10 SMA Terbaik di Jakarta, Baik SMA Negeri Maupun SMA Swasta
10-sma-terbaik-di-jakarta-baik-sma-negeri-maupun-sma-swasta

Bagikan :

SMA terbaik di Jakarta selalu menjadi incaran calon siswa lulusan SMP. Pasalnya lulusan sekolah terbaik tersebut, mampu bersaing untuk bisa masuk universitas berkualitas.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau LTMPT setiap tahun merilis daftar sekolah unggulan. Daftar tersebut disusun berdasarkan hasil atau nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). 

10 SMA Terbaik di Jakarta Berdasarkan Nilai UTBK 2021 

Di Jakarta banyak terdapat sekolah favorit dengan berbagai keunggulan yang berbeda – beda. Berdasarkan data nilai ujian lulusannya untuk masuk ke perguruan tinggi, berikut daftar SMA terbaik di Jakarta :

 

1. SMAN SMAN UNGGULAN M.H. THAMRIN

  • Rangking Nasional : 2
  • Nilai         : 635.675

SMA terbaik di Jakarta yang pertama adalah SMAN MT Haryono. SMAN MT Haryono merupakan satu-satunya sekolah dengan gelar unggulan yang ada di ibukota Jakarta.  Semua siswa tinggal di asrama yang ada di daerah Bambu Apus, Jakarta Timur.

Sistem Pendidikan yang diterapkan menggunakan tiga jenis kurikulum sekaligus, yaitu Cambridge, standar ISO dan Olimpiade. Fokus Pendidikan pada bidang sains. Untuk dapat diterima, calon siswa harus mempunyai IQ minimal 120.

 

2. SMAN 8 JAKARTA

  • Rangking Nasional : 3
  • Nilai         : 630.860

Jika ingin mencari sekolah prestasi di Jakarta, maka salah satunya adalah SMAN 8. Sekolah terbaik di Jakarta ini berada di daerah Tebet dan mempunyai akreditasi A. 

Alumni dari salah satu sekolah favorit ini banyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri seperti UI dan ITB. SMAN 8 berdiri sejak tahun 1958 dan saat ini mempunyai jumlah siswa sebanyak 1.200 orang, biasa dikenal dengan nama SMANDEL.

Untuk jurusan, para siswa bisa memilih IPA atau IPS. Penjurusan dengan mempertimbangkan minat, bakat dan kemampuan siswa. Sarana dan prasarana, termasuk laboratorium dan ruang praktek cukup lengkap serta representative.

 

3. SMAS 1 KRISTEN BPK PENABUR

  • Rangking Nasional : 6
  • Nilai         : 617.214

Salah satu SMA terbaik di Jakarta adalah SMAS 1 Kristen BPK Penabur. Penabur merupakan salah satu yayasan yang mengelola berbagai sekolah unggul. Sampai saat ini sudah ada 62 SMA di Jakarta, Banten dan Jawa Barat yang berada dibawah Yayasan Penabur.

SMAS 1 Kristen terkenal juga dengan nama SMUK 1 SMAK 1 atau SMUKE. Lokasinya berada di Jln. Tanjung Duren Raya Nomor 4, Jakarta Barat.  Sekolah ini berdiri sejak tahun 1950.

 

4. SMAN 28 JAKARTA

  • Rangking Nasional : 9
  • Nilai        : 611.727

Salah satu sekolah terbaik di Jakarta ini terletak di Jln. Raya Ragunan, Jati Padang, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Total kelas yang tersedia sebanyak 21 dengan jurusan MIPA dan IPS. Sekolah ini berdiri sejak tahun 1968.

 

5. SMAN 81 Jakarta

  • Rangking Nasional : 11
  • Nilai        : 607.402

SMAN 81 Jakarta dulu merupakan sekolah yang digunakan untuk praktek mengajar mahasiswa IKIP Jakarta, penelitian dosen dan inovasi bidang Pendidikan. Sekolah ini juga merupakan rintisan untuk sekolah berstandar internasional.

SMAN 81 terletak di Jln. Kartika Eka Paksi, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur. Saat ini, sekolah favorit SMAN 81 mempunyai 24 kelas dengan program studi IPA dan IPS.

 

6. SMA LABSCHOOL KEBAYORAN

  • Rangking Nasional : 12
  • Nilai        : 607.014

SMA satu ini dikenal juga dengan nama Labsky. Lokasinya berada di Kawasan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan bersama dengan SMP Labschool. 

Untuk fasilitas, di sekolah ini terbilang cukup lengkap. Berbagai laboratorium lengkap seperti komputer, fisika, kimia dan biologi. Untuk menambah wawasan siswa, sekolah ini mengagendakan kunjungan ke berbagai instansi dan perusahaan.

 

7. SMAS 5 Kristen BPK Kebayoran

  • Rangking Nasional : 14
  • Nilai        : 604.204

SMAS 5 Kristen BPK Kebayoran merupakan salah satu sekolah terbaik di Jakarta. Misinya adalah untuk membangun sumberdaya manusia berkualitas dalam ilmu pengetahuan dengan landasan iman yang teguh, dan jiwa kepemimpinan yang kuat.

Sekolah ini berdiri sejak tahun 1993, berada di Jln. Hibrida Raya QA3, Kelapa Gading Permai, Jakarta Utara. Di sekolah ini ada dua jurusan, IPA dan IPS.Untuk Bahasa asing, siswa dapat mempelajari Inggris, Prancis, Jerman dan Mandarin. 

 

8. SMAS KANISIUS JAKARTA

  • Rangking Nasional : 16
  • Nilai        : 603.144

Sekolah ini sudah cukup lama berdiri, yaitu dari tahun 1927. Komitmennya adalah agar semua siswa mempunyai kemampuan mempelajari hal baru, mampu berinteraksi dengan lingkungan dan mempunyai keahlian berkomunikasi yang baik.

Lokasi sekolah yang dikenal dengan nama kolese Kanisius ini di Menteng, Jakarta Pusat. Gedung sekolah terletak satu komplek dengan SMP Kanisius. Saat ini jumlah siswanya 807 dan semua laki-laki.

 

9. SMAN 34 JAKARTA

  • Rangking Nasional : 19
  • Nilai        : 601.490

Prestasi keren sudah diperoleh SMAN 34 yang berlokasi di Jln. Margasatwa No 1 Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan ini sejak tahun 2004. SMAN 34 ini sudah mendapat julukan sebagai sekolah unggulan.

Jumlah kelas di SMAN 34 sebanyak 8 setiap tingkatan (3 IPA dan 5 IPS). Sekolah favorit ini berdiri sejak tahun 1996 dan sampai saat ini telah melahirkan banyak generasi mudah berprestasi.

 

10. SMAS Kristen 3 Penabur Jakarta

  • Rangking Nasional : 20
  • Nilai        : 598.806

Sekolah Kristen unggulan ini mempunya komitmen untuk menghasilkan lulusan intelek yang kontekstual, humanis dan mempunyai kemampuan manajerial. Sampai saat ini, sekolah favorit Penabur mempunyai akreditasi A.

 

Baca Juga : Les Bimbel Terdekat Terbaik untuk Masuk Sekolah Favorit

 

Tips Agar Bisa Diterima di SMA Terbaik di Jakarta

Bersekolah di sekolah favorit bukan hanya terkait dengan prestise, tetapi juga akan mendapatkan ilmu yang sesuai dengan kurikulum. Sekolah ternama sangat memperhatikan bagaimana siswanya agar terus berprestasi.

Untuk dapat masuk sebagai salah satu siswa di sekolah terbaik di Jakarta, tentunya tidak mudah. Persaingannya pun pasti sangat ketat. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar menyiapkan diri. Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan : 

  • 1. Tetapkan Target Sekolah Yang Diinginkan

Dengan menetapkan harus masuk ke sekolah mana, maka Anda akan terpacu untuk mengetahui peta persaingan. Ini akan menjadi motivasi untuk belajar lebih giat sehingga tembus seleksi penerimaan siswa baru.

  • 2. Tambah Jam Belajar

Belajar di sekolah saja tidak cukup. Pesaing Anda juga melakukan hal sama. Agar kemungkinan lolos lebih besar, harus menambah jam belajar. Kurangi waktu bermain dan alihkan untuk banyak membaca buku.

  • 3. Berlatih Soal

Penguasaan teori sangat penting, tetapi berlatih soa juga perlu. Anda akan lebih siap secara materi dan mental untuk menghadapi seleksi. Gunakan kisi-kisi atau soal tes tahun-tahun sebelumnya sebagai bahan belajar.

  • 4. Pahami Model Seleksi Penerimaan Siswa Baru

Beberapa sekolah mempunyai syarat khusus untuk bisa masuk, misalnya nilai TOEFL minimal. Sepintar apapun, jika syarat minimal tidak terpenuhi, maka tidak akan bisa ikut seleksi. Oleh karena itu, pahami dengan benar syaratnya.

  • 5. Ikut Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar sangat perlu  karena akan memberikan pemahaman materi yang lebih matang dan banyak latihan soal. Biasanya di bimbingan belajar Anda juga akan diberi tips mudah menyelesaikan soal.

Pilih bimbingan belajar terpercaya seperti Bintang Pelajar. Bukan hanya menghasilkan lulusan berprestasi, bimbangan ini juga mengharapkan siswanya berakhlak terpuji.

Bintang Pelajar telah aktif membantu ribuan siswa untuk mencapai impiannya berprestasi tinggi dan memiliki akhlak terpuji. Sekarang saatnya Anda bergabung bersama kami dan meraih kesuksesan dalam pendidikan. Agar bangku SMA terbaik di Jakarta, mudah Anda raih.

 

Sumber Refrensi :

Artikel Lainnya

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak