Wajib Tahu Ini Dia Prospek Jurusan Psikologi Soshum di Dunia Kerja

Bagikan :

Psikologi Soshum

 

===

Kamu sedang berkeinginan untuk kuliah, namun masih bingung dengan jurusan apa yang ingin kamu ambil? Jurusan psikologi soshum mungkin bisa menjadi pertimbangan kamu. Jurusan psikologi menjadi jurusan favorit generasi muda di Indonesia, ditambah lagi hampir seluruh perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia memiliki jurusan ini.

Jurusan psikologi adalah program studi yang mempelajari tentang manusia, mempelajari tentang mental, tingkah laku, dan juga pikiran manusia. Dengan kemampuan menganalisis pikiran dan juga tingkah laku akan membuat lulusan dari jurusan psikologi banyak dimanfaatkan untuk mengisi beberapa posisi di dunia kerja yang relevan dengan posisi yang dibutuhkan.

 

Prospek Jurusan Psikologi Soshum di Dunia Kerja

Nah, bagi kamu yang sedang berkuliah ataupun memiliki keinginan untuk masuk jurusan psikologi, berikut adalah beberapa prospek kerja untuk lulusan psikologi.

1. Menjadi Psikolog

Sesuai dengan nama dan juruan yang diambil. Lulusan psikologi soshum nanti bisa menjadi psikolog yang berkaitan dengan manusia atau kejiwaan seseorang.

Psikologi juga terbagi menjadi beberapa jenis, ini bisa kamu ambil apabila kamu berminat diantaranya seperti Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, Psikologi Forensik, atau Psikologi Klinis. Hal ini bisa kamu ambil apabila kamu berminat pada salah satunya.

2. HRD (Human Resources Department)

Pekerjaan ini menjadi pekerjaan yang paling umum untuk jurusan psikologi soshum, karena berkaitan dengan mengamati dan menilai kepribadian seseorang secara lebih baik .

Biasanya, pekerjaan yang dilakukan saat menjadi HRD (Human Resources Department) bertugas untuk melakukan proses perekrutan karyawan baru pada suatu perusahaan atau instansi dari awal hingga akhir, melakukan beberapa event terkait dengan membangun team serta mengurus semua hal yang berkaitan dengan karyawan di perusahaan atau instansi.

3. Sebagai Dosen

Prospek dari jurusan psikologi soshum selanjutnya adalah menjadi seorang dosen. Tapi perlu untuk diingat apabila kamu berkeinginan untuk menjadi dosen maka harus melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan S2 yang menjadi syarat untuk menjadi seorang dosen.

Bagi kamu yang senang untuk membagikan ilmu yang kamu dapat, pekerjaan satu ini bisa menjadi prospek pekerjaan saat lulus kuliah nanti.

4. Terapis Anak

Apabila kamu memiliki minat dalam dunia kesehatan dan menyukai anak, kamu bisa menjadi seorang terapis anak yang berkebutuhan khusus. Pekerjaan ini masih sangat sedikit ada di Indonesia dan bisa menjadi prospek kerja yang bagus untuk pekerjaan di masa mendatang dan sangat berpotensi untuk karir kamu kedepannya.

5.Menjadi Seorang Konselor

Prospek pekerjaan selanjutnya dari jurusan psikologi soshum adalah menjadi seorang konselor, dimana pekerjaan ini adalah kamu akan mendengarkan permasalahan orang lain dan membantu memberikan solusi dari permasalahan yang dimiliki orang tersebut.

Pekerjaan ini bisa dikatakan hanya memerlukan modal yang sedikit, kamu tidak perlu membuat suatu tempat khusus, karena biasanya hanya perlu dilakukan di rumahnya langsung. Pada pekerjaan ini juga kamu tidak perlu capek untuk keluar rumah, karena biasanya orang orang akan langsung datang ke rumah kamu. Menarik bukan.

6. Menjadi Guru BK (Bimbingan Konseling)

Dengan mengambil jurusan psikologi soshum selain menjadi dosen seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kamu juga bisa menjadi seorang guru bimbingan konseling.

Kita tau bahwa setiap sekolah memiliki seorang guru BK, dengan tujuan untuk membantu siswa dalam memberikan bimbingan, pembinaan serta membantu siswa dalam menghadapi suatu masalah. Dengan adanya guru BK, diharapkan para siswa dapat terhindar dari tekanan.

7. Seorang Management Trainee

Menjadi seorang management trainee juga merupakan prospek pekerjaan bagi lulusan jurusan psikologi soshum. Banyak perusahaan atau instansi membuka posisi ini untuk menemukan bakat terbaik terlepas dari latar belakang jurusan pendidikan apa yang kamu ambil.

Perusahaan mencari kandidat terbaik untuk ditempatkan pada posisi tertentu dengan batas waktu tertentu, lalu setelahnya apabila bekerja dengan baik akan ditempatkan pada posisi yang menghasilkan output terbaik.

8. Seorang Peneliti di R&D (Research & Development)

Bagi kamu yang sudah akrab dengan penelitian pada S1 dan S2, menjadi seorang peneliti di bagian R&D akan sagat cocok untuk kamu yang kuliah pada jurusan psikologi soshum. Untuk kamu yang berminat menjadi seorang peneliti, berarti kamu tidak cukup apabila hanya bergelar Sarjana, namun juga gelar Doktor karena menjadi seorang peneliti harus teruji secara akademisnya.

9. Menjadi Seorang Trainer

Pekerjaan yang cocok untuk kamu yang lulusan psikologi soshum adalah profesi trainer. Jangan salah, seseorang dengan lulusan jurusan psikologi juga berkesempatan untuk menjadi trainer juga. Hal itu karena, menjadi seorang trainer harus bisa untuk memberikan motivasi untuk perkembangan suatu organisasi atau kelompok.

10. Learning and Development

Learning and development adalah pekerjaan yang memfasilitasi dalam tujuan meningkatkan mutu dari para karyawan di perusahaan atau instansi. Pekerjaan ini berjalan beriringan dengan HRD yaitu untuk menemukan cara supaya karyawan menjadi produktif dari sisi internal masing masing karyawan.

11. Headhunter

Pekerjaan satu ini menjadi salh satu pekerjaan yang semakin diminati dalam prospek kerja lulusan psikologi soshum. Pekerjaan yang dilakukan juga hampir sama dengan HRD yakni mengenai perekrutan untuk memberikan perusahaan kandidat yang layak dipekerjakan.

Hal yang menjadi pembeda antara pekerjaan HRD dan Head Hunter adalah Headhunter bekerja menawarkan jasa dalam pencarian kandidat sedangkan HRD bagian perekrutan sesuai kebutuhan perusahaan atau sesuai permintaan atasan.

12. Konsultan SDM (Sumber Daya Manusia)

Prospek pekerjaan untuk jurusan psikologi soshum adalah menjadi konsultan SDM di suatu perusahaan atau instansi. Tugas dari pekerjaan ini adalah memberikan masukan, saran atau solusi kepada seseorang yang akan membuka bisnis baru atau pada bisnis yang sudah berjalan.

13. Menjadi Seorang Penulis

Apabila kamu lulusan dari jurusan psikologi soshum dan juga suka dalam bidang kepenulisan. Kamu bisa mencoba untuk menjadi seorang penulis. Kamu bisa menulis sesuai dengan bidang jurusan kamu atau membuatnya menjadi suatu kisah novel dengan sedikit imbuhan tentang jurusan psikologi sehingga menjadi novel atau kisah inspiratif.

14. Staff Ahli

Mungkin seorang staf ahli juga bisa menjadi prospek kerja bagi jurusan psikologi soshum. Namun untuk menjadi staf ahli tidaklah mudah. Kamu memerlukan banyak pengalaman serta kemampuan khusus supaya bisa berada pada posisi tersebut. Posisi pekerjaan ini juga tersedia pada perusahaan swasta bahkan di Kementrian juga ada.

15. General Affairs

Prospek kerja untuk jurusan psikologi soshum yang terakhir adalah sebagai general affairs, yang mana pada profesi ini kamu akan bertugas menjalankan operasi perusahaan misalnya membeli keperluan atau peralatan pada perusahaan atau instansi dan juga membantu bagian HRD.

Nah, itu dia beberapa prospek kerja bagi kamu yang lulusan psikologi. Bagaimana, apakah dengan apa yang sudah dijelaskan membuat kamu semakin berminat untuk mengambil jurusan psikologi soshum? Kamu juga bisa mengkonsultasikan minat bakat termasuk terkait pemilihan jurusan bersama kami di Bintang Belajar. Selain bisa mengikuti bimbingan belajar, kamu tentu kamu akan mendapatkan keuntungan lainnya termasuk menemukan jurusan yang tepat ketika hendak kuliah.

Konsultasi Jurusan Kuliah Bersama Bintang Pelajar untuk Bisa Masuk Jurusan Psikolog Soshum

Kamu juga tidak perlu khawatir karena Bintang Pelajar sudah berpengalaman sejak dari tahun 1995 sebagai lembaga yang bergerak di dalam bidang pendidikan.

Hingga sekarang, kami sudah membimbing mencapai 114.600 dan tentu akan terus bertambah. Jadi, untuk kamu yang hendak bergabung bersama kami di Bintang Pelajar, langsung saja daftarkan diri ke Bintang Pelajar secara langsung maupun online.

Dijamin kamu bisa mendapatkan berbagai macam pengalaman menarik dan dampak positif lainnya jika bergabung bersama kami di Bintang Pelajar termasuk dalam hal pemilihan jurusan yang tepat. Baik psikologi soshum atau jurusan lainnya, nantinya akan diarahkan yang terbaik untuk kamu.  Bintangpelajar telah aktif membantu ribuan siswa dalam mencapai mimpinya untuk berprestasi tinggi dan akhlak terpuji. Sekarang saatnya kamu bergabung!

===

 

 

Sumber :

1

2

3

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu