Update Terbaru! Ketentuan Biaya UTBK dan Informasi Penting LTMPT Lainnya
update-terbaru-ketentuan-biaya-utbk-dan-informasi-penting-ltmpt-lainnya

Bagikan :

Biaya UTBK menjadi persoalan yang cukup mendapat perhatian dari para pejuang UTBK. Pasalnya mereka harus mempersiapkan biaya sekaligus persiapan akademik seperti mengikuti bimbel UTBK.

Biaya UTBK SBMPTN 2022

Persiapan UTBK SBMPTN harus dilakukan dalam berbagai hal. Saat ini mungkin kamu masih sibuk menyiapkan dari sisi akademik. Ketika pendaftaran UTBK akan dimulai, kamu baru menggali ketentuan spesifiknya, termasuk biaya UTBK.

UTBK tahun 2022 mematok dua jenis biaya. Pertama untuk kelompok ujian Saintek dan Soshum akan dikenakan biaya sebesar Rp200.000. Sementara itu, untuk kelompok campuran (saintek-soshum) biaya yang ditanggung yaitu Rp300.000.

Biaya UTBK SBMPTN 2022 dibayarkan melalui bank mandiri, BNI, BTN, atau BRI. Perlu diketahui bahwa biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.

Dengan mengetahui biaya UTBK tersebut, kamu dapat mempersiapkan nominalnya dari sekarang. Hal ini tentu mendukung semangat dan kesiapanmu dalam mengikuti UTBK ditambah lagi belajar melalui bimbel UTBK. Belajar terus dan jangan cepat puas ya!

Biaya UTBK untuk Calon Peserta KIP Kuliah

Bagi kamu yang berniat mendaftar KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah), tentu harus mengikuti informasi dan ketentuan terkini terkait KIP Kuliah. Calon peserta KIP Kuliah sebelumnya telah mendaftar pada website KIP-K untuk selanjutnya harus melalui verifikasi. 

Terdapat data-data yang harus kamu isi seperti data keluarga, kondisi rumah, keadaan ekonomi, jumlah utang dan piutang, sampai dengan pilihan jalur yang kamu ambil. Untuk memastikan kamu terdaftar KIP-K keperluan UTBK, kamu wajib memilih seleksi UTBK SBMPTN pada website KIP-K tersebut.

Adapun bagi para calon peserta KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar Kuliah) yang lolos persyaratan, mereka tidak akan dipungut biaya pendaftaran UTBK SBMPTN. Untuk mengetahui biaya ini benar-benar gratis, ketika pendaftaran nanti kamu secara otomatis terverifikasi telah membayar.

Syaratnya, kamu juga harus menginputkan nomor pendaftaran KIP Kuliah pada website SBMPTN. Integrasi ini sangat penting agar sistem SBMPTN mencatat kamu sebagai pendaftar KIP Kuliah. Jangan sampai terlewat ya!

Sebagian uang pendaftaran ini dapat kamu manfaatkan untuk keperluan lainnya. Jika pejuang lain harus membayar Rp200.000 atau Rp300.000, kamu dapat memanfaatkan uang yang kamu punya untuk mengikuti bimbel UTBK agar semakin matang dalam persiapan.

Kuota KIP Kuliah Tahun 2022

Informasi terbaru oleh LTMPT dapat kamu akses selalu pada website resmi atau media sosial resmi milik LTMPT. Selain itu, jika kamu mengikuti bimbel UTBK, pihak bimbingan belajar juga rutin memberikan info terbaru, bahkan strategi yang jarang dibagikan kepada orang lain.

Kuota KIP-K untuk setiap universitas akan berbeda. Hal ini disebabkan oleh karena universitas memiliki kebijakan masing-masing. Untuk itu, penting sekali ketika kamu masuk bimbel UTBK untuk mengomunikasikan universitas mana yang kamu inginkan.

Dengan begitu, informasi tentang universitas terkait akan diupdate secara berkala. Contohnya, UI membuka KIP-K untuk seluruh jalur seleksi, dari SNM, SBM, dan SIMAK UI reguler. Namun, kampus UI terkenal sebagai kampus yang sulit ditembus. Oleh karenanya, para pejuang KIP-K harus bekerja lebih keras agar mampu mendapat makara impiannya.

Sementara itu, kampus UGM selalu memberikan kuota KIP-K yang cukup banyak. Bahkan, kuota yang diberikan UGM masuk dalam top 10 kuota KIP-K terbanyak di Indonesia. Hal ini ditunjukkan bahwa UGM membuka KIP-K pada seluruh jalur masuknya.

Adapun untuk kampus Airlangga, kuota KIP-K yang dibuka secara pasti ada pada jalur SNM dan SBM. Namun, dalam beberapa gelombang, Unair juga membuka KIP-K untuk jalur mandiri.

Bagaimana dengan Undip? Kuota KIP-K di Undip terbuka untuk jalur SNM, SBM, dan mandiri. Sementara itu, untuk jalur SBUB atau seleksi jalur prestasi lainnya tidak membuka KIP-Kuliah. 

Baca Juga : Cara Lancar Seleksi Test Masuk PTN

Tips dan Trik Soal UTBK

Setelah mengetahui biaya dan kuota untuk calon peserta KIP-K, sudah semestinya kamu berfokus mempersiapkan diri dari sisi akademik. Pelajarilah konsep dasar materinya kemudian latihan soal-soal terkait.

Dalam bimbel UTBK, kamu akan diberikan latihan soal secara rutin. Tidak menutup kemungkinan juga kamu berlatih secara mandiri agar lebih mahir. Nah, berikut ini kami berikan tips dan trik menjawab soal UTBK untuk beberapa tipe soal.

  • Soal Pemahaman Isi Bacaan

Dalam tes UTBK, terdapat soal yang mengujimu dalam memahami bacaan. Beberapa paragraf disajikan, lalu kamu diminta melengkapi penggalan kalimat dalam paragraf tersebut.

Contoh soalnya seperti “kata yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah…” atau “judul yang tepat untuk bacaan di atas yaitu…”. Untuk mengerjakannya, cobalah eliminasi opsi mulai dari yang paling tidak relevan.

Secara lebih mendalam, bimbel UTBK Bintang Pelajar akan banyak memberikan soal jenis ini untuk meningkatkan pemahamanmu.

  • Soal Penalaran Kebahasaan

Soal penalaran kebahasaan berhubungan dengan kaidah penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kaidah yang digunakan selalu merujuk pada KBBI dan PUEBI, termasuk di dalamnya meliputi tanda baca dan ejaan.

Untuk menjawab soal ini, bimbel UTBK Bintang Pelajar memberikan tips untuk kamu sering-seringlah membaca kata baku dan kata tidak baku, memahami pembentukan kata dan frasa, serta aturan kebahasaan lainnya.

  • Tips Menjawab Soal TPS

Tes Potensi Skolastik atau TPS memiliki bobot yang tinggi dalam UTBK SBMPTN. Pihak bimbel UTBK juga seringkali memberikan materi khusus mengenai TPS ini. Berikut beberapa tips yang dibagikan Bintang Pelajar untuk menjawab jenis soal TPS.

Untuk jenis soal bacaan, kamu disarankan untuk membaca soalnya terlebih dahulu, bukan membaca bacaannya dahulu. Ketika membaca soal, kamu cenderung lebih fokus mencari jawaban dibandingkan mengembangkan pemikiran dari bacaan yang tersedia.

Kedua, banyaklah belajar KBBI dan PUEBI. Keduanya merupakan kaidah kebahasaan yang mesti kamu pahami dengan benar. Sebab, banyak soal TPS yang akan merujuk pada KBBI ataupun aturan PUEBI.

Soal UTBK tahun lalu juga sering disuguhkan oleh pihak bimbel UTBK. Biasanya tipe soal yang diujikan merupakan tipe soal sejenis sehingga sangat penting mempelajari pola soal dari tahun ke tahun.

Tips selanjutnya adalah melakukan review materi, terutama untuk materi yang belum dikuasai. Dalamilah materi yang belum kamu kuasai, cobalah berlatih soal yang lebih banyak agar mampu menambah pemahaman.

Tips khusus untuk bacaan yang panjang, cobalah untuk mempelajari teknik skimming dan scanning. Teknik skimming adalah teknik yang digunakan untuk menemukan gagasan inti. Pertanyaan yang muncul seperti “apakah topik utama paragraf tersebut?” Melalui teknik skimming, kamu tidak perlu membaca seluruh bagian paragraf.

Sementara itu, teknik scanning bertujuan untuk menemukan informasi spesifik dalam bacaan. Penerapannya kamu harus mencari kata kunci apa yang ditanyakan. Setelah itu, cobalah cari pada bacaan yang sekiranya membahas tentang hal itu. Keuntungan scanning ini membantu dalam menemukan kata kunci secara cepat.

Tips terakhir ialah melakukan evaluasi. Dalam setiap pertemuan bimbel UTBK, kamu tentu sering diajak untuk mengevaluasi kemampuan diri. Tidak hanya diukur berdasarkan nilai, tetapi juga diukur dari pemahamanmu pada suatu materi. Evaluasi ini sangat penting agar kamu dapat memperbaiki yang kurang dan meningkatkan yang sudah berjalan baik.

Itulah sederetan informasi yang harus diketahui pejuang UTBK SBMPTN 2022. Jika kamu membutuhkan bimbel UTBK, segeralah hubungi Bintang Pelajar untuk mendapatkan penawaran terbaik.

 

Referensi:

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak