7 Fakultas Kedokteran Top di Indonesia dan Tips Masuk Kampusnya
7 Fakultas Kedokteran Top di Indonesia

Bagikan :

Tahukah ayah-bunda? hingga detik ini, fakultas kedokteran masih menjadi fakultas paling favorit dan paling banyak diminati oleh calon mahasiswa baru. Salah satu alasannya adalah karena fakultas ini dianggap paling bergengsi jika dibandingkan dengan fakultas-fakultas yang lain.

Bahkan, 7 fakultas kedokteran top di Indonesia dipercaya mampu memberikan peluang kerja lebih jelas bagi mahasiswa lulusannya, yaitu menjadi seorang dokter. Lalu, kampus mana saja yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di Indonesia?

Daftar 7 Fakultas Kedokteran Top di Indonesia

Berikut daftar kampus di Indonesia yang memiliki fakultas kedokteran terbaik, diantaranya:

1. Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI)

Perguruan tinggi pertama yang memiliki fakultas kedokteran terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia. Kampus ini juga masuk dalam 10 besar Universitas Top yang ada di Indonesia. UI berdiri tahun 1849, berlokasi di Pondok Cina, kec. Beji, Kota Depok, Prov. Jawa Barat. Berdasarkan EduRank tahun 2023, UI menduduki peringkat Asia 174 dan peringkat Dunia 645 untuk Fakultas Kedokteran.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (UNAIR)

Diposisi kedua ada Universitas Airlangga. Kampus ini berdiri tahun 1849, beralamat di Jl. Airlangga no.4-6, kecamatan Gubeng, Surabaya, Prov. Jawa Timur. Menurut EduRank 2023, UNAIR berada di urutan 246 peringkat Asia dan 854 di peringkat Dunia untuk Fakultas Kedokteran.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM)

Selanjutnya, ada Universitas Gadjah mada yang merupakan kampus ternama yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. UGM berdiri pada tanggal 19 Desember 1949, dan terletak di Bulaksumur, kecamatan Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta. Berdasarkan EduRank tahun 2023, untuk Fakultas Kedokteran peringkat Asia, UGM menempati nomor 260 dan nomor 886 untuk peringkat Dunia.

Baca juga : Ketahui Hal Ini! Sebelum Mendaftar Mahasiswa Kedokteran UGM

4. Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (UNPAD)

Perguruan tinggi ini berlokasi di Bandung. UNPAD didirikan pada tanggal 11 September 1957. Menurut EduRank 2023, kampus ini menduduki urutan ke 353 peringkat Asia dan 1158 peringkat Dunia untuk Fakultas Kedokteran.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP)

Pada urutan ke-lima,  adalah Universitas Diponegoro. Universitas di Semarang, Jawa Tengah yang memiliki Fakultas Kedokteran terbaik ini berdiri tanggal 9 Januari 1957. Berdasarkan EduRank tahun 2023, UNDIP berada di urutan ke 487 peringkat Asia dan 1506 peringkat Dunia untuk Fakultas Kedokteran.

6. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UNIBRAW)

Kampus ini berada di posisi ke-enam perguruan tinggi yang mempunyai Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Universitas Brawijaya berdiri sekitar tahun 1963. Menurut EduRank 2023, UNIBRAW menempati peringkat Asia 518 dan peringkat Dunia 1582 untuk Fakultas Kedokteran.

7. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (UNHAS)

Berbeda dengan kampus-kampus sebelumnya yang berasal dari Pulau Jawa, UNHAS adalah kampus dengan Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia yang terletak di Pulau Sulawesi. Berdasarkan EduRank 2023, UNHAS berada di urutan 585 peringkat Asia dan peringkat Dunia 1725 untuk Fakultas Kedokteran.

 

Tips Masuk Fakultas Kedokteran

Apakah ayah dan bunda juga memiliki anak yang akan masuk perguruan tinggi tahun ini? Jika iya, maka ayah bunda bisa memilih fakultas kedokteran Indonesia paling top dan terbaik dari daftar kampus di atas. Setelah itu, apa saja persiapan yang harus dilakukan oleh anak ayah dan bunda sebelum masuk Fakultas kedokteran? Silakan simak tipsnya di bawah ini:

1. Miliki pengalaman medis pada resume

Sebenarnya komite penerimaan mahasiswa sekolah kedokteran tidak benar-benar mengharapkan anak ayah bunda memiliki pengalaman merawat pasien. Karena mereka bukanlah dokter.

Akan tetapi, komite penerimaan ingin tahu apakah anak ayah bunda pernah menghabiskan waktu untuk mencari dan mengenal pekerjaan mereka di masa depan. Contoh cara yang bisa dipilih, yaitu menjadi Certified Nursing Assistant. Dengan kata lain, anak ayah bunda mengajukan diri di bagian emergency media technician

2. Sering belajar untuk tes

Tips masuk 7 fakultas kedokteran top di Indonesia, adalah rajin belajar. InsyaaAllah dengan anak ayah bunda rajin belajar, test akan berjalan lancar. Pilih metode pembelajaran yang paling sesuai, dan lakukan ujian atau latihan sebanyak dan sesering mungkin. Ketika waktu test tiba, jangan gugup, berdoalah dan yakinkan diri kalau test yang akan dikerjakan tidak sesulit latihan yang sering dilakukan sebelumnya.

 

Jika ayah dan bunda memerlukan bimbel khusus masuk kedokteran dengan konsep belajar online dan juga ada karantina secara offline, maka ayah atau bunda bisa hubungi kami di nomor : 0822-2666-8651

Artikel Lainnya