Tips Belajar Efektif untuk Persiapan PPDB SMP & SMA Unggulan
tips-belajar-efektif-untuk-persiapan-ppdb-smp-sma-unggulan

Bagikan :

Masuk ke sekolah favorit memang menjadi impian bagi setiap anak yang akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Tentu saja hal ini berlaku buat kamu yang akan memasuki SMP dan SMA. Untuk itu, kamu perlu mengetahui bagaimana tips belajar efektif untuk menghadapi tes seleksi PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) .

Saat ini seleksi PPDB dilakukan secara online mengingat pandemic Covid-19 yang masih ada di Indonesia. Tentu saja hal ini juga memberikan kemudahan buat kamu untuk mendaftar sekolah tanpa harus berkerumun di sekolah.

Bagaimana Tips Belajar Efektif untuk Masuk SMP dan SMA Favorit?

Sebagai persiapan memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik di jenjang SMP maupun SMA, kamu bisa mulai mempersiapkannya dari sekarang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa diterima di sekolah yang kamu impikan, akan tetapi apakah kamu sudah belajar dengan efektif?

Nah, buat kamu yang belum bisa memanfaatkan waktu belajar dengan baik, berikut adalah tips belajar efektif yang bisa kamu praktikkan :

  • Buatlah suasana belajar yang nyaman

Setiap anak memiliki gaya belajarnya sendiri, untuk itu kamu perlu mengenali gaya belajar yang sesuai dengan kamu untuk mendapatkan suasana belajar yang nyaman. Pastikan kamu belajar di tempat yang nyaman sehingga bisa lebih fokus.

Kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik atau belajar di tempat yang sepi. Hal ini bisa kamu sesuaikan dengan gaya belajar yang nyaman buat kamu, sehingga hal ini tidak bisa disamakan dengan temanmu.

  • Pilih waktu belajar yang tepat

Memilih waktu belajar yang tepat juga berpengaruh terhadap kualitas belajarmu. Untuk itu, kamu bisa memilih waktu yang sesuai dengan kenyamananmu, seperti setelah subuh, sore hari, malam hari, atau waktu lainnya.

Dengan memilih waktu belajar yang tepat, maka kamu bisa mendalami materi dengan optimal serta fokusmu tetap terjaga dengan baik.

  • Mencatat pokok-pokok materi pelajaran

Tips belajar efektif selanjutnya adalah mencatat pokok-pokok materi pelajaran. Dari setiap materi yang telah diajarkan, tentu ada materi-materi pokok yang terdapat di dalamnya. Kamu bisa mencatat setiap pokok materi tersebut. Kemudian, temukanlah kata-kata kunci yang ada dalam materi tersebut.

Kamu bisa mencatat pokok-pokok materi tersebut dengan membuat ringkasan materi atau peta konsep yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman untuk belajar. Ini pun bisa menjadi tips belajar efektif untuk bisa masuk SMP dan SMA favorit yang kami inginkan. 

  • Memahami dan mengembangkan materi yang telah dipelajari

Dari pokok materi yang sudah kamu tulis, maka kamu bisa mengembangkannya dengan menjawab beberapa pertanyaan atau mengaitkannya ke berbagai fenomena yang ada. Hal ini akan membuatmu untuk belajar berpikir kritis, lho!

  • Mengerjakan latihan soal

Untuk mengasah kemampuanmu di setiap materi yang sudah dipelajari, maka kamu bisa mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan apa yang telah kamu pelajari. Soal-soal ini bisa mengukur seberapa paham kamu dengan materi yang sudah kamu pelajari

Dalam hal ini, kamu tidak perlu menghafal semua materi karena yang dibutuhkan dalam tips belajar efektif adalah pemahaman yang tinggi terhadap materi yang kamu pelajari.

  • Mengikuti bimbel di luar jam sekolah

Nah tips belajar efektif yang satu ini juga bisa kamu ikuti. Saat pelajaran di sekolah yang kamu dapatkan belum maksimal dan kamu mengalami kendala saat belajar sendiri di rumah, maka kamu juga bisa menambah jam belajar di luar sekolah dengan mengikuti bimbel.

Melalui bimbel, kamu bisa mendalami materi yang sudah diajarkan di sekolah dengan optimal. Bahkan kamu bisa lebih fleksibel untuk menanyakan materi apa saja yang sekiranya masih belum kamu pahami.

  • Istirahat yang cukup

Tips selanjutnya adalah istirahat cukup. Untuk bisa diterima di SMP dan SMA favorit, tentu saja kamu perlu belajar dengan rajin. Akan tetapi, kamu juga harus mengetahui bagaimana kondisi tubuhmu.

Kamu harus tetap mengatur waktu istirahatmu dengan baik agar kamu tidak jatuh sakit. Dengan menjaga pola istirahat dengan baik, maka kamu bisa tetap belajar dengan kondisi yang fit.

Strategi Masuk SMP SMA Unggulan melalui Tips Belajar Efektif

Tips belajar efektif tidak hanya bisa kamu terapkan untuk memasuki sekolah favorit. Kamu bisa menerapkan cara-cara belajar efektif untuk masuk ke sekolah unggulan. Jumlah siswa yang diterima di sekolah unggulan biasanya sangat terbatas, bahkan syarat yang diberikan juga cukup banyak.

Hal ini dilakukan untuk menyaring peserta didik yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan oleh sekolah unggulan, baik di jenjang SMP maupun SMA. Nah, apakah kamu siap untuk masuk SMA SMA unggulan? Ikuti strateginya berikut ini!

  • Mencatat informasi pendaftaran

SMP SMA unggulan biasanya memiliki syarat yang agar berbeda untuk pendaftaran peserta didik baru. Untuk itu, kamu harus lebih giat untuk mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya. Kamu juga perlu mencatat tanggal-tanggal penting yang ada pada informasi pendaftaran.

  • Ketahui syarat dan ketentuan administrasi

Untuk masuk ke sekolah unggulan, maka kamu perlu mendaftar dan memenuhi syarat administrasi yang telah ditentukan oleh sekolah. Hal ini menjadi syarat pertama yang menentukan kamu berhak mengikuti seleksi berikutnya atau tidak.

Biasanya syarat administrasi ini berupa rata-rata nilai rapor dai jenjang sebelumnya, mulai dari semester 1 hingga semester 5. Jika nilai rata-rata rapornya sesuai dengan nilai rata-rata minimal yang ditentukan, maka kamu bisa melanjutkan ke seleksi berikutnya.

  • Mempersiapkan tes dengan belajar efektif

Agar dapat diterima di sekolah unggulan yang kamu inginkan, maka usaha yang kamu lakukan tidak hanya berdoa, tetapi juga belajar dengan giat. Untuk itu kamu bisa mengikuti dan menerapkan tips belajar efektif untuk persiapan seleksi di sekolah unggulan.

  • Mengikuti tes dengan baik

Setelah syarat administrasi diterima, tentu saja kamu bisa melanjutkan ke tahap tes selanjutnya. Biasanya terdapat tes akademik, tes umum hingga psikotes. Hal ini dapat berubah-ubah sesuai dengan kebijakan sekolah yang kamu tuju.

Tetaplah untuk menjalankan tes dengan baik agar impianmu untuk masuk ke sekolah unggulan bisa tercapai.

  • Tidak kecewa berlebihan atau bahagia berlebihan

Saat hasil seleksi diumumkan, maka hanya ada dua kemungkinan yang terjadi, antara lolos atau tidak lolos. Jika kamu lolos, maka kamu tidak perlu untuk berbahagia berlebihan karena ini adalah tahap awal yang masih panjang untuk diperjuangkan.

Jika kamu tidak lolos, maka kamu tidak perlu kecewa berlebihan, karena kamu masih bisa mencoba untuk mengikuti seleksi di sekolah lainnya. Meskipun kamu tidak diterima di sekolah unggulan tersebut, kamu juga tetap memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mencapai target pendidikan selanjutnya.

 

Baca juga : Tidak Hanya Mengerjakan Soal Latihan UTBK, Ketahui Juga Kapan Waktu Terbaik Untuk Belajar

 

Informasi PPDB SMP dan SMA Terbaru

Tahun ajaran baru akan segera dimulai, tentu saja bagi kamu yang akan memasuki SMP atau SMA perlu mengetahui bagaimana informasi PPDB yang berlaku saat ini.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu agenda yang tahunan yang telah tertulis pada Permendikbud No. 44 Tahun 2019 tentang penerimaan peserta didik baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui 3 jalur yang berbeda, yaitu :

  • Jalur Zonasi

Jalur zonasi merupakan jalur pendaftaran peserta didik baru yang memprioritaskan jarak tempat tinggal terdekat dengan sekolah dalam zonasi yang telah ditetapkan.  Berikut adalah beberapa model zonasi yang telah ditetapkan di beberapa Pemerintah Daerah di Indonesia, baik tingkat Provinsi, Kota/Kabupaten :

  1.   Model zonasi batas daerah (kota/kabupaten,, kecamatan, kelurahan)
  2. Model zonasi radius jarak mapping
  3.   Model zonasi table bobot jarak
  4. Model zonasi pilihan sekolah
  5. Model zonasi rayon
  • Jalur Prestasi

Jalur prestasi merupakan jalur pendaftaran peserta didik baru yang memiliki prestasi dan berada di luar zonasi sekolah. Prestasi dapat digunakan sebagai penentuan seleksi maupun pemberian nilai tambah berdasarkan jenis dan tingkat prestasinya.

  • Jalur Pemindahan Tugas Orang Tua/Wali

Jalur pemindahan tugas orang tua/ wali merupakan jalur yang ditujukan bagi peserta didik yang berdomisili di luar zonasi sekolah yang bersangkutan karena perpindahan tugas dari orang tua/wali sehingga akan mengalami perpindahan domisili.

Ketiga jalur pendaftaran tersebut saat ini telah dirangkum dengan praktis melalui Layanan SIAP PPDB Online. Sistem layanan ini dirancang untuk memberikan fasilitas otomatis tentang pelaksanaan PPDB, baik dari proses pendaftaran, seleksi, hingga pengumuman hasil seleksi.

Layanan juga dapat membantu sekolah dalam melaksanakan PPDB dengan mudah, cepat, akurat, akuntabel, dan transparan secara online. Selain itu, kemudahan ini juga bisa kamu dapatkan di masa pandemi Covid-19 ini.

Dengan adanya layanan PPDB online ini, siswa dan orang tua dapat dengan mudah melakukan pendaftaran ke sekolah baru tanpa harus datang ke sekolah sehingga meminimalisasi kerumunan di sekolah.

Penutup

Apakah kamu salah satu yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah favorit atau unggulan? Nah, tetaplah selalu berdoa dan berusaha untuk mencapai apa yang kamu inginkan dengan menerapkan tips belajar efektif di atas.

Pastikan kamu telah mendapatkan bimbingan belajar yang tepat untuk memudahkan kamu mendapatkan kualitas belajar yang baik melalui kami di Bintangpelajar.

Bintang Pelajar merupakan bimbingan belajar yang telah aktif membimbing ribuan siswa untuk mencapai mimpinya masuk ke sekolah favorit hingga universitas impian serta membantunya berprestasi optimal dan berakhlak terpuji. Jadi tunggu apa lagi? Segera bergabung dengan kami di Bintang Pelajar sekarang juga!

 

Sumber refrensi :

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak