Tips Belajar 2023 dengan Menggunakan Bimbel Online SMA
bimbel online sma

Bagikan :

Bukan hal yang aneh ketika bimbel online SMA diandalkan di waktu anak SMA kesulitan menghadapi pelajarannya. Namun supaya bisa belajar dengan baik secara online, siswa juga perlu melakukan beberapa langkah khusus. Berikut Ini tips belajar 2023 ketika menggunakan bimbel online SMA:

Menjaga Mood Ketika Belajar

Mood yang bagus merupakan salah satu kunci belajar yang sukses. Sebab, anak usia berapapun akan merasa kesulitan untuk menerima materi pelajaran ketika sedang letih atau tengah dalam suasana hati yang kurang baik.

Karena itulah penting untuk menjaga mood ketika belajar termasuk ketika mengikuti bimbel secara online. Meski bimbel online bisa diatur sendiri waktunya, anak tetap perlu belajar untuk menjaga mood supaya bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

Ciptakan Suasana Belajar Senyaman Mungkin

Supaya anak dapat menyerap materi pelajaran secara maksimal. Penting untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman. Murid bisa menciptakan sendiri suasana belajar yang diinginkan yang kemungkinan besar tidak bisa dilakukan ketika belajar secara offline. 

Pilih Lokasi Favorit

Salah satu kelebihan dari sistem belajar online adalah tidak mengharuskan siswa untuk belajar di kelas. Artinya, siswa bisa memilih lokasi belajar yang diinginkannya selama bisa mengakses materi untuk belajar. Hal ini tentu membuat siswa bisa memilih lokasi belajar favorit supaya tidak jenuh. 

Dapat Melakukan Banyak Latihan Secara Mandiri

Tidak semua siswa bisa memahami pelajaran hanya dari teori. Tidak sedikit siswa yang membutuhkan banyak latihan untuk mengerti pelajaran.

Hal itu bisa terwujud ketika siswa mengikuti bimbel online SMA. Sebab, siswa dapat mengakses sendiri materi pelajaran secara online dan berlatih mengerjakan soal latihan secara mandiri. Dengan begitu kemampuan siswa akan dapat terlatih dan tidak bingung dalam menghadapi berbagai macam soal nantinya.

Menjauhkan DIri dari Gangguan yang Mungkin Datang 

Lokasi belajar yang bebas ditentukan sendiri, membuat siswa yang mengikuti program bimbel online SMA rentan terkena gangguan yang mungkin datang secara tiba-tiba. Misalnya, teman yang mengajak bermain.

Karena itulah penting bagi siswa yang mengikuti sistem belajar secara online untuk menjauhkan diri dari hal yang mungkin mengganggu ketika proses belajar dimulai.

Lakukan Secara Berkelanjutan

Perlu diingat kalau belajar merupakan sebuah proses tiada henti dan tidak memiliki batas. Karena itulah ada baiknya kalau siswa SMA yang mengikuti program bimbingan belajar secara online konsisten melakukannya.

Jika proses belajar dilakukan siswa secara konsisten, materi yang terlihat sulitpun akan bisa dipahami. Konsisten belajar juga akan membantu siswa untuk tidak cepat lupa kepada hal yang sudah dipelajarinya. 

Bisa Belajar Kapan Saja

Salah satu perbedaan yang mencolok antara proses belajar offline dan online adalah waktu belajar. Siswa bisa belajar kapan saja sesuai dengan waktu yang diinginkan jika mengikuti kelas online. Karena itulah, siswa bisa menentukan sendiri kapan waktu belajar yang diinginkannya dengan mengikuti kelas online.

Baca juga : 8 Rekomendasi PTN Di Jakarta Yang Naik Daun Tahun 2023

Dengan begitu, siswa bisa mengatur dan membagi waktu antara belajar dengan mengikuti berbagai kegiatan lain supaya tidak saling bentrok dan akhirnya berantakan.

Itulah beberapa tips belajar 2023 yang bisa dicoba ketika siswa ingin mengikuti program bimbel online SMA. Perlu diingat kalau meski lebih bebas dibandingkan dengan sistem belajar biasa yang dilakukan secara offline, bimbel online juga perlu dilakukan secara konsisten supaya murid bisa memperoleh hasil yang maksimal. Jadi bagaimana dengan Anda? Apakah ada langkah yang sudah pernah Anda coba? Point mana yang paling sering Anda lakukan? Hubungi Nomor berikut untuk informasi bimbel : 0822-2666-8651

Artikel Lainnya

Persiapkan dirimu untuk menjadi pejuang SNBT tahun ini! 🔥

X

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda yang artinya,

“Barangsiapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.

HR. Bukhari, no. 1901

24 Ramadhan 1445 H

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda,

“Celakalah seorang hamba yang mendapati bulan Ramadhan kemudian Ramadhan berlalu dalam keadaan dosa-dosanya belum diampuni.”

HR. Ahmad

29 Ramadhan 1445 H

Dari Ibnu Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar adalah malam yang penuh kelembutan, cerah, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar lemah dan nampak kemerah-merahan.” 

HR. Ath Thoyalisi

28 Ramadhan 1445 H

الْتَمِسُوهَا فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ – يَعْنِى لَيْلَةَ الْقَدْرِ – فَإِنْ ضَعُفَ أَحَدُكُمْ أَوْ عَجَزَ فَلاَ يُغْلَبَنَّ عَلَى السَّبْعِ الْبَوَاقِى

“Carilah lailatul qadar di sepuluh malam terakhir, namun jika ia ditimpa keletihan, maka janganlah ia dikalahkan pada tujuh malam yang tersisa.”

HR. Muslim

27 Ramadhan 1445 H

“Siapa yang menghadiri shalat ‘Isya berjamaah, maka baginya pahala shalat separuh malam. Siapa yang melaksanakan shalat ‘Isya dan Shubuh berjamaah, maka baginya pahala shalat semalam penuh.

HR. Muslim no. 656 dan Tirmidzi no. 221

26 Ramadhan 1445 H

Al-Imam Ibnu Rajab Al-Hanbali rahimahullah berkata:

“Wahai seorang yang telah menyia-nyiakan umurnya dalam perkara yang tidak bermanfaat; perbaikilah apa yang sudah berlalu pada malam lailatul qadar, karena beribadah satu malam padanya sama seperti (beribadah) seumur hidup.”

Lathaiful Ma’arif hal. 272

25 Ramadhan 1445 H

Do’a Lailatul Qadar

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU ’ANNII (artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf—menghapus kesalahan–, karenanya maafkanlah aku—hapuslah dosa-dosaku–).”

HR.Tirmizi dan yang lainnya

23 Ramadhan 1445 H

Yahya bin Mu’adz pernah berkata,

ليس بعارف من لم يكن غاية أمله من الله العفو

“Bukanlah orang yang arif (bijak) jika ia tidak pernah mengharap pemaafan (penghapusan dosa) dari Allah.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 362-363

22 Ramadhan 1445 H

Dikatakan oleh Imam Malik dalam Al-Muwatha’, Ibnul Musayyib menyatakan,

“Siapa yang menghadiri shalat berjamaah pada malam Lailatul Qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam Lailatul Qadar tersebut.”

Latha-if Al-Ma’arif, hlm. 329

21 Ramadhan 1445 H