try out utbk gratis lulus

Emang kalau ikut banyak Try Out UTBK 2022 bisa dijamin lulus UTBK gituh?

Nah ini nih salah satu pemikiran berbahaya dari para siswa kelas 12 yang ingin nya lulus ke PTN Favorit tapi usahanya gak mau maksimal!

Semoga bukan kamu yang lagi baca tulisan ini ya.

Betul! Sangat betul!

Tidak ada jaminan bahwa mereka yang sering ikut TO UTBK bisa 100% lulus UTBK. Tapii, saya yakin bahwa mereka yang lulus UTBK SBMPTN, pasti pernah ikut Try Out UTBK sebelumnya. Gak percaya? Coba tanya aja ke kakak kelas kalian yang lulus UTBK tahun kemarin. Kemungkinan besar pasti merekomendasikan untuk ikut TO UTBK sesering mungkin. Karena dengan ikut TO UTBK, banyak banget manfaat yang akan kamu peroleh. Masih gak percaya? Oke kita list ya, 7 manfaat apa saja kalau kamu ikut Try Out UTBK :

 

Jadi tau tingkat penguasaan materi UTBK

Di Try Out UTBK biasanya akan keluar hasil berupa skor TO UTBK. Ini merupakan gambaran atau prediksi skor UTBK real yang akan kamu dapat nanti. Nah misal ternyata dapat skornya jelek. Coba bayangkan kalau skor jelek itu baru kamu tau saat UTBK real. Meski nyesel sampai guling-guling di aspal juga gak bisa diperbaiki itu skor.

Tapi beda ceritanya kalau kamu tau skor jelek itu saat TO UTBK. Kamu masih ada waktu untuk melakukan perbaikan, untuk mempersiapkan agar saat UTBK real nanti gak dapat skor jelek juga.

Lha kalau gak ikut TO UTBK? Gimana mau memprediksi nilai UTBK real nanti? Gimana mau melakukan perbaikan? Atau apanya yang mau diperbaiki? Yang ada nanti malah Keyakinan tak berdasar. Yakin masuk kedokteran UI yang punya PG 700an tapi gak pernah ngukur kemampuan diri sendiri melalui TO UTBK. Kan ngimpi namanya.

 

Jadi tau materi UTBK mana yang masih lemah

Di tahun lalu, UTBK 2021 mengujikan 135 materi atau sub bab dengan 9 Subtest dan 2 Tes berupa TPS dan TKA. Nah dengan kamu mengikuti TO UTBK, kamu bisa tau materi mana dari yang 135 sub bab itu yang belum kamu kuasai atau subtest mana dari 9 subtest itu yang masih lemah sehingga kamu bisa tepat sasaran dalam mengejar ketertinggalan.

Bayangkan kalau kamu gak ikut TO, kamu bakal merasa 135 bab itu sudah kamu kuasai hanya karena sudah membaca materinya. Kamu bakal menggampangkan soal-soal dari 9 subtest itu hanya karena pernah melihat pembahasan soal-soalnya. Sekali lagi apa. Ya. Akhirnya menjadi Keyakinan tak berdasar.

 

Bisa gercep melakukan perbaikan

Setelah kamu tau skor TO UTBK berapa, sudah tau juga materi mana yang masih lemah. Maka Langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan. Perbaikan nya bisa dengan cara ikut bimbel misalnya, atau dengan membeli buku-buku terkait UTBK, atau mulai mengatur strategi ngerjain soal UTBK, bahkan kamu juga mulai bisa melakukan perbaikan dari segi manajemen waktu belajar. Banyak deh perbaikan yang bisa kamu lakukan agar nilai UTBK real nanti bisa lebih optimal.

 

Terbiasa mengatur strategi ngerjain soal UTBK

Ingat, waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan soal UTBK di tahun 2021 kemarin adalah 105 menit untuk TPS dan 90 menit untuk TKA. Soal yang diujikan berjumlah 75 soal untuk TPS dan 60 soal untuk TKA. Jadi rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan 1 soal UTBK perlu waktu 1,4 – 1, 5 menit.

Nah dengan kamu ikut TO UTBK, kamu bisa mengatur strategi pengerjaan soal yang salah satunya seperti: Soal yang sulit dilewati dulu, mana soal yang harus dikerjakan lebih cepat dan mana soal yang boleh dikerjakan agak lama. Jadi gak kejadian dah terlalu lama ngulik soal-soal TPS eh gak kerasa waktu udah mau habis. Biasanya sih terjadi di orang-orang yang jarang ikut TO. Padahal ada soal PBM di TPS yang perlu banget dibaca dan dipahami dulu paragraph teks yang ditampilkan. So perlu banget terlatih ngatur waktu.

 

Terlatih fokus mengerjakan soal UTBK dalam durasi waktu yang sama dengan UTBK real.

Lagi-lagi Latihan itu penting. para juara dunia, untuk mendapat hasil yang terbaik tentu melewati proses Latihan yang keras dan lama. Termasuk di TO UTBK. Dengan sering mengikuti TO UTBK, kamu akan terlatih fokus juga daya tahan otak untuk bisa ngerjain 135 soal dalam durasi waktu 195 menit. Itu waktu yang cukup lama. Kalau gak fokus, bisa-bisa ambyar.

 

Mental lebih kuat dan gak gampang grogi

Pernah ngalamin kan waktu sebelum ujian di sekolah, semua materi yang akan diujikan berasa sudah dikuasai semua. Temen nyoba-nyoba nanya soal, dengan gampangnya kamu jawab bahkan tanpa jeda mikir dulu. Eh pas sedang ujian, keringat dingin bercucuran, kaki gemeter, takut soalnya gak bisa dijawab, takut nilainya jelek, lalu beberapa detik kemudian tetiba otakmu blank, gelap, semua materi yang berhasil dihapal, hilang tak berbekas. Akhirnya nilai ujiannya gak maksimal.

Itu baru ujian level sekolah yang pesaingnya cuma 30an siswa sekelas. Bayangin kalau UTBK kamu bersaing dengan 700an ribu siswa seluruh Indonesia dan memperebutkan kuota PTN yang biasanya cuma 150an ribu saja. Bisa segrogi apa nanti kamu.

Tapi bagi mereka-mereka yang sudah sering ikut TO, sudah terbiasa dengan kondisi simulasi UTBK real. Meski ada grogi, tapi biasanya bisa langsung mengendalikan diri dan lebih tenang dalam mengerjakan soal. Percaya deh.

 

Memperbesar peluang diterima di Prodi PTN

Nah yang terakhir ini juga paling menentukan tercapainya keinginan kamu. Setelah kamu berlatih dengan giat, mengikuti banyak TO, melakukan perbaikan disana sini, lalu hasil TO kamu mendapat skor yang maksimal atau sesuai PG dari Prodi PTN yang kamu inginkan, maka insya Allah di UTBK juga tidak akan jauh berbeda hasilnya*. Peluang diterima di Prodi PTN pun tinggi.

Pun jika qadarullah ternyata nilai TO UTBK kamu masih dibawah PG Prodi PTN yang paling kamu impikan, maka kamu bisa mencari alternatif prodi PTN lain yang lebih sesuai dengan skor TO UTBK kamu. Sehingga peluang diterima di Prodi PTN juga akan tetap tinggi.

Lain ceritanya kalau kamu gak pernah ikut TO, gak tau gap antara skor TO UTBK dan PG prodi PTN nya berapa. Tetiba saat pendaftaran UTBK dan milih prodi di SBMPTN, kamu pilih prodi yang PG nya tinggi. Otomatis kemungkinan peluang diterima di Prodi PTN nya akan rendah. Wong nebak-nebak buang manggis gitu. Ingat ya, milih prodi PTN dan daftar UTBK itu barengan. Jadi bahan pertimbangan milih prodi PTN ya salah satunya adalah dari skor TO UTBK.

 

Jadi…

Nah, jadi kesimpulannya walaupun ikut banyak TO UTBK tidak menjamin 100% bakal lulus UTBK, TAPI DAPAT MENINGKATKAN PELUANG DITERIMA DI PRODI PTN IMPIAN dibanding mereka yang gak pernah ikut TO UTBK. Sampai sini harusnya sudah paham ya.

Nah yang kedua, BINTANG PELAJAR ngadain event skala Nasional Bernama TRY OUT AKBAR NASIONAL UTBK SBMPTN 2022. Pesertanya siswa kelas 12 dari seluruh Indonesia dan mengundang 2.500 sekolah di Indonesia. Total peserta ditargetkan 100.000 peserta. Daan. Ada hadiahnya juga lho. Lengkapnya cek di poster ini dah, atau kunjungi website www.bintangpelajar.com

Harus pada ikutan ya, dan ajak temanmu sebanyak-banyaknya.

 

 

oleh Imam M. Lutfi

paket-belajar-mandiri-utbk-bintang-pelajar

Belajar Mandiri UTBK

Persiapan UTBK makin dekat, kamu pasti butuh alat bantu untuk bikin persiapanmu makin matang dengan Latihan Soal, Try Out Real UTBK, Simulasi Pencarian Prodi dan banyak pembahasan bermanfaat untuk kamu. Paket Bronze dari Bintang Pelajar siap bantu kamu ...

top-campus-ui-itb-terdekat-bogor

Top Camp & UI-ITB

Mau lebih siap lagi persiapan masuk UI / ITB nya ? Gak bisa pake cara belajar yang biasa-biasa aja, caranya harus luar biasa, ditambah lagi suasana belajarnya yang nyaman, seru dan keluar dari rutinitas perkotaan. Bintang Pelajar siap bantu kamu ...

bimbingan-belajar-islam-2021

Bimbel Online

Belajar tatap muka sudah di depan mata, dan alhamdulillah kegiatan bimbel pun sudah bisa kembali bertatap muka, yuk cek paket lengkap belajar bersama Bintang Pelajar ...

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak