Bimbel Terbaik: Pembelajaran Tatap Muka atau Blended Learning?
bimbel-terbaik-pembelajaran-tatap-muka-atau-blended-learning

Bagikan :

Akhir-akhir ini, keberadaan bimbel terbaik sedang booming di kalangan para siswa dan orang tua. Pasalnya, sejak pergantian tahun kemarin, pemerintah memutuskan untuk memulai Pembelajaran Tatap Muka atau PTM.

Keputusan ini mempertimbangkan kondisi pandemi yang sudah mulai terkendali dan menurunnya jumlah penderita di Indonesia. Lebih daripada itu, sudah terlalu lama para siswa tidak bersekolah secara tatap muka, yakni sekitar 2 tahun. 

Informasi Bimbel Terbaik Untuk Persiapan PTM

Oleh karena itu, pemerintah beserta jajarannya mengeluarkan SKB atau Surat Keputusan Bersama 4 Menteri untuk mengatur mengenai PTM terbatas. Apa maksud dari pernyataan tersebut dan apa hubungannya dengan bimbel terbaik?

Aturan Pembelajaran Tatap Muka

Maksudnya, kegiatan belajar mengajar secara tatap muka atau luring hanya berlaku untuk daerah-daerah dengan level PPKM 1, 2, dan 3. Agar lebih jelas, berikut penjabaran mengenai aturan tersebut:

Untuk daerah PPKM level 1 dan 2 boleh menyelenggarakan PTM 100%. Dengan catatan, tenaga pendidik dan para lansia sudah vaksinasi dosis 2 minimal mencapai 80%. KBM boleh berlangsung setiap hari dengan durasi maksimal 6 jam.

Apabila tenaga pendidik atau lansia yang belum vaksinasi dosis 2 kurang dari 80%, maka KBM diselenggarakan secara bergantian. Jumlah siswa 50% dalam sekali masuk dengan maksimal jam belajar 6 jam per sesi.

Lain hal lagi, jika vaksinasi dosis kedua belum mencapai 50%, maka KBM hanya boleh berlangsung maksimal 4 jam per hari. Kapasitas ruang kelas juga harus terbagi minimal 50%.

Ketentuan tersebut juga sama dengan aturan daerah PPKM level 3 untuk tenaga pendidik dan lansia 40% sudah vaksinasi dosis kedua. Namun, apabila kurang dari angka tersebut, maka PTM kembali ditiadakan. 

Berbeda dengan daerah yang masih berada di level 4, maka harus bersabar karena PTM tidak boleh diadakan. Siswa tetap menjalani pelajaran jarak jauh atau PJJ, seperti beberapa waktu lalu.

Ketentuan tersebut bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung pada kondisi yang terjadi di lapangan. Apabila kondisi benar-benar sudah kondusif, maka daerah level 4 boleh menyelenggarakan PTM. 

Apa Itu Blended Learning?

Meski tidak termasuk lembaga resmi, bimbel terbaik juga mengikuti aturan dari pemerintah tersebut. Selama PPKM level 4, maka bimbingan belajar akan diadakan secara daring, begitu juga sebaliknya.

Namun dari kondisi pandemi kemarin, ada banyak hal yang bisa dunia pendidikan pelajari, salah satunya mengenai blended learning. Pembahasan ini sudah ramai sejak beberapa waktu lalu, lantas apa pengertiannya?

Secara sederhana, blended learning merupakan teknik pembelajaran yang menggabungkan antara tatap muka dan daring. Menurut pendapat Allen serta Ure di dalam Bonk & Graham (2006:4), menyatakan blended learning ialah:

  • Kombinasi dari strategi pembelajaran
  • Kombinasi dari metode pembelajaran
  • Kombinasi dari pembelajaran online dan tatap muka

 

Baca Juga : Les Bimbel Terdekat Terbaik untuk Masuk Sekolah Favorit

 

Kelebihan Blended Learning

Beberapa orang menganggap teknik tersebut membingungkan, karena siswa gonta-ganti metode pembelajaran, apalagi diterapkan di bimbel terbaik. Sebentar-sebentar masuk sekolah, beberapa hari kemudian sudah PJJ lagi. 

Hal tersebut cukup wajar, tetapi justru berbanding terbalik dengan pendapat beberapa ahli. Menurut mereka, penerapan blended learning dalam pendidikan ternyata juga mempunyai kelebihan, yakni:

Jam dan porsi pembelajaran menjadi lebih fleksibel, karena guru dan siswa bisa membuat kesepakatan bersama mengenai pembelajaran. Bukan hanya mengenai waktu, tetapi juga media atau aplikasi pembelajaran yang akan digunakan. 

Lebih menghemat biaya, karena siswa tidak harus datang ke sekolah. Guru juga bisa menghemat kertas, karena bisa menggunakan file digital untuk penugasan. Cara ini sebenarnya sudah ada di bimbel terbaik, yakni tugas dikerjakan secara online.

Lebih efektif, karena siswa bisa memilih gaya pembelajaran tersendiri. Seperti yang sudah diketahui bersama, tidak semua siswa mempunyai gaya dan kemampuan belajar yang sama. 

Pengetahuan teknologi pada siswa akan semakin meningkat, karena proses pembelajaran melibatkan dunia digital. Misalnya dengan mengakses lembar kerja, teknik editing, membagikan dokumen, dan lain-lain.

Penyampaian materi bisa menjadi lebih efektif dan interaktif, seperti yang ada pada bimbel terbaik. Dimana tutor akan menjabarkan materi dan contoh soal melalui sebuah video animasi yang menarik.

Mungkin teknik inilah yang akhirnya menjadi pertimbangan pemerintah untuk mengadakan blended learning. Sebab, di beberapa bimbel terbaik sudah terbukti bisa berjalan dengan lancar dan minim hambatan.

Tips dan Trik Untuk Kembali PTM di Sekolah

Kembali ke sekolah tentu sangat menyenangkan, bukan? Sayang, hal tersebut terjadi dalam kondisi yang berbeda. Bukan lagi setelah libur panjang, melainkan kondisi pandemi yang menguras kesabaran.

Meski kondisi sudah relatif menurun, tetapi pandemi belum benar-benar berakhir. Agar tetap aman dan nyaman dalam beraktivitas, baik di sekolah maupun pergi ke bimbel terbaik, terapkan beberapa tips berikut ini:

Langkah utama yang harus dilakukan, yakni tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan tepat. 

  • Tetap gunakan masker, terutama selama di dalam perjalanan menuju maupun pulang sekolah. Ganti segera masker setelah pemakaian selama 4 hingga 5 jam atau ada bagian yang robek. 
  • Untuk keamanan, alangkah lebih baik jika anak pergi dan pulang sekolah dengan fasilitas antar jemput menggunakan kendaraan pribadi. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir anak bersinggungan dengan orang asing. 

Jika terpaksa menggunakan kendaraan umum, pilih yang tidak terlalu padat atau lebih amannya memesan ojek online. Orang tua bisa memesankannya, karena rata-rata anak tidak boleh membawa ponsel ke sekolah. 

  • Begitu sampai di rumah, segera lepas pakaian dan membersihkan diri atau mandi. Lebih baik, kenakan seragam sekolah hanya untuk satu hari saja, jangan lebih. Segera rendam dan cuci baju seragam. 
  • Batasi mobilisasi bersama teman-teman, terutama pada orang asing atau di tempat umum. Setelah jam pelajaran usai, langsung pulang ke rumah. 
  • Hindari makan bersama, terutama dengan saling bergantian mangkuk, piring, gelas, maupun sedotan. Siswa bisa membawa botol minum dan bekal sendiri dari rumah untuk mengurangi paparan.
  • Membawa peralatan sekolah dan ibadah (bagi siswa muslim) sendiri dari rumah. Jangan bergantian, apalagi mengenakan fasilitas dari pihak sekolah.
  • Pastikan imun tubuh terjaga, yakni dengan cara mengonsumsi makanan sehat, minum air putih, dan istirahat yang cukup.
  • Meski tetap harus ke sekolah dan bimbel terbaik, luangkan waktu untuk berolahraga ringan di rumah. Misalnya, joging, bersepeda, senam lantai, aerobik, dan lain-lain.
  • Tanamkan pikiran positif dan tetap berbahagia. Sebab, pikiran bisa memengaruhi kondisi fisik dan mental seseorang, karena ia lebih mampu mengendalikan stres. Terutama pada anak yang sebentar lagi akan menjalani ujian, pastikan ia senantiasa positif dan berbahagia.

Bantuan Belajar Dengan Bimbel Terbaik Tingkatkan Prestasi Siswa Meski Belajar Di Rumah Aja

Alih-alih menekannya, para orang tua bisa mencari bimbel terbaik untuk membantu anak belajar dan mempersiapkan diri. Dengan bantuan dari bimbingan belajar, anak bisa menjadi lebih fokus dan percaya diri. 

Sebab, bimbel yang benar-benar berkualitas sudah menyusun sistem pembelajaran sedemikian rupa, sesuai kebutuhan anak. Apalagi di Bintang Pelajar yang menerapkan teknik pembelajaran dan pendekatan secara Islami. 

Bersama tentor yang sabar dan kompeten, anak akan mendapatkan materi, try out, serta pengembangan diri ke arah positif. Hal ini sesuai dengan moto Bintang Pelajar yang ingin turut serta menciptakan generasi pintar dan berakhlak. 

Penasaran dengan bimbel terbaik yang sudah berdiri sejak tahun 1995 ini? Silakan langsung kunjungi Bintangpelajar.com untuk mencari informasi lebih lengkap.

 

Link Referensi:

Artikel Lainnya

Mohon Tunggu

Open chat
Butuh Bantuan!
Assalamualaikum
Saya mau tanya paket bimbelnya kak