saat mengikuti tes PTN. Bahkan kini bimbel untuk tes masuk PTN tidak hanya bisa dilakukan secara offline saja, melainkan juga secara online.

Namun tetap saja, bimbel yang dilakukan secara tatap muka jauh lebih efektif dibandingkan hanya melalui online saja. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti bimbel melalui lembaga pendidikan tertentu. Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat ikut bimbel.

1.       Persiapan Lebih Matang

Pada saat kamu ikut bimbingan belajar, persiapan tes masuk PTN favorit dapat dilakukan lebih matang. Kamu bisa mengerjakan berbagai latihan soal yang nantinya bisa keluar saat ujian berlangsung. Selain itu persiapan fisik dan mental akan jauh lebih matang, karena akan selalu dipantau oleh pihak bimbel.

2.      Diajarkan Oleh Tenaga Pendidik Profesional

Untuk memahami materi pelajaran, akan sangat sulit jika tidak dibimbing oleh guru profesional. Saat kamu ikut bimbel, sudah pasti akan mendapatkan guru yang profesional dalam bidangnya. Bahkan nantinya kamu juga akan mendapatkan tips & trik khusus agar lebih mudah untuk mengerjakan soal ujian.

3.      Manajemen Waktu Lebih Maksimal

Pada saat belajar secara mandiri tidak semua siswa dapat memanage waktu dengan baik. Berbeda halnya jika mengikuti bimbel, manajemen waktu untuk belajar menjadi lebih maksimal. Manajemen waktu yang baik sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik dan mental. Tubuh jadi tidak mudah sakit namun tetap bisa mengerjakan latihan soal dengan baik.

Jadi, seberapa penting ikut bimbingan belajar saat akan tes ujian PTN? Jawabannya sudah pasti sangat penting mengingat beberapa keuntungan di atas yang dapat membantu lolos seleksi tes masuk PTN favorit. Untuk itu, kamu bisa segera mendaftar mengikuti bimbel terbaik seperti di Bintang Pelajar mulai dari sekarang.

Inilah 4 Strategi Lolos Tes Masuk PTN Favorit

 

Ada banyak jalur yang bisa kamu ikuti agar bisa masuk PTN favorit. Mulai dari ikut SNMPTN, SBMPTN, ataupun seleksi mandiri. Berbagai jalur masuk perguruan tinggi tersebut dilakukan secara berkala. Kamu bisa coba mengikuti SNMPTN terlebih dahulu. Jika ternyata dinyatakan belum lolos, maka kamu bisa mengikuti jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Jalur tersebut dilakukan dengan cara mengikuti ujian berupa Tes Kemampuan Skolastik

Sesuai peraturan terbaru dari Kemendikbud 2023. Kamu perlu mendaftar dan memenuhi persyaratan yang diperlukan saat ujian nantinya. Tentunya kamu harus mengetahui informasinya secara mendetail terlebih dahulu.

Agar lolos tes masuk PTN favorit, sudah pasti kamu harus lebih giat belajar. Bahkan persiapan lainnya seperti jadwal ujian juga harus disiapkan dengan matang. Jangan panik, kamu bisa mengikuti beberapa strategi di bawah ini agar bisa lolos saat ikut tes masuk PTN favorit.

Pilih Prodi Sesuai Kemampuan dan Minat

Setiap PTN pastinya memiliki prodi yang bisa dipilih secara bebas oleh siswa. Sebelum kamu memutuskan untuk mengikuti tes masuk PTN. Pastikan untuk memilih prodi yang tepat. Sesuaikan juga dengan kemampuan dan minatmu. Perlu diketahui bahwa beberapa PTN ada yang mengharuskan setiap pesertanya untuk menyertakan nilai UTBK.

Hal ini membuat kamu harus memilih jurusan yang sesuai dengan rumpun ilmu yang dipilih. Pemilihan prodi yang tepat sangatlah berpengaruh terhadap semua persiapan yang sudah dilakukan selama ini. Jangan sampai persiapan tersebut menjadi sia-sia, kamu harus bisa tetap fokus untuk mengejar target yang telah ditentukan.

Ketahui Kuota Daya Tampung PTN Pilihan

Kamu sebagai calon peserta tes ujian untuk masuk PTN, sudah seharusnya mengetahui daya tampung dari perguruan tinggi pilihanmu. Setiap jalur tes yang akan kamu ikuti biasanya memiliki daya tampung yang berbeda-beda. Bahkan kuota tersebut juga bisa berbeda-beda setiap PTN dan tergantung pada program studi yang dipilih.

Ketahui informasi mengenai daya tampung prodi studi melalui website resmi PTN pilihanmu. Informas seperti sangat penting untuk kamu ketahui, agar lebih semangat belajar agar bisa lolos masuk PTN favoritmu.

Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan sebelum mengikuti tes masuk PTN favorit menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Jangan sampai kamu terlalu fokus belajar tanpa memperhatikan kondisi tubuhmu yang mulai lelah.

Sebaiknya saat merasa tubuh lelah, segeralah istirahat. Jaga kesehatan tubuh dengan istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan olahraga secara rutin. Kamu juga jangan melupakan untuk berdoa agar nantinya diberikan hasil yang terbaik.

Perbanyak Mengerjakan Latihan Soal

Hal terakhir yang paling penting untuk kamu lakukan, adalah memperbanyak mengerjakan latihan soal. Saat ujian berlangsung kamu harus menjawab beberapa soal dengan waktu tertentu. Jika tidak pernah mengerjakan latihan soal, pasti akan kesulitan untuk menjawabnya. Untuk itu kamu harus lebih semangat lagi dengan memperbanyak latihan soal.

Latihan mengerjakan soal bisa lebih mudah dilakukan jika kamu memiliki guru profesional. Kamu bisa mengikuti bimbingan belajar agar mendapatkan guru handal yang siap membantumu saat mengerjakan latihan soal. Kamu juga bisa bebas menanyakan soal tertentu kepada guru saat merasa kesulitan untuk mengerjakannya.

Nah,kamu bisa mengikuti bimbingan belajar masuk PTN favorit disini. Untuk mendapatkan tempat bimbel terpercaya, kamu bisa mendaftar di Bintang Pelajar. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari bimbel ini. Mengerjakan soal didampingi pengajar profesional yang ahli dibidangnya. Tidak hanya belajar, bimbel kami juga memiliki visi mencetak  siswa berprestasi dan senantiasa memiliki akhlak mulia.

 

Jika, kamu ingin tahu keunggulan lainnya dari Bintang Pelajar. Langsung saja cek website reseminya disini. Jangan tunggu terlalu lama, segera lakukan pendaftaran mulai dari sekarang.

Beberapa strategi tes Masuk PTN favorit di atas perlu kamu lakukan sedini mungkin. Segala persiapan harus segera kamu lakukan agar tidak terlalu mendadak dari jarak waktu ujian berlangsung. Terlebih lagi kegiatan mengerjakan latihan soal harus dilakukan secara rutin. Semoga sukses dan bisa masuk PTN favoritmu, semangat!

 

1 2 3

 

 

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak