Tahukah kamu bahwa mulai tahun 2020 LTMPT Menerapkan Single Sign On atau SSO dalam penerimaan mahasiswa baru.

Apa Itu Single Sign On?

Single Sign On (SSO) merupakan sistem yang mengintegrasikan data kita ke 3 Jalur seleksi PTN. Yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Kebijakan SSO ini mewajibkan setiap peserta seleksi untuk memiliki akun LTMPT dengan cara melakukan registrasi melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id. baitu itu siswa maupun Sekolah.

Dalam hal akun LTMPT, registrasi atas akun tersebut terdiri atas dua bagian, yaitu akun sekolah dan akun siswa. Untuk sekolah di bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, login bisa dilakukan dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode registrasi sekolah yang terdapat pada Data Pokok Pendidikan.

Untuk sekolah yang berada di bawah naungan Kementerian Agama, registrasi dilakukan dengan memasukkan kombinasi Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan kode Education Management Information System (EMIS).

Adapun untuk siswa,login dapat dilakukan dengan memasukkan kombinasi Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), dan tanggal lahir.

Lewat sistem SSO, pemerintah berharap data penerimaan calon mahasiswa baru dapat terintegrasi sebagai satu kesatuan sistem. jadi nantinya data tersebut terintegrasi saat nanti kamu daftar SNMPTN maupun SBMPTN.

Akibatnya, sistem SSO ini membuat seseorang tidak bisa daftar di dua jalur masuk. Misal kalau sudah daftar SNMPTN dan kamu keterima, maka otomatis kamu tidak akan bisa daftar SBMPTN.

So, SSO ini sangat penting sebagai tahapan awal kamu dalam memilih PTN.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Bintang Pelajar
Untuk prestasi Tinggi dan Akhlak terpuji

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak